Rabu, 28 November 2012

Yusuf Yanuar_Jurnalistik 1B_Tugas Lap.3_Kelompok Sosial

YUSUF YANUAR (1112051100040)
JURNALISTIK 1 B
KELOMPOK SOSIAL (TIM PKK DESA RAWAKALONG)
Pengaruh dan Manfaat PKK Terhadap Masyarakat dan Seluruh Anggotanya
 
1.      Latar Belakang
Pembangunan Nasional adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan bernegara. Pembangunan akan berhasil dengan efektif apabila disatu pihak ada fasilitas, kemudahan-kemudahan dan system pelayanan yang disediakan pemerintah dan di lain pihak ada partisipasi aktif seluruh masyarakat.
Kondisi keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti yang besar dalam proses pembangunan, karena kondisi keluarga dapat merupakan barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya.
Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) disetiap jenjang.
Peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan harus lebih ditingkatkan, merata dan berkualitas dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri.
Dalam era globalisasi persaingan untuk maju sangat ketat. Gerakan PKK dituntut untuk menumbuh kembangkan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat, agar tidak keliru dalam menerima globalisasi. Tantangan yang dihadapi antara lain perkembangan sumber daya manusia, pergeseran tata nilai, pemanfaatan sumberdaya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan tatanan Internasional dan penanganan manajemen pemerintahan dan pembangunan nasionalyang dipengaruhi oleh berbagai factor terkait. Untuk itu perlu adanya ketahanan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera.
 
2.      Pertanyaan Pokok
 
I.          Bagaimana pengaruh TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong terhadap masyarakat ?
II.       Apa saja yang telah dihasilkan oleh TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong ini ?
III.    Bagaimana antusias warga terhadap TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong ini ?
 
3.      Metode Penelitian
Metode yang digunakan : Kualitatif. Yaitu metode sosiologi yang prosesnya mengambil data secara langsung, dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara terhadap narasumber.
Wawancara ini dilakukan pada :
Lokasi : Kantor Sekretariat TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong
Waktu : Selasa, 27 November 2012 Pukul 10.00 WIB
 
4.      Gambaran Subyek
Ibu Hj. Nurbaeti adalah selaku ketua TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong sekaligus istri dari Kepala Desa Rawakalong tersebut. Beliau lah yang menjadi ketua pertama TIM Penggerak PKK didesa tersebut sejak awal dibentuk pada tanggal 21 Maret 2007 hingga sekarang.
Selain Beliau ada pula Bpk. H. Mawar Rias Asmara selaku Kepala Desa Rawakalong, yang kebetulan juga menjabat sebagai Penasihat Penanggung Jawab TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong.
 
5.      Analisis
Pengaruh PKK didesa ini sangatlah besar dalam berbagai aspek dimasyarakat. Contohnya dalam bidang kesehatan, pada saat tertentu sering diadakan imunisasi dan pengobatan gratis di Posyandu yang dibuat oleh para anggota TIM Penggerak PKK tersebut. Selain itu dalam bidang pertanian mereka juga membuat Kelompok Tani Wanita, yang mana juga sangat membantu ibu-ibu petani dalam bercocok tanam.
Didalam kegiatannya TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong selalu berdasarkan dengan program-program PKK, yaitu :
-          Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
-          Gotong Royong
-          Pangan
-          Sandang
-          Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
-          Pendidikan dan Keterampilan
-          Kesehatan
-          Pengembangan kehidupan Berkoperasi
-          Kelestarian Lingkungan Hidup
-          Perencanaan Sehat
Antusiasme warga Desa Rawakalong itu sendiri sangat baik, karena selain membantu menciptakan SDM yang lebih baik mereka juga dapat mengambil hasil dari program-program yang telah dibuat oleh TIM Penggerak PKK tersebut.
TIM PKK Desa Rawakalong mungkin hanyalah sebagian kecil dari banyak TIM PKK lain yang ada di Indonesia, namun demikian TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong itu sendiri mungkin menjadi salah satu TIM Penggerak PKK terbaik.
 
Referensi :
1.      Ibu Hj. Nurbaeti (Ketua TIM Penggerak PKK Desa Rawakalong)
2.      Buku Pedoman TIM PENGGERAK PKK PUSAT
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini