Rabu, 21 November 2012

Qoribatul Choiriyah JRN 1B - Laporan 2 (tugas ke 6) - Institusi Bisnis

Judul Penelitian          : Pika Toys (toko khusus anime japan / action figure) –  Institusi Bisnis

Peneliti                         : Qoribatul Choiriyah (1112051100055) – Jurnalistik

 

I.            Latar Belakang

 

Institusi bisnis secara tidak langsung sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Institusi ini merupakan suatu unsur yang terpenting dalam masyarakat. Dalam institusi bisnis terdapat segala macam bidang yang dapat ditemukan. Pengertian institusi bisnis sendiri adalah  suatu strukur atau tatanan sosial yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan masyarakat dengan cara yang menguntungkan.

 

Salah satu contoh yang saya pilih sebagai subyek penelitian kali ini adalah Toko PIKA TOYS, sebab saya memilih institusi bisnis dalam bidang ini adalah karena letak toko ini dekat dengan lingkungan tempat tinggal saya dan juga dikarenakan salah satu karyawan dari toko tersebut merupakan sahabat saya.

 

II.            Pertanyaan Pokok Penelitian

 

a.       Bagaimana awal mula berdirinya usaha bisnis ini ?

 

Awal mula saya memulai bisnis ini adalah bermula  saya memiliki hobby mengoleksi action figure yang bermacam-macam jenisnya dan saya juga menyukai tentang anime japan, sebab itu saya mulai berfikir bagaimana jika saya membuka usaha yang saya sukai  ? Saya pun akan enjoy saat menjalaninya dan tidak terlalu menjadi beban.

 

b.      Mengapa anda memilih usaha bisnis seperti ini ?

 

Karena hobby , saya mulai menekuni usaha seperti ini diawali dengan hobby saya. Hm.. Saat saya menjalani hobby saya ini saya selalu mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan barang-barang yang saya inginkan, saat itu jarang sekali toko yang menyediakan tentang barang-barang action figure / anime japan. Karena itulah saya memilih usaha bisnis sperti ini dan saya juga berharap usaha yang saya tekuni ini bisa dinikmati oleh semua pecinta hobby pengoleksi action figure / anime japan.

             

III.            Metode penelitian

 

Metode Penelitian       : Metode Kualitatif

 

Lokasi Penelitian         : Giant Mega Bekasi, Blok GF 447 448

 

Waktu Penelitian         : 15.00-17.00, 18 November 2012

 

Nara Sumber               :  Rico (pemilik toko) dan alvia (karyawan toko)

 

 

IV.            Gambaran Subyek / Obyek Penelitian

 

Dalam penelitian institusi bisnis, saya memilih sebuah toko PIKA TOYS.  Toko ini menjual tentang pernak-pernik anime japan atau action figure yang bernacam-macam jenisnya dan memiliki bentuk-bentuk unik. Dalam penelitian ini saya mancari data tentang institusi bisnis ini, mengenai latar belakang didirikannya institusi bisnis tersebut dan mengapa pemilik toko memilih mendirikan usaha dalam bidang seperti ini.

 

V.            Analisis

 

PIKA TOYS adalah salah satu contoh kecil institusi bisnis yang berlatar belakang usaha bisnis yang, yang pada awalnya adalah hanya sebuah hobby yang terus ditekuni namun . institusi bisnis ini sudah berdiri sekitar 5 tahun yang lalu tepatnya berdiri pada tahun 2007. Bisnis ini didirikan oleh seorang lelaki yang bernama Rico. Bermula pada kegemarannya mengoleksi tentang segala hal yang berbau anime jepang atau action figure.

 

Namun dalam menyalurkan hobby-nya tersebut ia selalu mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan barang-barang action figure / anime jepang, karena itulah ia mulai memutar otak dan muncul-lah suatu pertanyaan "bagaimana cara agar saya dan mereka semua yang memiliki hobby yang sama seperti saya bisa mendapatkan barang-barang yang unik (action figue / anime jepang) mudah untuk didapatkan dan dikoleksi ?" . berawal dari itulah kemudian ia mulai memberanikan diri menciptakan suatu usaha yang dimana bidang usaha yang ia tekuni adalah sesuatu yang sangat erat kaitannya dalam kehidupannya agar dalam menjalani segala usahanya ia merasa senang dan tidak terlalu menjadikan beban.

 

Sampai saat ini, ia terus mengembangkannya sehingga menjadi institusi bisnis yang memberikan penghasilan tetap yang menjaminkan dalam hidupnya. Walaupun umurnya terbilang masih muda. Ia terus berusaha mengembangkan bisnis ini semaksimal mungkin.

 

Kini total cabang toko yang ia miliki sudah ada 3 cabang, yaitu PIKA TOYS daerah Tambun, Agus Salim, dan Mall Mega Bekasi. Namun dalam waktu dekat ini akan berencana membuka cabang toko ke-empat tepatnya berada di Summarecon Bekasi.

 

Mayoritas barang-barang yang ia tawarkan kepada pembeli atau pecinta action figure / anime japan merupakan barang-barang impor yang berasal dari negara China, namun ada pula beberapa barang yang berasal dari dalam negeri. Ia berusaha memberikan kualitas yang terbaik atas segala barang-barang yang ia tawarkan kepada customer-nya. Berharap agar semua customer yang mengunjungi tokonya merasa puas dan senang. Singkatnya PIKA TOYS selain berfungsi sebagai toko mainan dan action figure / anime japan.  PIKA TOYS juga merupakan wadah untuk para penggemar action figure serta bisa menjadi sahabat dekat kolektor yang menggemari action figure / anime japan.

 

Walaupun berawal hanya dari sebuah hobby, Pendiri usaha ini bisa menciptakan suatu usaha bisnis. Dimana usaha itu merupakan usaha kecil pada awal berdirinya, namun dengan sikap kekonsistennya dan ketekunannya yang ia miliki. Kini usaha bisnis itu menjadi bisnis yang menjanjikan bagi kehidupannya pribadi ataupun bagi keluarganya.

 

PIKA TOYS  juga bisa menjadi sebuah peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan pekerjaan. Bisa dikatakan ia bisa menciptakan usaha kecil namun bisa menimbulkan rmanfaat bagi masyarakat sekitar. Ia bisa menyediakan kesempatan bagi masyarakat yang belum mempunyai penghasilan ekonomi yang tetap.

 

Usaha kecil merupakan bagian unsur kecil dari dunia usaha nasional yang mempunyai kedudukan,  potensi dan peranan yang sangat strategis dalam mewujudkan tujuan pembangunan nasional. Mengingat peranannya dalam pembangunan, usaha kecil harus terus dikembangkan dengan semangat kekeluargaan, saling isi mengisi, saling memperkuat antara usaha yang kecil dan besar dalam rangka pemerataan serta mewujudkan kemakmuran yang sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

DAFTAR PUSTAKA

-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini