Rabu, 21 November 2012

AchmadFauzi_jurnalistik1B_TugasWawancara2

Judul Penelitian : Merintis Usaha Melalui Bengkel
Achmad Fauzi
1112051100046
 
 
I.                    LATAR BELAKANG
Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan sistem dan subsistem.
Dunia otomotif sangatlah digemari oleh semua kalangan, tidak hanya orang dewasa anak muda pun menggemari dunia otomotif bahkan kaum hawa sekalipun, terutama sepeda motor. Dunia otomotif juga termasuk didalam kategori olahraga yaitu olahraga balap, sangat banyak penggemar olahraga balap hampir semua kalangan suka dengan olahraga balap. Sepeda motor kendaraan roda dua yang sekarang hampir setiap kalangan muda, tua, pria, dan wanita memilikinya, kendaraan ini sangat mempunyai nilai guna bagi manusia apalagi di zaman modern seperti sekarang dan sudah lahir beberapa merek atau jenis sepeda motor seperti sepeda motor automatic dan sepeda motor manual.
 
 
 
 
 
 
II.                  PERTANYAAN PENELITIAN
I.                    PERTANYAAN POKOK
-           Alasan  membuka bengkel?
-          Tujuan pertama membuka bengkel?
II.         PERTANYAAN TAMBAHAN
-           Sejak kapan bengkel ini berdiri?
-          Sampai saat ini sudah berapa karyawan yang bekerja di bengkel ini?
-          Apakah bengkel ini sudah memiliki cabang?
                        III         METODE PENELITIAN
                              Metode yang digunakan : Kualitatif. Yaitu metode sosiologi yang prosesnya mengambil data secara langsung, dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara terhadap narasumber.
Wawancara ini dilakukan pada :
Lokasi : Bengkel 645 Mandiri,  Larangan Utara, Ciledug Tangerang
Waktu : pukul 20.15 WIB
                        IV         GAMBARAN SUBJEK DAN OBJEK PENELITIAN
                                    Jimi Susanto (Surabaya,12 Agustus 1982) mendirikan bengkel 645 Mandiri sejak lulus Sekolah Menengah Kejuruan yaitu pada usia 18 tahun, berawal dengan alat-alat bengkel yang sederhana sampai saat ini mempunyai alat-alat bengkel yang modern dan lebih canggih. Bengkel ini sudah cukup terkenal di daerah Tangerang dan sekitarnya, dan sudah sangat terpercaya karena keahlian mekaniknya.
                        V          ANALISIS
                                    1.alasan didirikannya bengkel ini menurut beliau ialah agar memudahkan masyarakat yg mempunyai masalah terhadap sepeda motor untuk memperbaikinya.
                                    2.tujuan awal mendirikan bengkel menurut beliau ialah untuk mencari nafkah dan membantu meringankan beban orang tua, juga mengasah skill yang sudah dimiliki.
                                    3.Bengkel ini berdiri sejak tahun 2000 tepatnya bulan Februari.
                                    4.Sebenarnya bukan karyawan, bengkel ini sekarang sudah ada 3 mekanik, dan 3 mekanik itu: beliau dan adik-adiknya yang kebetulan bergelut dan suka dengan otomotif
                                    5.Sekarang bengkel 645 Mandiri sudah memiliki cabang yaitu di Bintaro yang bernama 645 Junior dan di joglo yang bernama 645 evolution.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
DAFTAR PUSTAKA
Narasumber : Jimi Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini