Selasa, 24 September 2013

Habib Amiruddin Hazazi KPI 1B_Tugas3_Emile Durkheim

·       The Divisions of Labor in Society
DidalamThe Divisions of Labor in Society, Durkheim melacakperkembangan modern relasiindividumasyarakat. Dalamkaryaini Durkheim terutamainginmenggunakanilmusosiologibarunyauntukmenelitiseuatu yang seringdilihatsebagaikrisimoralitas.Padapendahuluankaryanyaini, Durkheim memulaidenganungkapan  "bukuinisebuahkarya yang membahas fata kehidupan moral berdasarkanmetodeilmu positivistic".
SolidaritasMekanisdanOrganis
Perubahandalampembagiankerjamemilikiimplikasi yang sangatbesarbagistrukturmasyarakat.Durkheim membagi 2 tipesolidaritasmekanisdanorganis.Masyaraat yang ditandaiolehsolidaritasmekanismenjadisatudanpadukarenaseluruh orang adalahgenerais.Ikatandalammasyarakatepertiiniterjadikarenamerekaterlibatdalamaktivitas yang samadanmemilikitanggungjawab yang sama. Sebaliknya, masyarakat yang ditandaiolehsolidaritasorganisbertahanbersamajustrudenganperbedaan yang ada di dalamnya, denganfaktabahwasemua orang memilikipekerjaandantanggungjawab yang berbeda-beda.
DinamikaPenduduk
Durkheim meyakinibahwaperubahansolidaritasmekanismenjadisolidaritasorganisdisebabkanoelhdinamikapenduduk.Konsepinimerujukpadajumlah orang dalammasyarakatdanbanyaknyainteraksi yang terjadidiantaramereka.Semakinbanyak orang berartiemakinmeningkatnyakompetisimerebutkansumber-sumber yang terbatas, sementaramakinmeningkatnyajumlahinteraksiakanberartimakinmeningkatnyaperjuanganuntukbertahan di antarakomponen-komponenmasyarakat yang padadasarnyasama.
HukumRepresifdanRestitutif
Durkheim berpendapatbahwamasyarakatdengansolidaritasmekanisdibentukoleh hokum represif.Karenaanggotamasyarakatjenisinimemilikikesamaansatusamalaindancenderungsangatpercayapadamoralitasberama, apaupunpelanggaranterhadapsistemnilaibersamatidakakandinilai main-main oelhsetiapindividu. Sebaliknyamasyarakatdengansolidaritasorganisdibentukoleh hokum restitutif,dimanaseseorang yang meklanggarharusmelakukanrestitusiuntukkejahatanmereka. Pelanggaraninidilihasebagaiseraganterhadapindividu, bukanterhadapsistem moral itusendiri.
Normal danPatologi
Durkheim berpendapatbahwasosiologharusampumembedakanantaramasyarakatsehatdanmasyarakatpatologis. DalamThe Division of Labor in Society, Durkheim menggunakan ide patologiuntukmengkritikbeberapabentuk abnormal yang adadalampembagiankerjamsyarakat modern. Diamembedakantigabentukperilaku abnormal yaitupembagiankerjaanomik, pembagiankerja yang dipaksa, danpembagiankerja yang terkoordinasidenganburuk.
Keadilan
Makatugasmasyarakatmajuadalahmenciptakankeadilan… Kalautugasmasyarakat yang lebihrendahadalahmenciptakanataumempertahankansemangathidupbersamasebisamungkin, di manaindividuterserapkedalamnya, makacita-citakitadalammasyarakat modern adalahmenciptakanrelasisosial yang seadil-adilnya, danmemastikankekuatan-kekuatan yang bermanfaatsecarasosialdapatberkembangsecarabebas. (Durkheim, 1893/1964:387).

·       The Elementary Forms of Religious Life
TeoriDurkheimianAwaldanAkhir
Dalamhalini, Durkheim dalamperiodeterakhirnya, langsungmengemukakanbagaimanaindividumenginternalisasikanstruktursosial. Hal initerbuktidalamkaryaawalnya, dimanapembahasannyatentanghubungantimbalbalikantarafaktasosialdankesadaranindividuterkesansamar-samardansambillalu.Akan tetapitujuanakhir Durkheim adalahbagaimanamenjelaskanbahwamanusiaindividudibentukolehfaktasosial.
Teori Agama-Yang Sakraldan Yang-Profan
Dalambukuini Durkheim menempatkansosiologi agama danteoripengetahuandibagiandepan. Sosiologiagamanyaterdiridariusahamengidentifikasihakikat agama yang selaluadasepanjangjamanzamandenganmenganalisisbentuk-bentuk agama yang paling priitif. Durkheim menemukanhakikatabadi agama dengancaramemisahkan yang sacral dan yang profan. Aspekrealitassosial yang didefinisikandandianggapskralinilah, yaitusesuatu yang terpisahdariperistiwasehari-hari yang membentukesensi agama. Segalasesuatu yang yangselaindidefinisikandandianggapprofanyaitutempatumum, sesuatu yang bisadipakai, aspekkehidupanduniawi.Disatupihak, yang sacral melahirkansikaphormat, kagum, danbertanggungjawab.Dipihaklain, sikap-sikapterhadapfenomena-fenomenainilah yang membuatdariprofanmenjadiskral.

Sumber: George Ritzer dan Douglas J. Goodman, TeoriSosiologi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini