Rabu, 21 November 2012

MohFirmanHadi_Jurnalistik1B_laporan institusi bisnis

JUDUL PENELITIAN:
Bisnis Pusa Elektrik ''Distributor Pulsa UNITY Cellular ''
Peneliti:
Mohamad Firman Hadi
Jurnalistik 1B (1112051100038)
I.          Latar Belakang
Di era globalisasi saat ini setiap orang dituntut untuk selalu dinamis dalam segala hal salah satunya adalah dalam komunisasi. kominikasi harus dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja oleh sebeb itu dibutuhkan teknologi yang mampu menjawab tantangan tersebut, selain teknologi yang memadai ketersediaan alat pembayaran dalam perangkat teknologi itu juga dibutuhkan yaitu ''PULSA'', ya tanpa adanya PULSA komunikasi melalui perangkat mobile menjadi sulut dilakukan. berangkat dari masalah tersebut Distributor Pulsa UNITY Cellular mengambil kesempatan tersebut untuk menjadi pemasok pulsa bagi seluruh pengguna setia perangkat mobile atau pun gadget lainnya yang membutuhkan alat pembayaran bagi kegiatan komunikasi mereka.

selain melalui perangkat mobile komunikasi juga dapat dilakukan melalui media internet dan untuk itu seseorang harus terkoneksi dengan internet tersebut. dengan menciun peluang tersebut   Distributor Pulsa UNITY Cellular juga menawarkan prokuk lainnya, yaitu kuota data internet. bagi sebagian orang kominkasi melalui perangkat mobile masih dirasa kurang dan butuh alternatif lain yaitu koneksi internet. untuk masalah tersebut  Distributor Pulsa UNITY Cellular menjawab kebutuhan konsumennya dengan menjual paket kuota data untuk dapat terkoneksi ke internet.
dengan mejawab semua masalah komunikasi tersebut Distributor Pulsa UNITY Cellular  berharap semua orang dapat melakukan kegiatan komunkasinya tanpa halangan sedikit pun  serta membantu terciptanya komunikasi tanpa batas di dunia nyata maupun dunia maya. 

II.            Pertanyaan Pokok
1.      Bagaimana Distributor Pulsa UNITY Cellular dalam bersaing dengan kompetitor yang memiliki usaha sejenis?
2.      Bagaimana respon masyarakat atau pelanggan dengan kehadiran Distributor Pulsa UNITY Cellular sebagai pemasok pulsa elektrik?

Jawaban:
1. dalam bersaing dengan kompetitor kami selalu mengedepankan pelayanan dan kepuasan pelanggan itu akan menjadi nilai plus sehingga kami dapat selangkah lebih depan dengan kompetitor-kompetitor lainnya dan bersaing dalam bisnis ini.
2. atusiasme dan sambutan pelanggan atau mesyarakat sangat baik dengan  kehadiran Distributor Pulsa UNITY Cellular sebagai pemasok pulsa elektrik, itu terlihat dari jumlah pelanggan yang bertambah dan cenderung stabil setiap bulannya.


III.        Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode ini digunakan untuk menggali dan mengetahui informasi secara mendalam dengan teknik wawancara kepada narasumber.
Waktu Penelitian         : Senin, 19 November 2012
Lokasi Penelitian         : Distributor Pulsa UNITY Cellular, Gondrong Cileduk Tangerang
Narasumber                  : Dudi Suhendri

IV.        Gambaran Subjek Penelitian
Dudi Suhendri, ketua cabang Distributor Pulsa UNITY Cellular wilayah Cileduk beliau adalah seorang yang cekatan dan mampu membaca situasi atapun peluang bisnis salah satunya yaitu bisnis Distributor Pulsa UNITY Cellular yang sedang beliau gekuti. kegigihannya dalam mengelola usaha membuat dia diberikan amanat untuk menjadi kepala cabang untuk wilayah cileduk. Persaingan yang ketat dalam usaha Pulsa ekektrik tidak membuat beliau gentar ataupun gelisah malah menjadi semangat yang bergejolak dan membuatnya semakin percaya diri untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk seluruh pelanggan setia Distributor Pulsa UNITY Cellular. dengan banyak cabang yang sudah didirikan UNITY  salah satunya di tempat saya tinggal yaitu di semanan tepatnya, Distributor Pulsa UNITY Cellular menjadi tempat yang tepat untuk mejadi agen pulsa kecil-kecilan, termasuk saya yang sudah menjadi member sekaligus pelanggannya setia.

V.                Analisis
Keadaan geografis Indonesia yang luas dengan dikelilingi dua samudra dan dua benua menjadikan indonesia sebagai negara yang sangat strategis untuk lalu lintas perdagangan baik jalur laut, darat, dan udara. untuk memenuhi kebutuhan akan komunkasi antar pelaku usaha demi kelancaran lalu lintas pergadangan yang tidak bisa ditunda-tunda dan setiap orang dituntut untuk selalu bergerak serta harus memliki mobilitas yang tinggi Distributor Pulsa UNITY Cellular menjawab masalah tersebut dengan serius untuk menyediakan alat pembayaran/ pulsa telekomunikasi dari semua opretor selular yang ada diindonesia khususnya demi membantu kelancaran komunikasi seluruh orang yang membutuhkannya.
      Bisnis ini bisa saja menjadi bisnis yang menjanjikan bila dikelola dengan baik. Selain itu bisnis ini dapat dijadikan alternatif berkomunikasi sacara real time yang tidka dibatasi ruang dan waktu guna membantu komunikasi yang tanpa batas bagi pelaku bisnis yang selalu dinamis.Dialah Dudi Suhendri, berawal dari rasa kegelisahan akan komunikasi yang terbatas oleh ruang dan waktu beliau mulai bekerja sebagai keryawan Distributor Pulsa UNITY Cellular dan sekarang telah menjadi kepala cabang.
      beliau tahu bahwa usaha ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak tantangan dan masalah yang menghadang  dalam menjalani bisnis ini. Dari mulai jatuh bangun hingga sekarang ini, ia dihadapkan pada persoalan yang kadang menyulitkannya yaitu kerusakan server atau error pada server pengiriman pulsa. hal ini lah yang dihadapi ketika server tiba-tiba down dan penyebabkan tergangunya distribusi bagi agen-agen atau pelangan yang telah memesan dan kadang membuat mereka kecewa. tapi dengan pelayanan yang ramah beliau dapat menyiasati hal tersebut.
      Menurut beliau dengan kemudahan komunikasi yang sekarang ini dirasakan kadang membuat orang menjadi malas untuk bertatap muka atau bertemu dengan lawan bicaranya dan lebih memilih untuk berkomunikasi melalui perangkat seluler, bagi kelangsungan bisnisnya memang bagus karena dapat menambah pemasukan beliau. akan tetapi kurang afdol rasanya bila berbicara dengan seseorang tanpa berhadapan langsung dengan lawan bicaranya, selain itu komunikasi diinternet tidak kalah menggelisahkan karena informasi yang masuk kadang tidak difilter dengan baik oleh pemakainya sehingga membuat seseorang malah terjerumus oleh informasi yang didapatkannya.
VI. Daftar Pustaka
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini