Rabu, 19 Desember 2012

laporan6_wita eka sucita_kpi1d

Nama         : Wita Eka Sucita
Nim             : 1112051000126
Kelas          : KPI 1D
Masjid Baiturrahman
a.       Latar belakang
Masjid merupakan tempat yang suci bagi umat islam untuk menunaikan ibadah sholat. Bangunan pertama yang di bangun oleh rasulullah dan para sahabatnya seterah hijrah dari makkah ke madinah adalah masjid.
Saat ini begitu banyak masjid yang dibangun oleh berbagai pihak baik pemerintah, yayasan, personal, dll. Dengan ukuran yang besar maupun yang kecil dan dengan desain baik yang megah maupun yang sederhana.
Terlepas dari pemanfaatannya yang maksimal atau tidak, masjid-masjid tersebut dibangun dengan tujuan yang mulia yaitu sebagai tempat beribadah kepada allah SWT.
Dan terlepas juga  dari adanya sebagian nuansa untuk bermegah-megahan, masjid-masjid itu setidaknya menghadirkan bukti akan agungnya peradaban berupa arsitektur islam yang indah.
Dan terlepas pula dari jamaahnya yang datang lebih untuk tujuan berwisata, mungkin itu lebih baik dari pada mereka berwisata ketempat-tempat yang hanya untuk senang-senang belaka. Siapa tau pulang dari masjid-masjid itu  allah menancapkan hatinya semangat kecintaan kepada masjid.
Semoga dengan keindahan masjid-masjid itu dapat mendorong umat muslim untuk beramai-ramai memakmurkan masjid dengan memenuhi shof-shof yang ada pada setiap sholat fardlu.
b.      Pertanyaan pokok
·         Bagaimana kepengurusan masjid ini?
·         Berapakali sekali DKM dipilih?
·         Berapa banyak jamah yang ikut shalat fardlu berjamaah?
·         Paling banyak jamaah itu pada shalat apa?
c.       Metode penelitian
 Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif.  Metode ini sangat akurat dalam mengambil data-datanya karena dilakukan langsung kelapangan melalui tekhnik wawancara dengan narasumber.
Lokasi :  Kediaman Mustafa
Waktu  : Minggu, 16 Desember 2012
d.      Gambaran tokoh
Beliau adalah ketua DKM dari Masjid Baiturrahman, yang terletak di jalan
Baiturrahman Rt 02/03 Poris Gaga Baru- Tangerang. Beliau menjabat menjadi ketua DKM 2 priode. Karena kepengurusan yang baiklah beliau masih menjabat menjadi ketua.
e.       Analisis
Masjid baiturrahman adalah sebuah masjid kecil yang berdiri di atas tanah wakaf dari sebuah keluarga. Dibangunnya masjid ini atas dana swadaya dari masyarakat yang berada di Rt 01,02, dan 03. Masjid ini baru mengalami renovasi sebanyak 4kali. Dan renovasi juga berasal dari sumbangan jamaah dan masyarakat sekitarnya, tapi adapula dana yang didapatkan dari hamba allah yang menginfakkan sebagian hartanya untuk di jalan allah.
Masjid ini berkembang karena ada struktur organisasi yang berjalan dengan baik dan lancar. Kepengurusan DKM di masjid ini sangatlah bagus, sehingga bisa mengembangkan masjid yang awalnya biasa saja hingga sekarang mulai bagus, walaupun tidak semegah masjid yang berada di di depok yaitu kuba emas dan masjid istiqlal di jakarta.
DKM di pilih melalui pemilihan selayaknya pemilihan umum, beberapa orang mencalonkan diri untuk menjadi ketua dan jamaah yang lain memilih degan sesuai yang mereka anggap baik. Melalui musyawarah kemudian di sahkanlah ketua yang sudah dipilih itu, kepengurusan DKM setiap priodenya adalah 5 tahun.
Untuk jamaahnya sendiri yang ikut shalat fardlu itu tidak banyak. Kecuali ketika bulan ramadhan waktu shalat tarawih, itupun pada hari pertama hingga pertengahan saja, dikarenakan didaerah ini banyak perantau yang jika mulai mendekati idul fitri itu para perantau kebanyakan yang pulang kekampung halamannya masing-masing.
Jamaah yang banyak mengikuti shalat itu adalah shalat magrib dan isya karena banyak jamaah yang sudah berada di rumah untuk ikut shalat berjamaah di masjid.
Daftar pustaka
Narasumber : Mustafa
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini