Rabu, 19 Desember 2012

laporan ke 6

Judul Penelitian:
Kegiatan pendidikan Yayasan Amalina
 
Peneliti:
Nicky Franida Nugrahani /1112051000107 /KPI 1D
 
Latar Belakang:
Pendidikan merupakan salah satu alat penunjang manusia dalam bersosialisasi. Melalui pendidikan semua yang tidak diketahui akan dapat diketahui. Adapun pengertian pendidikan menurut buku Kamus Besar Bahasa Indonesia(thn 1991) ialah sebagai proses pembelajaran bagi individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek-obyek tertentu. Pengetahuan tersebut diperoleh secara formal yang berakibat individu mempunyai pola pikir dan perilaku sesuai dengan pendidikan yang telah diperolehnya. Adapun menurut Prof. Dr. John Dewey pendidikan adalah suatu proses pengalaman. Karena kehidupan adalah pertumbuhan, pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin tanpa dibatasi oleh usia. Proses pertumbuhan ialah proses menyesuaikan pada tiap-tiap fase serta menambahkan kecakapan di dalam perkembangan seseorang.
Maka dari itulah saya tertarik untuk lebih mengetahui bagaimana kegiatan pendidikan Yayasan Amalina terhadap para peserta didik.
 
Pertanyaan Pokok Peneliti:
Bagaimana kegiatan Pendidikan Yayasan Amalina?
 
Metode Penelitian:
Metode penelitian : kualitatif (wawancara)
lokasi penelitian : Jl. Kampung baru No.40A, Cirendeu-Ciputat
waktu penelitian : Rabu, 18 Desember 2012 /pukul 13.00
 
Gambaran Subyek/Objek :
Ada beberapa narasumber yang saya temui, yakni :
K.H Naga kelahiran Tangerang, 2 Januari 1959. ia adalah lulusan pesantren Gontor Ponorogo,Jawa timur. Ia telah menikah dengan Ibu Fatimah. Ibu Fatimah juga berperan penting dalam kepengurusan yayasan, yakni bertugas sebagai pengurus keuangan Yayasan.
Dan Tommy kurniawan kelahiran 15 September 1984. Ia adalah seorang aktor sekaligus wirausaha. Keikutsertaan Tommy dalam kepengurusan Yayasan Amalia sejak 9 tahun yang lalu. Ia bertugas sebagai pengelola sekaligus kordinator terhadap penyelengaraan kegiatan-kegiatan di Yayasan.
 
Analisis:
Yayasan pendidikan Amalina bediri pada tahun 1992. Yayasan ini didirikan K.H Naga bersama istrinya yaitu Fatimah. Pada mulanya Yayasan Pendidikan ini dibentuk karena rasa keprihatinan K.H Naga terhadap warga sekitar. K.H naga menuturkan bahwa pada waktu itu ketertarikan warga terhadap kegiatan agama sangat minim, bahkan untuk sholat jama'ah di masjid terdekat sedikit sekali warga yang ikut sholat dimasjid. Maka dari itu K.H Naga mencoba membuat suatu wadah keagamaan, agar warga lebih mengenali dan dekat dengan agamanya.
 
Ibu fatimah mengatakan, anggota yayasan Amalina hingga saat ini berkisar 150 orang. Dan kegiatan yang diadakan diYayasan ini tidak dipungut biaya, karena Yayasan memiliki para donatur tetap yang ingin membantu menghidupi Yayasan. Adapun kegiatan Pendidikan Yayasan ialah:
1.    Membaca dan menulis Iqra/Quran
2.    Qori Al-Quran (Mengaji dengan Harkat Quran)
3.    Belajar alat musik marawis dan rebana
 
Kegiatan-kegiatan yang ada diYayasan boleh diikuti dari kalangan anak kecil sampai dewasa, dari kalangan TK sampai ibu rumah tangga. Dari kalangan yang sudah bisa maupun yang belom bisa sama sekali. Dan pendidikan yang didapatkan akan disesuaikan dengan kemampuannya.
 
Dihari-hari besar islam Yayasan Amalina sering mengadakan perlombaan. Perlombaan boleh diikuti oleh para santri maupun warga sekitar. Perlombaan yang diselenggarakan biasanya lomba adzan, membaca Al-Quran, dan cerdas cermat. Tommy mengatakan, kegiatan ini sudah rutin dilakukan sejak 5 tahun yang lalu. Dan peminat dari warga sekitar juga banyak. Tommy juga berharap yayasan ini tetap berdiri sampai seterusnya dan semakin banyak lagi warga yang mau belajar disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini