Selasa, 02 Oktober 2012

teori kritis, ANNISAH BILQIS, KPI 1 E, tugas ke empat

Teori kritis Marxisme
       
Teori kritis ini berpendapat bahwa kelas pekerja tidak mempunyai revolusioner lagi yang bertolak belakang terhadap analisis Marxian tradisional. Dan pada Bottomore menyatakan mazhab Frankfurt dalam bentuk aslinya dan sebagai mazhab Marxisme atau sosiologi telah mati. Sedangkan Greisman menyatakan bahwa teori kritis  sebagai paradigm yang gagal. Bottomore pada kasus Habermas, mazhab telah berdamai dengan Marxisme dan sosiologi pada saat yang sama mazhab Frankfurt dipertahankan dan dikembangkan. Gagasan oleh Habermas pada teori kritis mengalami kemunduran. Habermas juga mempunyai perbedaan pendapat denga Marx yaitu jika Habermas berpendapat dengan tindakan komunikatif dan Marx dengan tindakan rasional yang bertujuan dengan kerja. Jadi Habermas memusatkan terhadap komunikasi, Marx memusatkan pada kerja. Marx memusatkan kerja dengan kerja bebas dan kreatif sebagai analisis kritis khususnya pada kapitalisme. Habermas memusatkan komunikasi dengan komunikasi tanpa paksaan atau komunikasi secara kritis. Habermas membicarakan tentang teoritis dan masuk pada relativisme. Keduanya juga membicarakan tentang politik mereka bahwa Marx bertujuan pada masyarakat komunis yang kerja bebas (species being) kalu Habermas masyarakat yang bebas komunikatif (tindakan komunikatif). Jadi ingin sama-sama menghilangkan kerja bebas dan komunikasi bebas. Toeri kritis merupakan sekelompok teori dari neo-Marxisme Jerman yang tidak puas dengan teori Marxian. Teori kritis telah melewati batas mazhab Frankfurt. Dulunya di perkenalkan di Eropa lalu dipengaruhi kedalam sosiologi Amerika yang semakin pesat. Teori tidak memusatkan pada ekonomi saja tetapi pada kultural.
Teoritisi tidak menyatakan bahwa ekonomi itu keliru, memusatkan pada bidang ekonomi tapi perhatiannya pada aspek kehidupan social yang lain. Kritik pada positivisme ini terhadap filsafat, positivism melihat kehidupan social sebgai ilmiah. Teori kritis ini lebih menyukai memusatkan perhatian pada aktivitas manusia pada struktur social yang lebih luas. Teori ini menerapkan bahwa tindakan manusia begitu saja. Krtik terhadap sosiologi tidak mengkritik masyarakat yang tidak merubah struktur social masa kini. Kritik terhadap masyarakat modern mengarah pada ekonomi ke level cultural yg dipandang sebagai masyarakat kapitalis modern dan individu. Dan pada teori kritis ini melihat dunia dengan irasionalitas, teknologi modern yang dijalankan dibawah sistem kapitalisme. Teknologi apapun murninya mengefisienkan proses dominasi. Kritik terhadap kebudayaan disebut dengan industri kebudayaan. Para pemikir kritis ini mengkhawatirkan terhadap kepalsuan yang ada didalam industri dan efek menaklukan, represif dan membodohkan masyarakat. Dan mazhab ini juga tertarik sebagai industry pengetahuan yang melihat pada produksi pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini