Rabu, 16 September 2015

Arya Andika Nugraha _ Jurnalistik I/B _ Definisi Organisasi, Komunitas, dan Kelompok Sosial dalam Perspektif Sosiologi _ Tugas 1

A.    Definisi Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

      Komunitas merupakan suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama (Communities Of Common Interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai territorial. Istilah komunitas dalam batas-batas tertentu dapat menunjuk pada warga sebuah dusun (dukuh atau kampung), desa, kota, suku atau bangsa.

      Dalam perspektif sosiologi komunitas dapat dibedakan dari masyarakat lebih luas (society) melalui kedalaman perhatian bersama (a.Community of Interest) atau oleh tingkat interaksi yang tinggi (an attachment community). Para anggota komunitas mempunyai kebutuhan bersama (common needs).

      Kelompok Sosial merupakan suatu gejala yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena sebagian besar kegiatan manusia berlangsung didalamnnya. Sejak lahir manusia telah menjadi bermacam-macam anggota kelompok. Salah satunya adalah keluarga.

      Kelompok sosial adalah merupakan sekumpulan atau sekelompok orang yang ada di masyarakat dan memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi satu sama lain, serta biasanya memiliki suatu kesuakaan yang sama (hobi, pekerjaan, aktivitas, fans dsb). Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat.

       Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (Organizational Studies), perilaku organisasi (Organizational Behaviour), atau analisa organisasi (Organization Analysis).

B.    Perbedaan dan Persamaan Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

      Komunitas :  sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya.

      Organisasi : sekumpulan orang-orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.

      Kelompok Sosial : sekumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok  sosial biasanya diciptakan oleh anggota masyarakat yang memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi.

Persamaan;

 

Ø  Komunitas, Organisasi maupun kelompok sosial sama-sama merupakan suatu kajian dan bagian yang tak dapat dipisahkan dari sosiologi. Objek kajian ini memiliki kesamaan yakni tergabung dalam suatu kelompok kajian Kelompok-Kelompok Sosial dalam masyarakat.

 

Yang intinya adalah suatu hubungan timbal balik antar individu. Yang tidak mungkin dapat dikaji bila hanya menyangkut perorangan saja. Ada dua hasrat yang dimiliki manusia sejak dilahirkan yakni keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya serta ingin menjadi satu dengan suasana alam disekelilingnya.

C.    Contoh  Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

Komunitas :                                                                    Kelompok Sosial :

      Komunitas masyarakat daerah                            * Keluarga        

      Komunitas Pecinta Alam Indonesia                    * Sanak Saudara / Kerabat

      Himpunan Mahasiswa Islam                               * RT  ( Rukun Tetangga )

      Komunitas Fotografer Action Figure                 * RW ( Rukun Warga )

      Suku Bangsa                                                        * Kelompok Arisan antar warga

                                                                                   * Ikatan Antar Pedagang Pasar

Organisasi :                                                                      

      Koperasi Unit Desa

      Karang Taruna

      Remaja Masjid

      Pembinaan Kesejahteraan Keluarga

      OSIS

      Baskeball SMAN 1 Jakarta

      Dewan Eksekutif  Mahasiswa

      UNESCO

      ASEAN

      FIFA

      PBB

Referensi (sumber) ;  - https://tonojagger.wordpress.com/2012/06/02/urbanlegend/

-          https://ilmiinfo.wordpress.com/sosiologi-kelompok-sosial-dalam-masyarakat-multikultural/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini