Senin, 05 Oktober 2015

Holimatus Solihah KPI 1B_ Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial_ Tugas 4

IMAJINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL

 

KEBUN RAYA BOGOR


Kebun Raya Bogor yang berlokasi di Jl. Ir. Juanda No. 13 Bogor Jawa Barat Kebun Raya Bogor merupakan sebuah hutan buatan dengan luas mungkin sekitar 80 hektar dan memiliki ribuan koleksi  tumbuhan dari berbagai daerah di nusantara. Kebun Raya Bogor menjadi tempat konservasi exsitu atau tempat melestarikan aneka botani di luar habitat aslinya.  koleksi tumbuhan yang ada di kebun raya bogor sebagian besar merupakan tumbuhan yang hampir punah keberadaan nya dan umurnya yang sudah sangat tua. Tempat wisata ini menjadi salah satu icon kota Bogor dan menjadi tempat wisata yang paling terkenal bagi masyarakt sekitar. Kebun Raya Bogor ini dikembangkan sejak zaman dahulu yaitu zaman kerajaan sunda kelapa pada masa pimpinan Rafflesia Arnorldi .

Kebun Raya Bogor bukanlah tujuan rekreasi semata, melainkan pusat pendidikan dan lokasi observasi tanaman. Para siswa yang ada di Bogor atau pun yang berada di luar daerah Bogor memilih kebun ini menjadi salah satu tempat penelitian yang paling di minati , selain harga tiketnya yang murah sekitar 15.000 ribu  di sini juga banyak informasi tentang tumbuhan-tumbuhan langka yang ada di indonesia yang di sertai pula dengan nama ilmiahnya .

Jika kita penyuka pemandangan hijau dan udara menyegarkan , maka Kebun Raya Bogor  patut direkomendasikan untuk dijadikan tujuan wisata di akhir pekan. Kebun Raya Bogor juga sangat cocok untuk aktifitas piknik dan duduk-duduk santai bersama keluarga tercinta ataupun dengan teman- teman. Selain itu tempat ini juga cocok sekali untuk berfoto-foto dan berolahraga karena udaranya yang sejuk dan segar. Koleksi paling terkenal yang dimiliki Kebun Raya Bogor yaitu bunga bangkai yang merupakan bunga terbesar di dunia, dan pohon kelapa sawit yang paling tua di Asia khususnya Asia Tenggara.

 

Sebagai bagian integral dari Kebun Raya, Istana Bogor juga menjadi bagian yang tak terpisahkan darinya. Istana ini pada awalnya bernama Istana Buitenzorg. Ada banyak benda seni yang tersimpan di dalamnya, mulai dari lukisan, patung, keramik, dan lain sebaginya. Pemandangan depan istana yang sungguh asri dan menawan menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ketempat ini. Selain itu juga di depan istana terdapat banyak kijang-kijang yang menjadi ciri khas dari istana Bogor.

PENGARUH KEHADIRAN TEMPAT WISATA BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT SEKITAR (analisis)

Kebun Raya memiliki peran penting dalam membangkitkan kesadaran masyarakat tentang konservasi tumbuhan. Beberapa tanaman iconic seperti bunga bangkai raksasa A. Titanium dapat menjadi 'duta' dalam menyebarkan pesan-pesan konservasi baik berukuran raksasa ataupun mini . Kebun Raya Bogor telah memberikan kesempatan berharga untuk masyarakat menyaksikan lebih dekat mekarnya koleksi-koleksi tumbuhan A. Titanium. Disamping itu, kehadiran Kebun Raya ini menambah devisa Negara di bidang pariwisata karena Banyaknya wisatawan asing yang datang untuk berakhir pekan di sini . Tujuan di buatnya Kebun Raya juga bukan hanya sekedar tempat konversasi tanaman saja, tetapi juga untuk menghidupkan perekonomian lokal masyarat Bogor.

Adanya tempat wisata ini banyak masyarakat sekitar untuk berdagang makanan, minuman, hasil bumi seperti talas, pisang, dan bermacam-macam jenis sayur dan buah-buahan di sekitar Kebun Raya Bogor dan lain sebagainya. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, karena tidak lengkap rasanya jika para wisatawan pulang tidak membawa makanan khas Bogor. Selain itu, banyak juga di sekitar area Kebun yang menawarkan jasa transportasi seperti delman untuk sekedar berkelililng kota Bogor. Dengan begitu, tentu hal ini akan menambah penghasilan dan masyarakat sekitar menjadi lebih sejahtera dalam bidang ekonomi.

Selain  memajukan dalam bidang ekonomi, adanya Kebun Raya Bogor juga berperan aktif dalam penyeimbang udara di area sekitar Kebun Raya Bogor, karna tanpa adanya KRB polusi udara di Bogor semakin tidak terkendali. Apabila kita melintasi area di sekitar KRB maka kita akan merasakan udara yang sejuk dan segar, apalagi jika kita berolahraga pada pagi hari di sini , udara di KRB sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, dan itulah salah satu fungsi Kebun Raya Bogor sebagai hutan Kota yang bukan hanya memperindah saja melainkan juga untuk mempersejuk udara di sekitarnya . Kebun Raya Bogor juga menjadi tempat bersantai yang menarik dan Menyenangkan karena udaranya yang sejuk

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini