Rabu, 16 September 2015

Januwarti Nurul Aini_KPI 1B_Komunitas, Organisasi, Kelompok Sosial_Tugas 2

"KOMUNITAS, ORGANISASI, dan KELOMPOK SOSIAL"

 

1. Devinisi Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial dalam Perspektif Sosial

a.      Komunitas

Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

b.     Organisasi        

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana dan prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

c.      Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat mempengaruhi perilaku para anggotanya. Sebagai mahluk pribadi, manusia terus melakukan interaksi dengan sesamanya sebagai jalan mencari pemahaman tentang dirinya, lingkungan dan sarana untuk pemenuhan kebutuhan yang tidak dapat diperolehnya sendiri.

 

 

 

2.Perbedaan dan Persamaan antara Ketiganya

            Perbedaan antara Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial dalam bentuk kegiatan mereka yang membedakan satu dengan yang lainnya.Komunitas yang bersifat tidak menentu dan tidak formal, Organisasi yang bersifat formal dan berstruktural, dan Kelompok Sosial yang bersifat formal namun menyesuaikan dengan lingkungannya.

            Persamaan antara Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial memiliki kesamaan dalam hubungan satu sama lain, memiliki keuntungan yang, kerjasama yang baik dalam hal berkelompok maupun berorganisasi, dan dapat memecahkan masalah dengan baik karena adanya organisasi dan kelompok.

 

3.  Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari Diantara Ketiganya

1.     Komunitas

Contoh dari komunitas dalam kehidupan sehari-hari seperti komunitas pecinta biola tangerang, memiliki suatu tempat untuk dijadikan tempat temu sapa, dan kebanyakan dari mereka senang mengoleksi macam-macam biola.

 

2.   Organisasi

Contoh dari Organisasi dalam kehidupan sehari-hari seperti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang memiliki program kerja dan anggota dalam bagian-bagian yang ada di dalamnya dan adanya serah terima jabatan setiap tahun ajaran baru, adanya laporan pertanggung jawaban di dalamnya.

 

3.    Kelompok Sosial

Contoh dari Kelompok Sosial dalam kehidupan sehari-hari seperti Remaja Masjid, Remaja Masjid terbentuk karena adanya jiwa sosial dalam diri mereka, dan selalu mengadakan acara di waktu-waktu tertentu salah satunya adalah pesantren kilat

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

              Nurani Soyomukti "Pengantar Ilmu Komunikasi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini