Rabu, 21 November 2012

AnggaSatria_jurnalistik1B_tugas wawancara2

Judul  Penilitian : Peluang Bisnis Di Bidang Olahraga
Peneliti :
Angga Satria Perkasa
JURNALISTIK 1B
1112051100045


I.        LATAR BELAKANG

Sejak dahulu olahraga sangat di ganderungi  oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan hingga orang tua sekalipun.  Selain dapat menyegarkan badan dan menjadi lebih sehat, orang-orang yang melakukan olahraga secara rutin juga dapat melatih tingkat emosional. Bermacam-macam  jenis olahraga yang diminati oleh semua orang. Antara lain olahraga air, olahraga didalam ruangan, hingga olahraga yang bersifat ekstrim (olahraga yang berbahyaa).
Akhir-akhir ini olahraga yang mendunia adalah sepakbola futsal. Di belahan dunia manapun olahraga sepak bola sangat diminati oleh semua kalangan. Tidak memandang genre atau jenis kelamin, olahraga sepakbola dan saat ini juga menarik perhiatian kaum wanita. Wanita menganggap sepak bola tidak harus di ganderungi oleh laki-laki saja, kaum mereka pun juga dapat melakukannya. Banyak kompetisi yang di selenggarakan di jenis olahraga ini, sebut saja FIFA WORLD CUP  yang selalu di tunggu oleh semua kalangan di seluruh penjuru dunia. Karena kompetisi ini di selenggarakan empat tahun sekali, kehadiran  nya selalu menarik  peminat yang sangat banyak. Di Indonesia sendiri juga sangat banyak kompetisi yang di selenggarakan oleh pihak PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) yang tidak kalahnya menarik banyak pasang mata untuk menyaksikan pertandingan yang di siarkan di televise.
Seiring perkembangan zaman, olahraga yang sampai saat ini masih banyak peminatnya ada pula olahraga yang masih bersangkutan dengan bola yaitu FUTSAL. Beda nya dengan sepakbola yang memainkan sebelas orang setiap tim nya, futsal hanya memainkan lima orang dari setiap tim. Hal ini dikarenakam lapangan futsal yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepakbola. Tetapi tidak menjadikan peminat jenis olahraga ini sedikit, karena di Indonesia sendiri juga sangat banyak yang menggilai olahraga futsal ini. Mulai dari anak-anak, remaja, dan orang-orang kantoran sekalipun. Anak-anak sekolah dan mahasiswa banhkan rela menyempatkan waktu seusai mereka menuntut ilmu untuk melakukan kegiatan olahraga futsal.
Dengan banyaknya peminat futsal menjadikan orang-orang yang berjiwa bisnis untuk membuka peluang bisnisnya di bidang olahraga ini. Karena menurut mereka dengan membuat bisnis dibidang olahraga futsal ini, mereka akan mendapatkan banyak keuntungan. Karena  futsal tidak hanya dimainkan siang hingga sore hari saja, malam hari pun masih banyak peminatnya. Sebut saja orang-orang kerja yang jam pulang kantor nya hingga malam harin tetapi tidak menutup kemunginan mereka untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga futsal terlebih dahulu sebelum beristirahat dirumah. Dengan mendirikan penyewaan lapangan futsal mereka dapat memperoleh keuntngan yang melimpah, karena untuk menyewa lapangan futsal di kenakan tarif 100 hingga 250 ribu per jam nya.


`              
II. PERTANYAAN POKOK PENELITIAN
                           
PERTANYAAN POKOK :
1.      Mengapa anda memilih bisnis di bidang olahraga?
2.      Strategi apa yang anda gunakan agar bisnis anda ini menarik banyak peminat?
3.      Apa alasan anda lebih memilih untuk membuka usaha penyewaan lapangan futsal?
4.      Berapakah modal yang anda keluarkan untuk mendirikan bisnis ini?
PERTANYAAN TAMBAHAN :
1.      Sejak kapan bisnis penyewaan lapangan futsal ini anda dirikan?
2.      Siapa sajakah yang biasa menyewa lapangan futsal ditempat anda ini?
3.      Dari pukul berapa hingga pukul berapa anda membuka bisnis penyewaan lapangan futsal ini?
4.      Adakah kalangan wanita yang bermain dan menyewa lapangan futsal ditempat anda ini?
5.      Ada berapa banyak lapangan yang anda sediakan untuk disewakan?
6.      Berapakah tarif yang anda kenakan untuk penyewaan lapangan futsal anda ini setiap jam nya?
7.      Berapa jumlah karyawan yang anda pekerjakan setiap harinya?
8.      Berapakah gaji yang diperoleh karyawan bapak tiap bulan nya?
9.      Berapakah omset (pedapatan) anda setiap bulan nya?
10.  Apakah ada perawatan khusus untuk lapangan futsal yang anda sewakan ini? Jika ada, apa saja perawatan yang dilakukan? Dan berapakah  biaya yang anda keluarkan umtuk melakukan perawatan tersebut?





III.    METODE PENELITIAN


Metode yang digunakan : Kualitatif. Yaitu metode sosiologi yang prosesnya mengambil data secara langsung, dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara terhadap narasumber.
Wawancara ini dilakukan pada :
Lokasi : FUTSAL CAMP Ciputat, Tangerang Selatan
Tanggal : 17 November 2012
Waktu : Pukul 14.00 WIB



                 
IV.  GAMBARAN SUBJEK DAN OBJEK PENELITIAN

Bapak Yusuf Yanuar (Tangerang, 12 Januari 1975) adalah seorang pemilik usaha penyewaan lapangan futsal di daerah Ciputat, Tangerang Selatan.  Beliau adalah pensiunan dari salah satu universitas swasta di Jakarta. Beliau sudah menjabat sebagai kepala suku bagian tata usaha di universitas swasta di Jakarta selama 15tahun. Ia selalu menjadi panutan di tempat kerja nya karena sifat penyabar, rendah diri, dan ide kreatif untuk kemajuan universitas dimana ia bekerja.
Setelah pensiun dan keluar dari universitas tersebut, beliau selalu mengamati perkembangan masyarakat di bidang olahraga Ia memang memiliki hobi bermain sepakbola dan futsal sejak ia masih duduk dibangku sekolah dasar. Hingga saat ini pun ia masih suka meluangkan waktunya sejenak untuk melakukan olahraga futsal.




V.    ANALISIS

Melihat dari sisi positif perkembangan masyarakat dibidang olahraga terutama futsal, beliau lalu memikirkan untuk membuat suatu bisnis yang bersangkutan dengan olahraga futsal. Bersangkutan dengan hobi yang ia gemari akhirnya bisnis yang ia ingin dirikan akhirnya terwujud.
Alasan beliau memilih membuka bisnis penyewaan lapangan futsal ini di karenakan peminat futsal akhir-akhir ini sangat banyak,dan ia enjoy menjalankan bisnis ini karena bisnis penyewaan lapangan futsal tersebut sangat berhubungan dengan hobinya. Strategi yang ia gunakan untuk menarik pemunat dan bisnis nya dapat berjalan terus-menerus adalah dengan menerapkan sistem diskon bagi pelajar dengan menunjukan Kartu Tanda Pelajar atau Kartu Tanda Mahasiswa. Dengan begitu para pelajar dan mahasiswa tertarik dan menjadi langganan bermain di lapangan futsal beliau. Adapun modal yang ia keluarkan untuk mendirikan bisnis penyewaan lapangan futsal ini sekitar  120juta. Itu belum termasuk pembelian lahan parkir yang luas, beliau menyebut  kisaran rtotal rupiah sebanyak 200juta untuk semuanya. Tidak hanya kaum laki-laki, kaum wanita pun ada yang bermain dan menyewa lapangan futsal ditempat bapak Yusuf. 
Dalam seminggu beliau membuka bisnis penyewaan lapangan futsal nya ini. Adapun jam operasinya, ia membuka dari pagi pukul 09.00 higga pukul 08.00 malam, sedangkan weekend ia menutup tempat penyewaan lapangan futsalnya pada pukul 11.00 malam. Terdapat 5 lapangan yang ia sediakan untuk di sewakan oleh penggemar olahtaga futsal dengan tarif yang ia kenakan 100 hingga 250 ribu tiap jam nya.
Beliau memperkerjakan 6karyawan setiap harinya. Ada yang ia pekerjakan di bagian kasir, penjaga parkir, maupun  satpam. Gaji yang di berikan bapak Yusuf kepada para karyawannya berkisar 1 hingga 1,5 juta per bulan nya.
Pendapatan yang diperoleh bapak Yusuf ini cukup menjanjikan, karena setiap bulannya ia memperoleh 10juta dari bisnis penyewaan lapangan futsal nya ini. Itu belum termasuk biaya-biaya yang ia keluarkan untuk membayar listrik, pajak Negara, dan biaya perawatan lapangan yang setiap bulannya di bersihkan oleh ahli lapangan dari orang-orang ertentu yang beliau bayar. Adapun perawatan tersebut berupa pembersihan lapangan vinile atau lapangan karet, dan pencucian lapangan sintetis yang menggunakan rumput sintesis khusus.



            NARASUMBER : Bapak Yusuf Yanuar (Pemilik FUTSAL CAMP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini