Rabu, 19 Desember 2012

umukulsum_KPI1D_Tugas 6

Judul                           : Aktifitas Masjid yang Bisa Merubah Masyarakat Sekitar
Peneliti                        : Umu Kulsum
KPI 1D
NIM                            : 1112051000108
 
I.                    LATAR BELAKANG
 
Masjid banyak di definisikan sebagai tempat beribadah para umat muslim. Pada saat ini banyak kita jumpai Masjid dimana pun kita pergi dan berada. Namun, memang banyak Masjid pada saat ini, yang menjadi masalah ialah semakin hari semakin sedikit para umat muslim yang beribadah. Seperti halnya shalat Dzuhur, banyak manusia yang menyempatkan waktu istirahatnya hanya untuk makan siang, mereka tidak mementingkan ibadah mereka.
 
 
 
II.                 Pertanyaan Pokok
 
Aktifitas dan kegiatan apa saja yang dilakukan untuk membuat Masjid selalu ramai untuk tempat beribadah umat Islam?
 
 
 
III.               Metodelogi Penelitian
 
Lokasi                         : Kediaman Ibu Iroh Zein
Waktu                         :  Minggu, 16 Desember 2012
 
 
 
IV.              Jenis Metodologi Penelitian
 
Metodelogi yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif mungkin sangat sesuai pada penelitian kali ini, metode ini dinilai sangat efektif mengingat peneliti dapat lebih leluasa dalam menanyakan pertanyaan.
 
 
 
V.                 Gambaran Tokoh
 
Pada penelitian ini tokoh yag menjadi narasumber saya pada penelitian kali ini ialah Ibu Iroh Zein, ia adalah seorang menantu dari Alm. KH. Moh. Zein. KH. Moh. Zein ialah seorang pendiri Masjid yang berada di daerah Jakarta Barat. Masjid tersebut bernama Masjid Jami Al-Fudhola Zein. Menurutnya KH. Moh. Zein, adalah sosok kiyayi yang sangat taat terhadap ibadah, ia selalu ramah terhadap lingkungan dan memberikan pencerahan untuk para masyarakat tidak hanya di sekitar masjid, KH. Moh. Zein juga selalu mengaakan pengajian rutin di beberapa daerah Jakarta. Selain itu sosok KH. Moh. Zein ialah sosok yang sangat baik terhadap anak-anaknya.
 
 
 
 
VI.              ANALISIS
 
Awalnya KH. Moh. Zein hanya ingin meneruskan ilmu agama yang ia dapat di Mekkah terhadap para masyarakat yang awam terhadap agama. Dengan niat yang baik, sebelum membangun masjid tersebut ia mengadakan pengajian rutin untuk para kaum Bapak-Bapak. Dengan memberi tausiyah Agamanya ia memulai semua itu. Setelah sukses dengan pengajian rutinnya tersebut ia membangun sebuah Masjjid di dekat rumahnya. Masjid tersebut di beri nama Masjid Al-Fudhola Zein. Ia membangun masjid tersebut tidak hanya seorang diri dibantu oleh kakak dan adik serta masyarakat sekitar sehingga terbangunlah Masjid Al-Fudholah Zein tersebut. Masjid tersebut didirika pada tahun 1994.
 
Masjid tersebut di gunaka oleh KH. Moh. Zein untuk tempatnya bertausiyah setiap hari kamis malam. Setelah wafat nya KH. Moh. Zein masjid itu kini dipimpin oleh anak pertamanya yaitu H. Nahrawi Zein.  Aktifitas yang dilakukan di Masjid Al-Fudhola Zein saat ini ialah, pengajjian rutin setiap malam sabtu khusu untuk para Kaum Adam. Selain itu aktifitas lainnya yaitu pengajian untuk anak usia dini atau TPA, yang dipimpin oleh Ust. Syahroni Zein, pengajian tersebut menggunakan pengajar para remaja masjid. Selain itu Masid tersebut melakukan aktifitas setiap ada peringatan penting dalam Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW yang panitianya ialah para remaja masjid, Isra Mi'raj yang panitianya juga para remaja Masjid, selain itu selalu mangadakan acara pesantren kilat untuk para remaja dan anak-anak yang masih kecil, acara pesantren kilat tersebut ialah seperti lomba qari dan qariah, lomba adzan, dan lomba tausiyah. Selain itu para remaja masjid juga mangadakan paniati Zakat Fitrah setiap Lebaran Idul Fitri dan panitia qurban setiap Lebaran Idul Adha. Dan selalu mengadakan acara bersama anak yatim, setiap lebaran anak yatim.
Pengaruh Masjid terhadap Lingkungan                       :
1.      Membuat para anak yang masih duduk di sekoloah dasar memahami agama Islam
2.      Membuat para kaum adam lebih rajin untuk beribadah dan mengikuti pengajian
 
Narasumber          ; Iroh Zein
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini