Senin, 05 Oktober 2015

MILLATUN HANIFAH_KPI 1 A_IMAJINASI KENYAMANAN_TUGAS 4

IMAJINASI KENYAMANAN DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL



 

A. Taman Menteng

            Ruang Terbuka Hijau (RTH) sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat ibukota saat ini, karena tempat-tempat di Jakarta sudah banyak sekali digunakan untuk pembangunan gedung-gedung bertingkat seperti perkantoran, mall dan sebagainya. Ditambah lagi dengan kualitas udara yang semakin menurun dikarenakan pulusi dari kendaraan-kendaraan dan limbah-limbah yang mengakibatkan kadar oksigen yang seharusnya baik menjadi tercemar. Untuk itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencari solusi agar masyarakat ibukota dapat menghirup udara yang sejuk dengan membuka taman di tengah kota, salah satunya yaitu Taman Menteng.

            Taman ini terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto, Kelurahan Menteng Jakarta Pusat. Taman seluas ±2 hektar ini diresmikan pada tanggal 24 April 2004 oleh Gubernur DKI Jakarta yaitu Sutiyoso. Dengan dibukanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini masyarakat menjadi lebih mudah mencari tempat yang dikelilingi oleh tanaman hijau sehingga dapat menghirup udara yang lebih segar. Di taman ini juga tersedia lapangan-lapangan untuk berolaraga seperti lapangan futsal, basket, bulu tangkis dan sebagainya. Taman ini sangat lah cocok untuk bersantai bersama keluarga untuk menghilangkan kepenatan setelah beraktivitas karena tempatnya yang strategis dan nyaman untuk dipilih sebagai referensi wisata keluarga. Selain itu, untuk masuk ke Taman Kota ini tidak perlu khawatir dengan biaya masuknya, karena Pemprov DKI membuka taman ini secara gratis untuk dinikmati masyarakat.

              Taman Menteng ini dibuka sejak pukul 05.00 hingga pukul 22.00 wib, dahulu taman ini dibuka 24 jam tetapi karena adanya protes dari mayarakat karena aktivitas yang berada di taman tersebut maka hanya dibuka hingga pukul 22.00 saja. Jadi sangatlah cocok jika pada pukul 05.00 pagi berkunjung ke Taman Menteng untuk berolahraga, bermain sepeda dan berjalan-jalan mengelilingi taman karena kualitas udara yang masih sangat baik dan sangat sejuk untuk dihirup. Taman ini ramai dikunjungi ketika malam minggu dan hari minggu karena weekend dan sangat cocok untuk sekedar berkumpul menikmati keindahan taman kota. Keunikan dari Taman Menteng ini adalah adanya rumah yang terbuat dari kaca sehingga menarik minat para pengunjung. Rumah kaca ini dahulu adalah tempat pembibitan tanaman-tanaman sehingga kualitas tanaman dengan menggunakan kaca ini dapat tumbuh dengan baik, tetapi sekarang tempat ini sudah tidak digunakan untuk pembibitan lagi dan diganti untuk tempat pameran. Selain itu di Taman Menteng ini, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan wifi gratis untuk para pengunjung yang ingin mengakses internet, ini membuat para pengunjung pun semakin senang khususnya para pelajar dan mahasiswa karena dapat membantu dalam memperoleh ilmu pengetahuan.

 

B. Pengaruh Bagi Kehidupan Masyarakat

            Dengan adanya Taman Menteng ini, masyarakat menjadi lebih sehat karena tersedianya ruang hijau di ibukota yang hiruk pikuknya sudah tercemar dengan polusi. Dengan dikelilingi tanaman-tanaman hijau dan tempatnya yang nyaman membuat para pengunjung merasakan kenikmatan yang jarang didapatkan karena terbatasnya taman kota khususnya di Jakarta. Selain itu, Taman Menteng juga bisa digunakan sebagai referensi liburan keluarga karena selain tempatnya yang nyaman dan dapat berinteraksi satu sama lain, terlebih lagi tempat ini tidak ada biaya masuknya alias gratis.

            Oleh karena itu, dengan diberikannya beragai fasilitas yang sangat bermanfaat ini dan untuk terjaga kenyamanannya kita harus melestarikan tanaman-tanaman dengan cara merawatnya dan tidak membuang sampah sembarangan karena dapat merusak pemandangan terlebih dapat merusak saluran air untuk menyiram tanaman. Kita harus menjaga kebersihan dimana pun kita berada agar lingkungan alam menjadi indah dan keuntungannya pun kembali kepada kita sebagai makhluk di muka bumi ini.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini