Selasa, 02 Oktober 2012

TEORI KRITIS

TUGAS 4
NAMA : MIA KURNIA NINGSIH
KELAS : 1 E
NIM     : 1112051000156
 
Teori kritis
            Teori kritis adalah produk sekelompok neo-Marxis jerman yang tak puas dengan keadaan teori Marxian (Bernstein,1995; Kellner,1993; untuk tinjauan yang lebih luas terhadap teori kritis ,lihat Agger,1998),terutama kecenderungan nya menuju determinisme ekonomi.
The Institute of Social Research, organisasi yang berkaitan dengan teori kritis ini resmi didirikan di Frankfurt,Jerman,23 februari 1923, meski sejumlah anggotanya telah aktif sebelum organisasdi itu didirikan (Wiggershaus ,1994).
Kritik Utama terhadap kehidupan social dan intelektual
            Teori kritis sebagian besar terdiri dari kritik terhadap berbagai aspek kehidupan social dan intelektual, namun tujuan utamanya adalah ,mengungkapkan sifat masyarakat secara lebih akurat(Bleich,1977).
            Kritik terhadap teori Marxian
Teori kritis mengambil kritik terhadap teori Marxian titik tolaknya , Teori iritis ini merasasangat terganggu oleh pemikir Marxis penganut determinisme ekonomi yang mekanitis (Antio,1981;Schroyer,1973;Sewarty,1978).Beberapa orang di antara (hebermas,1971) mengkritik determinisme yang tersirat di bagian tertentu dari pemikiran asli Marx, tetapi kritik mereka sangat ditekankan pada neo-Marxis .
            Kritik Terhadap potivisme
Teoritisi kritis juga memusatkan perhatian terhadap filsafat yang mendukung penelitian ilmiah terutama positivism
(Bottomore,1984;Halfpenny,2001;Morrow,1994).
Kritik terhadap positivism sekurangnya sebagian berkaitan dengan kritik terhadap determinisme ekonomi karena beberapa pemikir determinisme ekonomi menerima sebagian atau seluruh teori potivisme tentang pengetahuan .
          Kritik terhadap sosiologi
Sosiologi diserang karena "keilmiahannnya", yakni karena menjadikan metode iliah sebagai tujuan di dalam dirinya sendiri.
Selain dari itu sosiologi di tuduh menerima status quo . aliran kritis berpandangan bahwa sosiologi tak serius mengkritik masyarakat ,tak berupa merombak struktur social masa kini .
            Kritik terhadap Masyarakat Modern
Kebanyakan karya aliran kritis ditujukan untuk mengkritik masyarakat modern dn berbagai jenis komponen . kebanyakan teori Marxial awal secara tegas tertuju ke bidang ekonomi , sedangkan aliran kritis menggeser orientasinya.
Ke tingkat cultural mengingat kultural dianggap sebagai realitas masyarakat kapitalis modern .
Artinya ,tempat dominasi dalam masyarakat modern telah  bergeser dari bidang ekonomi ke bidang cultural .
Aliran kritis masih tetap memperhatikan masalah dominasi meski masyarakat modern mungkin lebih idominasi oleh elemen kultural
Meski kehidupan mdern kelihatan rasional , alirn kriis memandang masyarakat modern penuh dengan ketidakrasionalan (crook,1995).
          Kritik terhadap kultur
Teori kritis melontarkan kritik pedas terhadap apa yang mereka sebut "induksi kultur",yakni struktur yang dirasionalkan dan dibirokratiskan (jaringan televise )yang mengendalikan kultur modrn .
Induksi kukltur menghasilkan apa yang secara konvensional disebut "kultur massa " yang didefinisikan "sebagai kultur yang diatur …… tak spontan, dimaterialkan,dan palsu ,bukan ketimbang sesuatu yang nyata '(jay,1973:216).
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini