Rabu, 28 November 2012

Kelompok sosial & Kehidupan Masyarakat_Dwinda Nur Oceani_JNRL1B_Laporan3

 

 

Judul Penelitian :

 Berkomunikasi dengan Masyarakat Melalui Desain Grafis

Peneliti :

Nama   : Dwinda Nur Oceani

NIM    : 1112051100039

 

 

I.                   Latar Belakang

Saat ini cara berkomunikasi tidak hanya dengan satu cara atau dua cara tetapi dengan berbagai cara dan saat ini banyak orang menggunakan kreatifiasnya untuk berkomunikasi seperti pada penelitian ini yang berjudul "Berkomunikasi dengan Masyarakat Melalui Desain Grafis" . Bagi beberapa orang tidak mudah untuk berkomunikasi secara langsung untuk mengungkapkan isi hati, pengharapan, pesan, atau untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain dengan verbal( percakapan secara langsung) dari tidak mudahnya berkomunikasi secara langsung maka sekarang orang banyak memilih untuk berkomunikasi melalui desain grafis untuk menyuarakan apa yang ingin disuarakan.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Karena semakin cepat dan pesat perkembangan dari desain grafis masyarakatpun mulai memperhatikan seruan dari para desainer desain grafis yang berupa apa saja, seperti poster, banner, pamflet, dll, dari semakin kritisnya masyarakat sekarang maka para desainer juga mulai peka untuk mewakili perasaan masyarakat saat ini.

 

 

II.        Pertanyaan Pokok

1.      Apakah desain grafis dapat merubah perspektif orang?

2.      Cara apakah yang efektif untuk menyampaikan pesan melalui desain?

 

III.       Metode Penelitian

Metode yang digunakan : Kualitatif  adalah metode yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah dari pada melihat permasalahan untuk penelitian generalisasi. Metode penelitian ini lebih suka menggunakan teknik analisis mendalam ( in-depth analysis ), yaitu mengkaji masalah secara kasus perkasus dan juga memiliki data yang kuat.

 

Lokasi : Student Center, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Waktu : Rabu, 28 November 2012, pukul 17.00 WIB

 

IV.       Gambaran Subyek/ Obyek  Penelitian

Seorang Mahasiswa bernama Dwi Prasetyo, yang sekarang mengenyam pendidikan SI di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta , mengambil jurusan ilmu perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora, ia adalah pecinta seni dan lebih spesifiknya ia mencintai seni visual atau yang biasa orang sebut dengan desain komunikasi visual (DKV), memiliki passion(gairah) yang kuat dalam desain grafis , ia tergabung dalam bagian/anggota dan ia juga salah satu founder dari Komunitas Pandora Squad atau yang biasa disingkat (PS).

Pandora Squad (PS) adalah komunitas kampus yang menampung orang-orang pencinta desain grafis  tepatnya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, komunitas ini terbentuk pada tanggal 4 Februari 2010 dan dari 8 pencetus salah satu pencetusnya adalah Rifani Muhammad Syafri yang juga mengenyam pendidikan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Tarbiyah. Pandora Squad terbentuk awalnya karena kegelisahan para mahasiswa UIN dari berbagai Fakultas dan jurusan yang merasa kalau media visual dikampusnya kurang berkembang maka mereka berinisiatif untuk menghidupkan dan menumbuhkan sense of creativity ( rasa kreativitas ) dari anak-anak UIN sendiri yang notabene mereka bukanlah anak dari jurusan DKV tetapi mereka sangat mencintai seni terutama DKV karena itu semua akhirnya terbentuklah Pandora Squad (PS) yang sampai saat ini pun tetap eksis dan terus berusaha untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa/mahasiswi UIN yang cinta dengan seni visual. Aktivitas PS biasa kumpul hari kamis jam 4 sore di Cafe Cangkir UIN Jakarta, biasa membahas tentang perkembangan dari desain grafis lalu ada tutorial, sharing dan komunitas ini juga sudah banyak mengisi untuk event-event kampus/iklan dll . Sistem yang dianut oleh PS adalah egaliter, kekeluargaan dan kekerabatan. Tidak ada suatu struktur yang dapat membatasi mereka, semuanya prinsipnya sama, ingin belajar. Siapa yang menguasai suatu teknik, maka dia wajib mengajarkannya kepada yang lain. Dengan sistem egealiter tersebutlah, yang menjadikan Pandora Squad menjadi kompak.

 

 

V.        Analisis

            Komunitas desain grafis adalah sebagai wadah bagi para pecinta seni visual yang ingin mengembangkan kreativitas dan passion nya terhadap seni visual, Desain grafis yang dapat dikatakan juga sebagai seni visual, adanya desain sebenarnya untuk mengkomunikasikan informasi kepada masyarakat dalam bentuk visual karena menyangkut penggambaran pandangan manusia. Perspektif orang pada desain itu berbeda-beda ada yang menanggapinya dengan biasa saja, tertarik, dan sangat tertarik ada juga yang sampai merubah cara pandang seseorang karena desain dapat merubah perspektif orang. Ketika orang melihat sebuah karya desain grafis lalu ia dapat menangkap maksut dari desain tersebut dan menerapkannya dalam hidup maka dapat dikatakan bahwa telah terjadi komunikasi dengan masyarakat melalui desain grafis/ dikatakan berhasil mengubah perspektif seseorang. Dan memang terbukti kalau sebuah desain memang dapat merubah perspektif masyarakat seperti poster tentang perang di Amerika yang posternya menvisualkan "seseorang yang sedang menunjuk kearah audience" yang bertuliskan "we want you" dan dari poster itu banyak warga Amerika yang akhirnya mau untuk menjadi sukarelawan perang. Untuk saat ini pada akhirnya banyak komunitas-komunitas yang berusaha mengkomunikasikan berbagai macam hal yang positif kepada masyarakat melalui desain grafis terutama komunitas Pandora Squad itu sendiri. Evan Hernandes salah satu founder nya PS mengatakan " Kritik dalam bentuk visual itu lebih efektif dari pada teriakan kosong tanpa ada rekaman yang jelas".

            Untuk mempermudah penyampaian pesan dari sebuah desain itu dibutuhkan desain yang apik, unik, serta punya penggambaran yang baik dan visualisasi yang benar (benar-benar mendeskripsikan keadaan sebenarnya tanpa membuatnya menjadi terlalu berlebihan) itu sudah cukup mempermudah masyarakat memahami isi dari desain tersebut dan pesan yang disampaikan pun akan terus diingat oleh masyarakat nantinya, desainer nya pun juga harus tahu siapa target masyarakatnya jadi bisa disesuaikan. Bahwasanya komunitas desain grafis mengkomunikasikan perspektifnya melalui desain kepada masyarakat dan masyarakat menanggapinya dengan perspektifnya yang pasti dari penafsiran masing-masing memiliki tujuan yang sama yaitu menyuarakan hal positif melalui seni visual.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Drs.Sumanto.M.A. , 1995 , Metodologi Penelitian Sosial Dan  Pendidikan , Yogyakarta : Andi Offset.

http://galeritangsel.com/pandora-squad/

http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

Narasumber :Dwi Prasetyo

           

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini