Rabu, 16 September 2015

Dwike Nuraini_Jurnalistik I/A_ Definisi Organisasi, Komunitas, dan Kelompok Sosial dalam Perspektif Sosiologi_ Tugas 1

Nama                          : Dwike Nuraini
NIM                            : 11150510000139
Fakultas                     : Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jurusan                      : Jurnalistik
Mata Kuliah              : Pengantar Sosiologi
Dosen Pembimbing   : Dr. Tantan Hermansyah
 
DEFINISI
A. Komunitas
Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". (https://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas)

Menurut salah seorang ahli sosiologi,
Vanina Delobelle, komunitas merupakan sarana berkumpulnya orang-orang yang memiliki kesamaan minat. Komunitas dibentuk berdasarkan 4 faktor yaitu:
1.     Keinginan untuk berbagi dan berkomunikasi antar anggota sesuai dengan kesamaan minat
2.     Basecamp atau wilayah tempat dimana mereka biasa berkumpul
3.     Berdasarkan kebiasaan dari antar anggota yang selalu hadir
4.     Adanya orang yang mengambil keputusan atau menentukan segala sesuatunya
B. Organisasi
Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. (https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi)

Menurut salah seorang ahli sosiologi, Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
C. Kelompok Sosial
Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Kelompok_sosial)
Menurut Bierstedt, kelompok sosial yaitu kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi.
PERBEDAAN
A. Komunitas adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti
      sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak
      mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry
      anggota-anggotanya.
B. Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama
     dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.
 
C. Kelompok sosial adalah sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang
     hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.
 
PERSAMAAN
 
Persamaan komunitas, oraganisasi dan kelompok sosial yaitu terletak pada adanya interaksi antar individu. Tidak bisa dikatakan komunitas, organisasi dan kelompok sosial, jika hanya dilakukan oleh satu individu. Dalam komunitas, organisasi dan kelompok sosial, ada pula suatu visi dan misi. Selain itu, adanya sebuah pertemuan untuk melakukan suatu pembahasan merupakan persamaan dari komunitas, organisasi dan kelompok sosial.
CONTOH DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI
A. Komunitas
Contoh dari komunitas, di antaranya adalah komunitas pecinta hewan, pecinta motor, pecinta buku, dan lain-lain. Biasanya komunitas tersebut mengadakan pertemuan untuk saling berbagi info tentang apa yang digemari.
B. Organisasi
Contoh Organisasi, di antaranya adalah OSIS (Organisasai Siswa Intra Sekolah), ORMAS (Organisasi Masyarakat), dan organisasi lain-lainnya. Selain itu, himpunan-himpunan yang ada di kalangan masyarakat, disebut pula organisasi karena memiliki visi, misi dan tujuan bersama.
C. Kelompok Sosial
Contoh kelompok sosial ini, biasanya kita temui di lingkungan terdekat. Misalnya anak-anak SMA membuat genk di sekolah, sehingga tersohor dikalangan siswa-siswinya. Selain itu, Ibu-ibu arisan juga termasuk kelompok sosial. Bertemu dengan kerabat, disebut juga kelompok sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini