Rabu, 11 September 2013

dhiyaurrhmn KPI 1 C_tugas1_definisi sosiologi

Pengertian sosiologi
1.      Auguste comte
comte secara sederhana mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu tentang masyarakat. Sosiologi berupaya memahami kehidupan bersama manusia, sejauh kehidupan itu dapat di tinjau atau di amati melalui metode empiris. Dalam sosiologi, masyarakat dipandang sebagai unit dasar anlisis sedangkan varian lainnya, seperti keluarga, politik, ekonomi, keagamaan, dan interksinya merupakan subanalisis. Fokus perhatian sosiologi adalah tingkah laku manuia dalam konteks soioal.

2.      Roucek dan warren
Merek mengemukakan, bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempeajari hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompok.
3.      William F Ogburn dan meyer F. nimkoff
Mereka berpendapat, bahwa sosioogi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi social dan hasilnya, yaitu organisasi social.
4.      Soerjono soekanto
Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu sosial yang kategoris, murni, abstrak, berusaha mencari pengertian-pegertian umum, rasional dan empiris, serta bersifat umum.
5.      J.A.A van Doorn dan C.J. Lammers
Mereka mendefinisikan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
6.      Selo soemardjan dan soelaiman soemardi
Mendefisikan bahwa sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yng mempelajari struktur sosial dan proses social, termasuk perubahan-perubahan social.
7.      Hassan shadily
Bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antarmanusia yang menguasai kehidupan itu.
8.      Y.B.A.F. Mayor Polak
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan yakni antarhubungan di antara mausia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik formal maupun materiil, baik statis maupun dinamis.
9.      Petirim A. Sorokin
Bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara macam gejala-gejala sosial (misalnya antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hokum dengsn ekonomi, gerak masyarakat dengan politik, dan sebagainya).
Kesimpulan dari definisi para ahli di atas, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan interaksi antar manusia dalam masyarakat atau ilmu yang mengkaji interaksi antar manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.
Dalam definisi di atas ada pendapat yang berbeda antara Y.B.A.F. Mayor Polak dan J.A.A van Doorn. Dalam definisi yang di katakan mayor bahwa hubugan keseluruhannya statis dan dinamis tetapi menurut Doorn bahwa hubungannya bersifat dinamis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini