Rabu, 21 November 2012

INSTITUSI BISNIS_ALIEF MUMTAZ_JNR1B_Laporan ke 2‏


COMMET JERSEY SHOP wadag bagi mahasiswa UIN
M. ALIEF MUMTAZ NADIBY
1112051100056


LATAR BELAKANG

Sejak dahulu olahraga sangat diminati  oleh semua kalangan khususnya dalam bidang sepakbola. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan hingga orang tua sekalipun.  Selain dapat menyegarkan badan dan menjadi lebih sehat jasmani dan rohani, orang-orang yang melakukan olahraga secara rutin juga dapat menjaga fisik dan kebugaran .
Akhir-akhir ini olahraga yang mendunia adalah sepakbola. Di belahan dunia manapun olahraga sepak bola sangat diminati oleh semua kalangan. Tidak memandang genre atau jenis kelamin, olahraga sepakbola dan saat ini juga menarik perhiatian kaum wanita. Wanita menganggap sepak bola tidak harus di ganderungi oleh laki-laki saja, kaum mereka pun juga dapat melakukannya. Banyak kompetisi yang di selenggarakan di jenis olahraga ini, sebut saja UEFA CHAMPIONS LEAGUE yang selalu di tunggu oleh semua kalangan di seluruh penjuru dunia. Walaupun ajang ini ada setiap tahunnya, kehadiran  nya selalu menarik  peminat yang sangat banyak khususnya pecinta sepakbola eropa.
Seiring perkembangan zaman, para penjual baju (jersey) olahraga kian laris dan memiliki banyak peminatnya, masyarakat pun tidak ragu untuk mendukung tim kesayangannya dengan membeli jersey tim tersebut walaupun harganya tidak murah (original). Commet Jersey Soccer Shop adalah salah satu toko yang menjual jersey-jersey tim lokal maupun mancanegara dan menjual macam-macam sepatu sport original.   


`              
II. PERTANYAAN POKOK PENELITIAN
                           
PERTANYAAN POKOK :
1.      Mengapa anda memilih bisnis jersey tim sepakbola?
2.      Strategi apa yang anda gunakan agar bisnis anda ini menarik banyak peminat?



III.    METODE PENELITIAN
 Metode yang saya ambil adalah metode kualitatif, dikarenakan metode ini dapat saya lakukan secara langsung dengan seseorang yang akan saya temui. Dan dengan menggunakan metode ini, maka data yang saya dapat lebih meyakinkan.
Lokasi                         : Commet Jersey Soccer Shop
                                      Jl.semanggi II , Ciputat Tangerang Selatan.
Waktu                                     : Selasa, 20 November 2012
                                      Pukul 12:30 WIB





                 
IV.  GAMBARAN SUBJEK DAN OBJEK PENELITIAN

 Objek penelitian yaitu Commet Jersey Soccer Shop  di Jl. Moh. Hatta Pondok Cabe, Pamulang denga kode pos 15417 Tangerang Selatan.
 Toko ini merupakan wadah bagi masyarakat daerah sekitar ciputat khususnya para mahasiswa/i yang mayoritas adalah sebagai pelanggan toko ini.
Pendirinya adalah Bapak Mohammad Fikri. Beliau adalah seorang mahasiswa UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA prodi sastra inggris fakultas adab dan humaniora yang memanfaatkan peluang bisnis dikawasan kampus UIN.







V.    ANALISIS

Melihat dari sisi positif  yang memanfaatkan peluang bisnis dikawasan mahasiswa UIN. Beliau lalu memikirkan untuk membuat suatu bisnis yang mengikuti perkembangan jaman pada mahasiswa dalam kegemaran sepakbola. Bersangkutan dengan hobi yang ia gemari akhirnya bisnis yang ia ingin dirikan akhirnya terwujud.
Alasan beliau memilih bisnis ini di karenakan banyak pendukung tim sepakbola mancanegara maupun lokal disekitar mahasiswa UIN tetapi tidak ada yang menjual jersey didaerah ciputat dengan kualitas original. Menurutnya ada penjual jersey didaerah pamulang tetapi itu terlalu jauh bagi mahasiswa yang ngekost maka dari itu menurut beliau peluang bisnis ini memiliki prospek yang cerah untuk kedepannya sekaligus ini juga menjadi hobby beliau sebagai pecinta tim sepakbola eropa.   Menurutnya strategi yang ia gunakan untuk menarik peminatnya dapat berjalan terus-menerus adalah tempatnya terjangkau bagi para mahasiswa UIN karena masih berada dalam lingkungan kampus, beliau pun menetapkan harga yang terjabgkau untuk para mahasiswa dengan perincian sebagai berikut :
-          Jersey player issue : Rp. 165.000,00
-          Jersey grade ori : Rp. 150.000,00 
           















 NARASUMBER : Mohammad Fikri (commet jersey soccer shop)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini