Senin, 05 Oktober 2015

robiatul adawiyah JRN 1B imajinasi kenyamanan dan pengaruhnya dalam kehidupan sosial tugas 3

Robiatul Adawiyah

Jurnalistik 1B

 

Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya dalam Kehidupan Sosial

 

1.      Gambaran tentang tempat wisata

 

 

Terletak di pinggir jalan Kebagusan Raya, Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan namun dapat tembus ke jalan Tawes. Taman ini awalnya adalah lahan kolam empang warga dan tempat pembuangan sampah yang berada diantara perumahan-perumahan elite dan town house yang ada di sekitarnya, kemudian diubah menjadi sebuah taman oleh Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Taman ini dibangun dengan tujuan sebagai tempat resapan air dari hadirnya pembangunan perumahan  yang makin padat di wilayah tersebut sekaligus sebagai tempat interaksi sosial dan tempat beraktivitas warga.

 

Taman ini di sebut Taman Spathodea karena di taman ini banyak ditumbuhi pohon Spathodea Campanulata tanaman dari benua Afrika. Tanaman ini disebut juga sebagai African Tulip Tree dan dapat tumbuh baik di negara tropis. Spathodea adalah salah satu dari anggota bignonia atau keluarga dari tanaman bunga terompet (bignoniacea) dan dapat tumbuh hingga 24,4 meter. Selain Spathodea, di taman ini juga tumbuh pohon palem, angsana, willow, kelor, mangga dan beragam tanaman hias seperti lili bakung. Di taman ini terdapat kolam ikan yang dapat diberi makan oleh pengunjung taman namun tidak boleh ditangkap atau dipancing. Ikan yang ada di kolam-kolam ini diantaranya adalah ikan mas, sepat, gurame dan mujair.

 

Taman Spathodea terbuka untuk umum dari pukul 05.00  sampai pukul 18.00 WIB. Sebelumnya taman ini buka hingga pukul 21.00 WIB namun guna menghindari tindak kriminal dan asusila oleh pengunjung maka diberlakukan jam tutup.

 

Pengunjung taman biasanya datang ke taman ini untuk berekreasi dengan keluarga dan berolahraga seperti lari pagi atau berjalan santai. Anak-anak biasanya senang bermain di arena bermain anak di taman ini. Tak jarang juga taman ini digunakan untuk syuting film, yang dapat dilakukan melalui izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola taman ini.

 

Pada hari Minggu, taman ini banyak dikunjungi pengunjung yang naik sepeda motor sehingga tempat parkir menjadi penuh sesak oleh motor pengunjung. Pengunjung yang menggunakan mobil sangat jarang di hari Minggu. Pengunjung taman juga ada yang datang ke taman ini dengan menggunakan kendaraan umum Mikrolet M17 yang datang dari arah Pasar Minggu maupun dari arah Lenteng Agung atau berjalan kaki dari rumahnya.

 

2.      Pengaruh tempat wisata dalam kehidupan sosial

 

Taman tersebut sangat berpengaruh bagi masyarakat social, selain untuk berekreasi melepas penat di sore hari, taman tersebut juga dapat digunakan sebagai tempat interaksi sosial dan tempat beraktivitas warga, arena olahraga, tempat bermain bagi anak-anak serta dapat digunakan sebagai lokasi syuting karena lokasinya yang sangat strategis dan pemandangannya yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini