Rabu, 21 November 2012

INSTITUSI BISNIS_YASIRARAFAT_JURNALISTIK 1B_LAPORAN KE2

INSTITUSI BISNIS (WARTEG/WARUNG TEGAL)
YASIR ARAFAT (NIM 1112051100049)
JURNALISTIK 1 B
I.                   Latar Belakang
Di Indonesia banyak sekali terdapat warteg (warung tegal) yang sudah sangat familiar dikenal oleh masyarakat Indonesia. khususnya masyarakat menengah ke bawah yang datang ke warteg untuk memenuhi kebutuhan jasmani nya. dalam memenuhi kebutuhan  jasmani nya yaiut dengan cara datang langsung ke warteg yang di inginkan lalu memesan makanan nya dan memilih laukpauk nya maka langsung di sediakan oleh para pelayan nya. Keberadaaan warteg itu memang menjadi sangatlah penting bagi kalangan masayarakat menengah ke bewah. Kehadirannya (keberadaan nya) dirasa sangatlah bermanfaat sekali dalam memenuhi hasrat akan kebutuhan jasmani masyarakat yang menggemarinya.

Dari sekian banyak warteg yang ada di Indonesia, salah satu warteg yang sudah    tidak asing lagi bagi para pengunjungnya yang kebanyakan adalah para pelajar (santri) yaitu warteg. BAROKAH tapi anak-anak lebih mangenal nya dengan sebutan warteg Mas pri. karna pemilik warteg tersebut bernama mas oleh karna itu dia melihat peluang bisnis yang terbuka untuk mengambil banyak keuntungan dalam bisnis ini melihat tempat nya yang sangat strategis dekat dengan sekolahan jika bel istirahat sudah berbunyi maka dimulailah kesibukan mas pri dan istri nya untuk melayani para pembeli yang kebanyakan anak-anak sekolahan.
II.                Pertanyaan Pokok Penelitian
  1. Apa yang menyababkan mas pri berani mebuka usaha warteg ini ?
Yang membuat saya berani untuk membuka usaha warung makan ini adalah karna dorongan dari keluarga untuk mengangkat ekonomi keluarga agar menjadi lebih baik dan agar bisa untuk menambah penghasilan sehari-hari saya.
  1. Bagaiman prospek nya setelah dua tahun anda membuka wateg ini ?
Ya allhamdulilah seperti jawaban yang pertama tadi kalau warteg ini cukup di minati sama anak-anak sekolah ya cukuplah untuk menambah penghasilan saya sehari-hari untuk menghidupi anak dan istri saya dirumah dan alhamdulillah nya lagi saya bisa ngotrak di kontrakan yang sedikit lebih bagus.
III.             Metode Penelitian
Dalam penelitian yang ke 2  ini, saya menggunakan metode kualitatif. Berbincang ngobrol dengan pemilik werteg karna mengingat jangka waktu yang pendek maka metode inilah yang menurut saya paling cocok untuk penelitian seperti ini.
Waktu : Minggu, 18 November 2012 Pkl. 15.30 – 17.00 WIB
Lokasi : MA. Attaqwa pusat Ujung harapan, bahagia, bekasi
IV.             Gambaran Subyek
Mas pri, adalah pemilik warung makan tersebut. dan bertugas untuk mengawasi dan melayani pembeli bersama sang istri pekerjaannya setiap harinya dengan tujuan mendapatkan hasil kerja yang baik dan ketercapaian target yang diinginkan. Beliau adalah orang yang bertanggung jawab atas kinerjanya sendiri dan orang yang konsisten dengan apa yang dilakukan atau di kerjakan nya.
V.                Analisis
Warung makan ini bekerja sama dengan pihak sekolahan untuk bisa berjualan di sekolah tersebut agar bisa bekerja dengan aman dan nyaman yang membuat para menarik para pembeli agar mau makan di warung makan nya. 
Dari penelitian yang saya lakukan, jam buka warung makan tersebut yaitu buka dari hari senin -  sabtu mulai dari jam 07.30 – 20.00 wib dan sang pemilik meberikan tips dalam berusaha yaitu :    
TIPS DALAM BERUSAHA
Dalam menjalankan usaha warteg(warung makan), maka perlu diperhatikan faktor-faktor yang menunjang keberhasilan usaha, antara lain :
    • Lokasi usaha
    • Makanan yang ditawarkan
    • Harga jual
    • Kontinuitas bahan baku
    • Tenaga kerja
VI.             Daftar Pustaka
Bapak Supriyanto (Mas pri), pemilik warung makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini