Senin, 05 Oktober 2015

Sulistyowati_Jurnalistik 1A _ Imajinasi Kenyamanan _Tugas4

Nama               : Sulistyowati

Jurusan            : Jurnalistik 1A

Matkul             : Sosiologi

 

Imajinasi Kenyamanan dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sosial

Pantai Pink Lombok

Oleh  Sulistyowati Jurnalistik 1A

A.Tempat Wisata

                                                                                                                          
              Pantai Pink yang terletak paling ujung Pulau Lombok ,pantai pink Lombok sudah lama ditetapkan sebagai tempat wisata di Lombok , warga sekitar menamai patai pink Lombok dengan nama " Tangsi", dan Pantai Pink oleh wisawatan domestic karena pasir pantainya ketika kena ombak pasang maka airnya akan berubah menjadi Pink/Ungu. Inilah ke unikan pantai pink yang terletak di Desa Jero Waru, Lombok Timur dan di tempat ini juga terdapat salah satu peninggalan jaman penjajahan Jepang berupa Meriam dan terdapat juga Gua tempat persembuyian Jepang.

Kata Tangsi berasal dari kata ASRAMA atau BARAK karena disini juga terdapat peninggalan jaman penjajahan jepang berupa Sebuah Meriam.

 

Satu hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Tangsi / Pantai Pink adalah pasirnya yang berwarna Pink alias Merah Muda. Di Indonesia cuma ada dua tempat pantai yang pasirnya berwarna Pink, salah satunya adalah yang berlokasi di Pulau Komodo,sebenarnya warna asli pasir pantai ini adalah putih,asal mula menjadi pink adalah bercampurnya pasir dengan serpihan – serpihan terumbu karang yang berwarna pink,lalu serpihan-serpihan terumbu karang menyatu dan membentuk warna pink/merah muda,jika air laut tersinar oleh cahaya matahari warna pink/merah muda akan terlihat jelas.

Selain pasir pantainya yang berwarna khas pink, Pantai ini juga memiliki panorama alam yang sangat mengesankan. Dikelilingi oleh tebing – tebing yang cukup tinggi dengan berugak (semacam pondok / pendopo) diatasnya yang disediakan untuk  para wisatawan menikmati hamparan lautan lepas. Pemandangan dari atas tebing juga akan membuat anda terpukau dengan panorama indah dibawah tebing. Aroma air laut yang khas, belaian hembusan angin dan suara ombak yang membentur karang membuat hati siapapun yang berkunjung kesini menjadi tenang.

 

Untuk mencapai lokasi Pantai Tangsi / Pantai Pink membutuhkan waktu dua jam dari Kota Mataram, jarak yang lumayan jauh. Rutenya sama persis dengan Rute menuju Tanjung Ringgit, karena memang lokasi keduanya berdekatan. Hanya saja Pintu masuk Pantai Tangsi berada di sebelah kiri, sekitar 1 KM sebelum Tanjung Ringgit. Nah di Pintu masuknya itu ada petunjuk/ rambu kecil disebelah kiri jalan bertuliskan "Pantai PINK 50 meter"

            Pantai Pink  memiliki arus yang cukup tenang dengan deburan ombak yang sangat kecil, sehingga asik untuk bermain – main dan tidak membahayakan. Jika sempat bersnorkeling, maka anda akan dibuat takjub oleh terumbu terumbu karangnya yang sangat indah. Walaupun sebagian titik terumbu terumbu karang yang terlihat hanya berupa sisa sisa terumbu karang yang sudah hancur oleh jangkar – jangkar perahu para Nelayan.

 

B.Pengaruh Terhadap kehidupan Sosial

            Pengaruh pantai ping atau pantai tangsi terhadap kehidupan social sangatlah banyak,terutama terhadap kehidupan masyarakat.Selain menjadi hiburan hati dan mata bagi para pengunjung,pantai pink juga menjadi sebuah objek wisata yang menguntungkan bagi masyarakat sekitar. Banyak warga sekitar yang mengais rezeki disana.Mulai dengan berjualan,menyewakan tikar,menyewakan perahu, menyewakan alat-alat untuk bersnorkling,dan lain- lain.

            Selain itu pengaruhnya pun dirasakan oleh pemerintah serta Negara Indonesia sendiri,

Karna terkenalnya objek wisata dikalangan negara – negara lain,sehingga membuat para turis berdatangan untuk menyaksikan bahkan menikmati keindahan pantai pink ini.

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini