Rabu, 21 November 2012

InstitusiBisnis_HildaDziah JRN 1B_Laporan ke-2

Judul Penelitian
Bisnis Perlengkapan Alat Tulis bagi Masyarakat
Peneliti
HILDA DZIAH AZQIAH SM
1112051100035
       I.            Latar Belakang
Di dalam dunia pemasaran jaringan jarang sekali ditemukan terobosan yang memiliki konsep baru. Setiap satu atau dua decode selalu ada perusahaan yang lahir dengan konsep produk ataupun system inovatif sebagai suatu pondasi untuk menjalankan bisnisnya. Seperti dalam suatu wilayah pasti selalu ada perusahaan yang berdiri dalam berbagai produk. Perusahaan ini  ialah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena  kebutuhan  manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah  proses  di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah  tempat melakukan proses  sampai bisa langsung digunakan oleh manusia.

Untuk menghasilkan barang siap konsumsi, perusahaan memerlukan bahan – bahan dan faktor pendukung lainnya, seperti bahan baku, bahan pembantu, peralatan dan tenaga kerja. Untuk memperoleh bahan baku dan bahan pembantu serta tenaga kerja dikeluarkan sejumlah biaya yang disebut biaya produksi.
Hasil dari kegiatan produksi adalah barang atau jasa, barang atau jasa inilah yang akan dijual untuk memperoleh kembali biaya yang dikeluarkan. Jika hasil penjualan barang atau jasa lebih besar dari biaya yang dikeluarkan maka perusahaan tersebut memperoleh keuntungan dan sebalik jika hasil jumlah hasil penjualan barang atau jasa lebih kecil dari jumlah biaya yang dikeluarkan maka perusaahaan tersebut akan mengalami kerugian. Dengan demikian dalam menghasilkan barang perusahaan menggabungkan beberapa faktor produksi untuk mencapi tujuan yaitu keuntungan.
Dengan kata lain Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Di Negara Indonesia ini sangat banyak perusahaan yang membudidayakan perlengkapan alat tulis. Yang kemudiaan mendirikan beberapa toko buku. Sebagian masyarakat datang ke toko buku untuk memenuhi keinginan mereka dalam menambah ilmu pengetahuan dengan cara membeli buku yang ada disana. Keberadaaan toko buku memang menjadi salah satu sarana yang cukup penting bagi asayarakat pencinta buku atau yang memang sering berkunjung ke toko buku. Kehadirannya dirasa sangat bermanfaat sekali dalam memenuhi hasrat membaca masyarakat yang menggemarinya.
Salah satunya lewat bisnis perusahaan ini, tentu saja tidak mudah dan pasti akan mendapati hambatan-hambatan. Bagaimana bisnis ini bisa bertahan dan seberapa jauh progress dan pengaruhnya, itulah salah satu tujuan penelitian ini dibuat.
Dan dengan adanya perusahhan ini juga peluang kerja untuk masyarakat dan hasil- hasil produksi yang sangat bermanfaat bagi yang menggemar membaca, menulis, ataupun melukis dan lain sebagainnya.
    II.            Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Apa proses yang dilakukan perusahaan Karisma ini untuk menarik perhatian masyarakat sekitar?
2.      Bagaimana pandangan masyarakat akan perusahaan Karisma ini?
 III.            Metode Penelitian
Metode yang saya ambil adalah metode kualitatif, dikarenakan metode ini dapat saya lakukan secara langsung dengan seseorang yang akan saya temui. Dan dengan menggunakan metode ini, maka data yang saya dapat lebih meyakinkan.
Lokasi                         : Perusahaan Karisma
                          Jl. Moh. Hatta Pondok Cabe, Pamulang
  15417 Tangerang Selatan
            Waktu             : Selasa, 20 November 2012
                                      Pukul 13:30 WIB
IV.            Gambaran Subyek / Objek Penelitian
Objek penelitian yaitu perusahaan Karisma yang berada di Jl. Moh. Hatta Pondok Cabe, Pamulang denga kode pos 15417 Tangerang Selatan.
 Perusahaan Karisma ini merupakan tempat tau wadah yang menghasilkan barang produksi seperti alat tulis, berbagai macam buku , dan lainnya yang merupakan perlengkepan alat tulis.yang bermanfaat bagi seluruh manusia, mulai dari kalangan pelajar, dosen, staf kerja dan masyarakat lain.
Pendirinya yaitu Bapak Lyndon Saputra pada tahun 1999. Seseorang yang berada dan berjabat sebagai karayawan di Karisma. Yang mengetahui akan  perusahaan Karisma ini.
   V.            Analisis
Perusahaan ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku baik dengan toko lain baik didalam negeri mapun diluar negeri. Perusahaan Karisma ini berdiri sekitar tahun 1999.  Perusahaan ini didirikan oleh seorang Bpk. Lyndon Saputra. Pada awalnya Karisma ini dibentuk oleh seorang dokter yang menghasilkan 5(lima) toko yang kemudian berkembang banyak dan makin berkembang menjadi perusahaan, dan membuat pabrik sendiri di bidang percetakan yaitu paperplus.
Tujuan adalah mencapai keuntungan maksimum.  Pernyataan tentang visi dan misi yang jelas harus sesuai dengan budaya dan kebutuhan perusahaan dan kebutuhan pasar sehingga dapat menumbuhkan komitmen karyawan terhadap pekerjaan dan memupuk semangat kerja karyawan, menumbuhkan rasa keharmonisan di dalam kehidupan kerja karyawan, dan menumbuhkan standar kerja yang prima.
Perusahaan Karisma ini berdiri sekitar tahun 1999.  Perusahaan ini didirikan oleh seorang Bpk. Lyndon Saputra. Dan di dalamnya ada 2(dua) sekretaris yaitu Ibu Widya dan Ibu Winarti. Dalam perusahaan ini tidak ada yang disebut dengan bendahara karena keuangan ada diwewenang divisi.
Dan perlu diingat bahwa Karisma terdiri dari beberapa divisi, yang dimana setiap divisi dipimpin oleh masing- masing supervisor yang dibawah pengawasan  manager serta dan masing- masing divisi beranggotakan 15 sampai 25 orang.  Seperti masalah keuangan dipegang oleh divisi finance yang diketua oleh Bpk. Irawan.
 Karisma ini merupakan tempat yang sangat member manfaat bagi masyarakat sekitar, karena Karisma ini menghasilkan sejumlah perlengkapan alat tulis. Didalam perusahaan ini ada sebuah peraturan, diantara peraturannya yaitu :
a)      Diwajibkan kepada seluruh karyawan hadir pada hari senin samapi hari jum'at.
b)      Diwajibkan untuk hadir ditempat pukul 08:00 bagi karyawan.
c)      Dan diwajibkan kepada seluruh karyawan mengenakan kartu nama serta berpakaian rapih.
Dan bagi karyawan yang melanggar pada peraturan itu, yaitu:
a)  mendapat teguran lisan oleh divisi HRD (Human Resort Development)/ Operasional. Divisi ini juga mengurus peraturan, gaji, serta data masuk dan keluarnya karyawan di perusahaan ini.
b)  Apabila masih melanggar , maka akan diberikan surat peringatan pertama dan berlanjut samppai surat peringatan ketiga atau peringatan paling keras.
c) Dan jika masih melanggar maka di skorsing seminngu.
d) jika tetap melanggar, maka dikeluarkan secara tidak hormat.
Dan tentang pendapatan untuk staf karyawan nya itu ada 2(dua), yang pertama untuk karyawan tetap yang mendapatkan gaji UMR dan yang kedua karyawan harian lepas yang  mendapat upah dibawah UMR dan tergantung kesepakatan antara dua belah pihak.
Adapun produk  yang dijualnya, berupa alat tulis, buku tulis, buku bacaan, perlengkapan sekolah, dan alat tulis kantor (seperti pulpen, spidol, white board, dll).
Target pemasarnnya mulai dari kalangan sekolah, universitas, ataupun instansi- instansi yang berhubungan  dibidang ilmu pengetahuan seperti lembaga kursus, dan umumnya bagi siapapun yang memiliki hoby membaca dan menulis.
Target penggunanya diantaranya, yaitu mulai dari pelajar, guru, dosen maupun staf- staf perusahaan.  Tidak hanya itu, Karisma pun memiliki saingannya yaitu, dari toko- toko buku lainnya, pedagang buku asongan, maupun toko buku online yang menawarkan jasa pengiriman gratis.
Namun, Karisma ini yang bertujuan untuk menambah mudah kan masyarakat untuk memperoleh perlengkapan tulis, bacaan, ataupun perlengkapan belajar lainnya dan Karisma ini sudah tersebar diberbagai wilayah. Tidak hanya itu, Karisma pun memiliki saingannya yaitu, dari toko- toko buku lainnya, pedagang buku asongan, maupun toko buku online yang menawarkan jasa pengiriman gratis.
Tetapi, Karisma pun dipandang baik oleh masyarakat. Karena masyarakat antusias dan terbantu  untuk lebih mudah  dan nyaman ketika berbelanja perlengkapan belajar ataupun berbagai  macam buku , dan dengan adanya perusahaan Karisma ini, dapat membantu mengurangi pengangguran di masyarakat.
 Kesimpulan
Perusahaan Karisma merupakan sutu perusahaan yang tercipta dari toko- toko kecil yang kemudian menghasilkan beberapa produk tulis, dan berbagai peralatan tulis ataupun gambar serta melukis.
Dan Karisma juga menghasilkan berbagai macam buku baik buku tulis, ataupun buku bacaan yang sangat memberi manfaat bagi semua masyarakat terutama masyarakat yang dekat dengan perusahaan ini.
Daftar Pustaka
Rullih, karyawan Karisma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini