Rabu, 21 November 2012

institusi sosial bisnis_Lilis Yuniarsih_JRN IB_Laporan ke-2


TOKO ACTION FIGURE DAN ANIME JEPANG (PIKA TOYS)
OLEH : LILIS YUNIARSIH
(1112051100048)


I.                  Latar Belakang
 
Anime adalah animasi khas Jepang yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga atau komik khas Jepang. Di Indonesia, jumlah para pecinta anime tidak sedikit. Bahkan kebanyakan diantara mereka suka meniru tokoh-tokoh tersebut. Ada yang suka mengoleksi gambarnya, kostumnya, gayanya, dan lain-lain. Bahkan di Indonesia juga ada yang namanya cosplay. Cosplay adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, manhwa, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku cosplay disebut cosplayer. Kemudian banyak bermunculan pula komunitas-komunitas dikalangan remaja maupun dewasa yang menggemari anime atau action figure jepang.
      Dengan banyaknya minat tersebut munculah sebuah ide usaha dari seorang bernama Rico yang juga memiliki hobi mengoleksi action figure dan anime jepang serta pernak-pernik dan kostum berbau jepang. Mulanya memang hobi namun seiring berjalannya waktu ia pun mencoba untuk mengembangkannya menjadi sebuah usaha yang menguntungkan dan dapat menjamin kehidupannya.
      Alasan saya memilih judul ini karena saya termasuk orang menyukai hal-hal yang berbau jepang, apalagi anime dan action figurenya. Selain itu saya juga ingin banyak belajar dari penelitian saya kali ini, karena saya berkeinginan untuk memiliki usaha seperti ini.
 
II.               Pertanyaan Pokok Penelitian
 
1.      Bagaimana awalnya anda mendirikan usaha bisnis ini ?
Awal mula saya memulai bisnis ini adalah karena saya memiliki hobby mengoleksi action figure yang bermacam-macam jenisnya dan saya juga menyukai segala hal tentang anime jepang, sebab itu saya mulai berfikir bagaimana jika saya membuka usaha yang saya sukai  ? Saya pun akan merasa enjoy saat menjalaninya dan tidak terlalu menjadi beban.
 
2.    Mengapa anda memilih usaha bisnis seperti ini ?
Karena hobby, saya mulai menekuni usaha seperti ini berawal hobby saya. Hmm.. Saat saya mulai hobi mengumpulkan berbagai jenis barang-barang yang menjadi koleksi saya sekarang ini saya selalu mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan yang saya inginkan, saat itu jarang sekali toko yang menyediakan barang-barang action figurea atau anime jepang. Karena itulah saya memiliki ide untuk memulai usaha bisnis seperti ini dan saya berharap usaha yang saya tekuni ini bisa dinikmati oleh semua pecinta action figure/ anime japan agar mereka mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa harus mencarinya ke luar negeri.
 
III.           Metode Penelitian
 
Metode yang saya gunakan pada penelitian kali ini sama dengan penelitian saya sebelumnya. Yaitu dengan menggunakan metode kualitatif. Saya melakukan wawancara dengan pemilik usaha bisnis ini yaitu Rico dan salah satu karyawannya bernama Alvia, yaitu pada :
Waktu :     Hari Minggu, tanggal 18 November 2012.
                  Pukul 15.00-17.00 WIB
Tempat :    Giant Mega Bekasi, Blok GF 447 448.
 
IV.           Gambaran Subjek/ Objek Penelitian
Pika Toys adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam pernak-pernik anime jepang atau action figure. Usaha ini berdiri sejak tahun 2007 dan hingga saat ini telah memiliki 3 cabang yaitu PIKA TOYS daerah Tambun, Agus Salim, dan Mall Mega Bekasi. Dan dalam waktu dekat ini berencana akan membuka cabang toko ke-empat tepatnya berada di Summarecon. Tidak hanya menjual pernak-pernik dan action figure saja tetapi Pika Toys juga menyediakan kostum bagi para pecinta cosplay.
 
V.               Analisis
Pika Toys adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam pernak-pernik anime jepang atau action figure, dan juga kostum-kostum jepang dengan berbagai jenis dan pastinya unik-unik. Usaha bisnis ini sudah berdiri sejak tahun 2007. Saat ini Pika Toys telah memiliki 3 cabang di daerah Bekasi, yaitu di daerah Tambun, Agus Salim, dan Mall Mega Bekasi. Rencananya pemilik usaha bisnis ini akan membuka cabang baru di Summarecon.
Pemilik Pika Toys awalnya hanya sekedar hobi mengumpulkan berbagai macam action figure atau anime jepang, lalu karena ia merasa sulit mendapatkannya di Indonesia ia pun harus rela sampai keluar negeri untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Sejak saat itulah muncul sebuah ide untuk mendirikan usaha tersebut, karena ia merasa toko yang menjual berbagai pernak-pernik jepang masih jarang ditemui. Selain menyalurkan hobinya usaha ini pun mendapat reaksi yang positif dari masyarakat, terutama bagi para pecinta jepang. Mereka akan lebih mudah mendapatkan apa yang mereka cari dan yang mereka sukai tentunya. Ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Pihak yang menjual akan diuntungkan dengan hasil penjualannya, sedangkan bagi pembeli mereka akan sangat diuntungkan karena untuk mendapatkan apa yang mereka cari mereka tidak perlu jauh-jauh keluar negeri untuk mendapatkannya karena di Jakarta pun ada.
       Peminat anime jepang/action figurenya akan sangat berkembang apabila toko-toko seperti Pika Toys berjamuran diberbagai daerah di Indonesia. Ditambah lagi dengan acara-acara cosplay yang sering diadakan disejumlah mall atau kampus di Jakarta. Semakin banyak cosplayer yang ikut serta maka akan semakin menambah pundi-pundi rupiah yang dapat mereka raup dari penjualan kostum maupun pernak-pernik/ aksesoris lainnya. Ini akan sangat menguntungkan karena selain dapat menyalurkan hobi bisnis ini juga dapat menambah penghasilan yang dapat menjamin kehidupan si pemiliknya.
 
 
VI.           Daftar Pustaka    
 
http://id.wikipedia.org
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini