Rabu, 19 Desember 2012

laporan ke 1_institusi sosial (masyarakat)_bill tesyar nursallam_kpi 1 d 2012

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Melalui Desain

 

BILL TESYAR NURSALLAM

(1112051000119)

KPI 1 D 2012

 

I.       Latar belakang

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual  yang menggunakan gambar  untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis digunakan sebagai alat komunikasi seperti  diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur, catalog flyer, pamflet Koran, dll. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.

Iklan layanan masyarakat (Public Service Announcement/PSA) dibuat untuk memberi informasi atau mempengaruhi perilaku pemirsa dari kalangan tertentu, dan umumnya dibuat untuk tujuan non-profit melalui media massa. Hal ini dilakukan untuk memberikan arahan bagi pengembangan iklan layanan masyarakat. Pesan yang disampaikan pun harus memuat secara rinci bagaimana suatu perubahan perilaku harus dilakukan dan penjelasan ini harus disampaikan secara menarik dan hidup dengan meminimalisasikan informasi lain yang tidak penting. Pesan yang disampaikan harus memuat petunjuk-petunjuk implisit yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku pemirsa.

Desain dewasa ini telah memberi dampak luar biasa pada kehidupan dan peradaban manusia, ini tentu tidak lepas dari perkembangan industri yang kian tak terbendung. Moderenisme desain dan teknologi seperti telah menjadi cahaya dalam kehidupan hingga merubah pola pikir dan gaya hidup manusia yang beranggapan mampu menguasai dan menggenggam dunia. Perkembangan desain tentu memiliki peranan besar bagi kemajuan industri, dari mulai industri makanan, fashion, otomotif, hingga teknologi informasi dan komunikasi. Desain memiliki peranan penting dalam membangun peradaban manusia modern hal ini telah banyak melahirkan berbagai riset yang disebabkan dari dampak desain modern, dari mulai tingkat sosial masyarakat, budaya dan gaya hidup bahkan untuk mencapai tujuan politik.

Sedemikian pentingnya seni desain dalam kehidupan masyarakat sehingga menimbulkan banyak efek positif. Misalnya desain yang sering diaplikasikan ke masyarakat dan mampu mengubah perspektif masyarakat tentang sesuatu yang akan di publikasikan oleh desainer sehingga mencapai tujuan tertentu yang dimaksudkan oleh desainer.

 

II.    Pertanyaan pokok penelitian

1.      Apakah desain iklan layanan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran masyarakat kearah yang lebih positif?

2.      Bagaimana cara membuat suatu desain layanan masyarakat yang komunikatif dan dapat diterima oleh semua kalangan?

                       

III. Metode penelitian

Metode yang digunakan : Kualitatif. Yaitu metode sosiologi yang prosesnya mengambil data secara langsung, dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara mendalam terhadap narasumber.

Lokasi  : Halaman Student Center, UIN Syarif Hidayatullah

Waktu             : Rabu, 19 Desember 2012

Pukul              : 13.00 WIB

 

IV. Gambaran Subyek/Obyek penelitian

Pada penelitian kali ini saya mewawancarai salah satu dari delapan pendiri Pandorasquad yaitu Dwi Prasetyo, beliau seorang mahasiswa semester 7 Fakultas Adab dan Humaniora jurusan Ilmu Perpustakaan. Pandorasquad sendiri adalah sebuah komunitas desain grafis yang terdapat di UIN Syarif Hidayatullah yang berdiri dikarenakan ingin menghidupkan sense of creativity para mahasiswa UIN, karena mayoritas mahasiswa di UIN sendiri bukan berasal dari jurusan seni desain sedangkan masih banyak mahasiswa yang memiliki passion di bidang seni khususnya desain. Sejak berdirinya Pandorasquad pada tanggal 4 Februari 2009, banyak acara – acara yang diselenggarakan di UIN maupun diluar UIN yang mempercayai Pandorasquad sebagai media partnernya, misalnya acara UIN Fashion Fair, Festival Seni Islam, Ranita, Kalacitra, dll.

 

V.    Analisis

Di Indonesia pada saat ini seni desain grafis sedang berkembang dengan pesat, penyampaian informasi pun menjadi lebih mudah dan dapat disampaikan dengan berbagai cara yang lebih kreatif dan mudah dengan harapan menambah wawasan audience dan mempermudah penyerapan informasi ke dalam mainset audience itu sendiri.

Komunitas Pandorasquad sendiri berpendapat bahwa suatu iklan atau desain visual yang dituangkan dalam media dua dimensi selain lebih mudah dalam proses penyampaian kepada audience, bentuknya diam dan pembaca pun bisa lebih fokus juga lebih terekam dalam diri setiap audience. Seperti misalnya kritik sosial dalam bentuk desain yang kreatif akan lebih terekam dan diingat oleh pembaca atau user dibandingkan dengan media yang lain.

Iklan layanan masyarakat yang didesain dengan baik dan komunikatif serta memperhatikan target audience sangat mungkin dapat menumbuhkan kesadaran dan mewujudkan satu tujuan yang ingin dicapai oleh desainer. Dengan adanya poster layanan masyarakat yang menarik tidak hanya memberikan informasi yang tertera secara baik, namun dapat pula untuk menghilangkan sedikit demi sedikit kebiasaan kebanyakan masyarakat Indonesia yang mulai berkurang minatnya untuk membaca.

Cara membuat suatu desain layanan masyarakat yang komunikatif, diterima, dan mudah dimengerti haruslah memperhatikan beberapa aspek yang akan mempengaruhi baik, mudah atau tidaknya suatu desain iklan tersebut data diterima, misalnya dengan memperhatikan aspek desain yang dekat dengan masyarakat itu sendiri, misalnya permasalahan sampah, desainer mengambil contoh botol plastik, kantong plastik dan lain sebagainya, lalu dengan membuat ilustrasi yang simple dan mudah dicerna oleh masyarakat luas, serta Pesan yang disampaikan harus memuat secara rinci bagaimana suatu perubahan perilaku harus dilakukan dan penjelasan ini harus disampaikan secara menarik dan hidup, dengan meminimalisir informasi lain yang tidak penting. Pesan yang disampaikan harus memuat petunjuk-petunjuk implisit yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku audience.

 

Daftar Pustaka

Narasumber : Dwi Prasetyo (salah satu pendiri Pandorasquad)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini