Rabu, 21 November 2012

Rahma Sari_JNR 1B_Tugas ke-2

-->
                                                                    PIZZAHUT
 (PT.SARI MELATI KENCANA)
Rahma Sari 1112051100033
I Latar Belakang
Ketertarikan saya dengan Pizzahut yaitu pada saat saya makan di Pizza, di sana saya selalu mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan. Bahkan membuat saya nyaman, sehingga saat saya ingin makan pizza tempat yang saya datangi adalah Pizzahut bukan tempat lain yang juga menyediakan menu pizza.
Pizza Hut merupakan jaringan restoran pizza yang terbesar di dunia, dengan hampir 18.000  cabang restoran yang tersebar di lebih dari 84 negara. Pizza Hut menyediakan bermacam pizza dengan topping yang berbeda-beda ada juga pasta, salad dan berbagai macam makanan lain dan minuman.

Pizza Hut yang terkenal dengan sebutan "Si Atap Merah" ini juga menjadi symbol pelayanan jasa restoran yang terbaik dari Maine, Hawaii, Australia, kepulauan Virginia, Taiwan sampai ke Indonesia.
Service atau pelayanan adalah kata yang selalu didengung-dengungkan oleh Pizza Hut. Pelayanan di tempat atau di rumah, dapat menjelaskan bagaimana kita berlaku lebih baik dalam pelayanan kita supaya bisa kompetitif. Kita memakai 'Table service" dan "Home Service" untuk menjelaskan standar kata yang biasa dipakai seperti : Casual dining atau Delivery atau Take Away.
Table service memiliki hal yang menarik khususnya di bidang dekor dan service, yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
Spesifikasinya table Service termasuk:
*      penuh senyum, keramah-tamahan dan kehangatan dari crew yang membuat Anda merasa nyaman
*      Anda merasakan kegembiraan para crew yang membawakan pizza yang luar biasa untuk Anda dan pengetahuannya tentang product
*      Seragam dan dekat restoran yang memancarkan hasrat dan kegembiraan yang dimiliki
II Pertanyaan Pokok Penelitian
1.Mengapa Pizzahut sangat mengedepankan pelayanan?
Aris Wibowo sebagai nara sumber menjelaskan bahwa pelayanan di Pizzahut itu diberikan kepada semua customer,baik dari kalangan menengah kebawah,maupun kalangan menengah keatas.Tidak ada pembedaan pelayanan yang dilakukan pada saat customer membeli pizza,baik untuk makan di restoran,take away,dan delivery.Saat pelayanan di restoran baik maka customer akan merasa nyaman dan puas.Rasa nyaman  dan puas customer itu yang selalu diusahakan Pizzahut,agar customer ingin kembali untuk membeli pizza.Tanpa rasa nyaman dan puas itu pelanggan tidak mungkin ingin kembali untuk membeli pizza d Pizzahut,customer akan pergi untuk mencari tempat lain.Tanpa adanya customer,Pizzahut tidak mungkin berkembang seperti saat ini.Oleh karena itu Pizzahut selalu memberikan pelayanan yang baik.
Berikut adalah budaya-budaya dalam lingkup pelayanan dalam Pizzahut : Memberi salam,Ramah,Memberikan pelayanan terbaik,"Customer Mania", Kerja keras,Rapi,Sopan,Smart, Mandiri,Dapat bekerja sama dalam team work.
2.Mengapa Pizzahut bisa terus bertahan dan berkembang sampai saat ini?
Ada beberapa alasan yang membuat Pizzahut bisa terus bertahan dan berkembang sampai saat ini, diantaranya :
1.Selalu ada inovasi hampir setiap bulannya,contoh : jenis pizza baru, pinggiran terbaru, pasta terbaru,dll.
2.Pelayanan yang baik dan ramah,sehingga custumer nyaman dan    selalu ingin datang kembali untuk membeli pizza.
3.Attitude karyawan yang baik,murah senyum,selalu memberikan pelayanan lebih kepada custumer.
Dari beberapa alasan tersebut sehingga pada tahun 1971,  diakui sebagai jaringan restoran pizza No.1 yang terbesar di dunia dari segi penjualan maupun dari segi jumlah cabangnya.
III Metode Penelitian
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dengan mengutamakan segi kualitas data dan memungkinkan dikumpulkannya sejumlah besar data secara rinci mengenai subyek penelitian.
Lokasi penelitian : Pizzahut Depok Dua tengah.
Tanggal penelitian: 11 November 2012.
IV Gambaran subyek penelitian
Yang menjadi nara sumber dalam wawancara ini adalah Asistent Manager Pizzahut Depok Dua Tengah yaitu Aris Wibowo.Aris Wibowo sudah bekerja di pizzahut selama 12 tahun.Posisinya sekarang ini tidak mudah di dapatkannya. Ia mulai bekerja sebagai Part time dengan posisi paling bawah yaitu steawerd, karena sikap rajin dan gigihnya tak lama kemudian Bowo di ajukan oleh manager untuk menjadi karyawan kontrak, ia terus melawati tahap-tahap Crew I,Crew II,Crew III dan Shif Leader.
V Analisis
Pizza Hut berdiri di Indonesia pertama kali tahun 1984 yaitu Pizza Hut Djakarta Theater, kemudian disusul oleh Pizza Hut Pondok Indah (tahun 1985) dan Pizza Hut Tebet (1987) dibawah PT. Trijaya Pelangi.Sedangkan PT. Sarimelati Kencana (PT. SMK) berdiri pada tanggal 16 Desember 1987.  PT SMK saat itu merupakan bagian dari PONDEROSA Group yang hampir semua bergerak di bidang restoran. Pada tahun 1994 PT Trijaya Pelangi bergabung dengan PT. Sarimelati Kencana, sambil membawa serta ketiga restoran Pizza Hut-nya.PT. SMK pertama kali berpusat di Djakarta Theater, kemudian di Kemayoran. Dan hingga saat ini sebagai Support Center bertempat di Gedung Graha Mustika Ratu lt.8, Jl. Gatot Subroto Kav 74-75, Jakarta. Sedangkan Genstore terletak di Jl. Parang Tritis Raya Blok A5 / C No. 15 A Ancol Barat, Jakarta Utara.
Jumlah total karyawan pada tahun 2009 ini +/- 8,500 orang dan jumlah karyawan Support Center +/- 250  orang serta genstore +/- 50 orang.
Pizzahut Depok Dua Tengah berdiri tanggal 18 Mei 2010,Jumlah karyawannya 52 orang. Pizzahut Depok Dua merupaka outlet ke 241. Di Pizzahut terdapat dua bagian,yaitu Foh (Front of house) dan Boh (behind of house).Tugas Foh adalah sebagai waitress yang memberikan pelayanan kepada customer,seperti :mengantar tamu sampai ke tempat duduk,mengambil pesanan,mengantar minuman,mengantar pizza,kasir,dll.
Tugas Boh di bagi menjadi beberapa section,yaitu :section topping,section pasta,section salad,dll.Produk-produk Pizzahut : appatizer,pizza,pasta,nasi,minuman,salad,dessert.
Struktur organisasi Pizza Hut Depok Dua Tengah adalah sebagai berikut:
1.      District Manager                                       :Edwin Redwina
2.      Area Manager (AM)                                 :Jaya Atmaja
3.      Restaurant Manager (RM)                        :I Wayan Budiarta
4.      Assistant Restaurant Manager (ARM)     :Aris Wibowo
5.      Shift Leader (SL)                                      :Amir Syarifuddin,Haris Rahmat
6.      Crew Trainer (CT)                         :Novi Adriani
7.      Crew                                                         :-
Saat ini Pizza Hut Indonesia memiliki 7 orang DM.
Para DM mensupervisi Area Manager (AM), yang pada saat ini berjumlah 35 orang.
Masing-masing AM mensupervisi 3-6 outlets, dimana setiap outlets/restoran dipimpin oleh seorang Restaurant Manager (RM). Seorang RM bertanggung jawab atas segala sesuatu di restorannya dengan dibantu oleh Asisten Restaurant Manager (ARM), dimana para ARM ini juga dibantu oleh Shift Leader (SL), Crew Trainer (CT) serta para crew demi kelancaran restoran/outlets.
Untuk jenjang karier di outlet dimulai dari karyawan :
  1. Tenaga Harian Lepas  /  Part Timer
  2. Kontrak Kerja Waktu Tertentu
  3. Karyawan Tetap / Full Time dari group I sampai  III
  4. Shift Leader
  5. Asisten Restoran Manager
  6. Restoran Manager
Kepemilikan perusahaan ini dipegang oleh bpk Alwin Arifin sebagai komisaris perusahaan dan Bpk Stephen James McCarthy sebagai Presiden Direktur.Dibawah kepemimpinan Bp. Stephen James McCarthy ada beberapa pimpinan departement yaitu :
  1. Bp. Budi Setiawan, Director Build out and Maintenance
  2. Bp. Jeo Sasanto sebagai Finance Manager
  3. Ibu.  Jane Soh sebagai Marketing Manager
  4. Ibu. Ike Wahyu Andayani sebagai QA Manager
  5. Bp. Koon Lip Kim sebagai Operation Manager
  6. Ibu. Florentia Ambar Sitompul sebagai HR Manager
  7. Bp. Rudy Herdianto sebagai SCM Manager
Pizza Hut Indonesia melayani customer di 3 segment yaitu :Dine In,Take Away,Home Service Delivery.
Essensi dari merk Pizza Hut adalah : "Pizza Hut. Pizza  terbaik yang berkualitas dalam satu atap" ("Pizza Hut.
The best Pizzas under one roof"). Dengan ciri khas merknya:menyenangkan, terkenal, ramah, dikenal (Fun, Famous, Friendly, Familiar). Dan jingle iklan Pizza Hut adalah Good Friend Great Pizza.
Motto: Pizza Hut is the best choice for every pizza occasion (Pizza Hut adalah pilihan terbaik untuk setiap acara pizza).
Misi Pizza Hut Indonesia adalah "menjadi pelopor restoran kelas menengah kasual di Indonesia yang menawarkan pengalaman luar biasa dan Pizza terbaik dengan harga yang terjangkau"("To be Indonesia's Leading Mid-Casual Dining Restaurant Offering Great Experience And The Best Pizza Meals At Affordable Value").
Target Pizzahut :Target pelanggan untuk keluarga dibagi 2 kelompok, yaitu: "Primary Service Target' dan "Primary House Target". "Primary Service Target" diutamakan untuk keluarga dengan anak-anak mereka yang berusia 5-12 tahun, yang mana mencari tempat makan yang nyaman dan terjangkau tetapi bisa membedakan antara restoran cepat saji dan makan santai. "Primary House Target" mengutamakan keluarga dengan anak-anak mereka yang berusia 13-18 tahun, yang mencari tempat makan yang strategis, terjangkau dan praktis untuk kehidupan mereka yang sangat sibuk diluar.
Target untuk para "kerabat/teman" mungkin lebih sulit dari yang pertama, tapi bisa diklasifikasikan sebagai anak-anak muda berusia antara 18-29 tahun yang mencari tempat untuk bersosialisasi, baik di restoran maupun di rumah.
CORE VALUE PIZZAHUT
Core Value berarti Nilai Utama, dan Core Value ini sangat penting sebagai landasan perusahaan untuk berkembang. Hal inilah yang menjadi dasar bagi PT. Sarimelati Kencana untuk mencanangkan Core Value pada tanggal 11 Pebruari 2001. Dan diperkenalkan kepada karyawan Pizza Hut Indonesia pada acara RM Banquet Award 2001. Salah satu contoh perusahaan besar yang memiliki Core Value adalah Walt Disney.
PT. Sarimelati Kencana memiliki 4 Core Value, yaitu:
1.      Integritas/ Integrity
2.      Keunggulan / Excellent
3.      Pertumbuhan usaha / Organizational Growth
4.      Keuntungan / Profitability
CORE VALUE ini dapat diterapkan dalam kehidupan dan dalam pekerjaan kita sehari-hari.
Daftar Pustaka
Exercise Activity Program (EAP) Company Profile& Core Value Pizzahut
Sunarto,Kamanto,2004.Pengantar Sosiologi,cetakan ke-3,Jakarta:Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini