Rabu, 16 September 2015

Ayu Kurniasih_Jurnalistik 1/A_komunitas, organisasi dan kelompok sosial dalam perspektif sosiologi

Nama               : Ayu Kurniasih

NIM                : 11150510000005

Jurusan/kelas   : Jurnalistik/1A

Tugas 1

Definisi Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial dalam Perspektif Sosiologi

1.      Definisi

a.       Definisi komunitas

Komunitas adalah kumpulan dua orang atau lebih yang terbentuk karena adanya kesamaan minat atau kegemaran dan dibentuk tanpa tujuan yang pasti. Komunitas biasanya tidak mengandung aturan-aturan atau hukum yang mengikat anggota di dalamnya.

Sedangkan jika ditinjau dari segi bahasa, komunitas berasal dari kata community atau communire (latin) yang artinya memperkuat, pesaudaraan, persatuan dan kumpulan. Jadi, komunitas adalah suatu kumpulan yang diperkuat oleh adanya kesamaan minat atau kesenangan (hobi).

b.      Definisi organisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang dibentuk oleh masyarakat itu sendiri, baik organisasi yang berbentuk hukum atau pun tidak berbentuk hukum untuk mewujudkan suatu tujuan. Organisasi itu sendiri dibentuk karena adanya suatu tujuan yang tidak bisa dicapai oleh perorangan.

c.       Definisi kelompok sosial

Kelompok sosial adalah kumpulan orang-orang yang terikat menjadi suatu kelompok yang di dalamnya melakukan tindakan sosial atau saling berinteraksi. Kelompok sosial terbentuk dikarenakan adanya kepentingan yang sama, kepentingan tersebut biasanya muncul tanpa disengaja.

2.      Perbedaan

Perbedaan dari komunitas, organisasi dan kelompok sosial itu sendiri terletak pada tujuan dibentuknya kelompok-kelompok tersebut. Selain pada tujuan, perbedaan diantara ketiganya juga muncul dari keterikatan masyarakat oleh aturan yang ada di dalam kelompok.

3.      Persamaan

Persamaan yang dapat ditarik dari tiga jenis kelompok masyarakat tersebut adalah subjeknya, ketiganya beranggotakan masyarakat. Selain itu, baik komunitas, organisasi maupun kelompok sosial adalah kelompok yang terbentuk oleh minimal 2 orang atau lebih.

4.      Contoh komunitas, organisasi dan kelompok sosial dalah kehidupan sehari-hari

a.       Komunitas

·         Komunitas pemain game

·         Komunitas adu ayam

·         Komunitas sepeda

b.      Organisasi

·         Organisasi intra sekolah

·         Pramuka

·         Karang taruna

c.       Kelompok sosial

·         Kelompok bermain

·         Kelompok arisan

·         Kelompok diskusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini