Rabu, 16 September 2015

Aldieny Nurunnisa, Definisi komunitas,organisasi dan kelompok sosial, tugas 2

 

            "DEFINISI KOMUNITAS, ORGANISASI, DAN KELOMPOK SOSIAL''

 

A.    Komunitas

Komunitas awal konsep komunitas dalam sosiologi berkaitan dengan perhatian para pendiri disiplin ilmu ini yang berusaha untung memahami dan menjelaskan transformasi sosial dari ekonomi industri kapitalis pada abad ke-19. Secara khusus, Ferdinand Tonnies, menggemakan kekhawatiran yang bersifat umum, Dia berargumen bahwa medernisasi mengakibatkan hilangnya komunitas dan solidaritas lokal. Dalam ekonomi industri yang berkembang di Eropa bagian utara, pengetahuan bersama dan kontrol sosial yang di hasilkan melalui kehidupan perdesaan kecil, tidak mungkinlagi muncul di pusat-pusat perkotaan berskala besar, yang anonim dan berbeda secara sosial.

B.     Organisasi

Istilah organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai suatau kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Organisasi sosial yang merupakan gabungan dari kedua istilah tersebut dapat diartikan sebagai suatu susunan dan struktur dari berbagai hubangan antar manusia yang terjadi dalam masyarakat, di mana hubungan tersebut merupakan suatu kesatuan yang teratur. Secara luas organisasi sosial diartikan sebagai jaringan tingkah laku manusia dalam ruang lingkup yang kompleks pada setiap masyarakat.  

C.    Kelompok Sosial

       Secara sosiologi istilah kelompok mempunyai  pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Dalam buku Sociology An Introduction. Joseph S. Roucek dan Rolsnd L. Warren (1984) menyatakan bahwa satu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang di antara mereka dapat beberapa interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan. Mayor Polak (1979) berpendapat kelompok salah satu group, yaitu sejumlah orang yang ada antara hubungan satu sama lain dan antara hubungan itu bersifat sebagai sebuah struktur. Melalui kelompok manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

1.       Perbedaan dan Persamaan komunitas, organisasi, dan kelompok sosial

          Perbedaanya yaitu terletak pada  tujuannya  misalkan komunitas itu bertujuan sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya. Organisasi bertujuan yang sama dalam suatu tempat tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum. Sedangkan kelompok sosial bertujuan untuk menggabungkan suatu manusia dalam suatu tempat.

         Persamaannya yaitu sama-sama melibatkan individu-individu dengan individu lainnya, sama-sama sekumpulan manusia yang mempunyai tujuan masing-masing. Jadi antara ketiganya itu sak9ng mempunyai hubungan yang signitifikat karena tidak bisa hanya individu saja yang terkibat sebagai manusia pasti terlibat dalam tiga cakupan tersebut.

2.      Contoh komunitas, organisasi, dan kelompok sosial

A.    Komunitas

1. Komunitas sepeda BMX                 

2. Komunitas pecinta musik

3. komunitas  pecinta alam

4. komunitas seni&budaya

           B.  Organisasi

1.      FIFA      

2.      FBR

3.      FORKABI

4.      PSSI

5.      DEMA

6.      OSIS

           C. kelompok sosial

1.      Paguyuban

2.      Kelompok diskusi

3.      Kelompok belajar

4.      Kelompok kerja

Referensi:

·         Abdulsyani, Sosiologi Skematika teori dan terapan,

·         J. Dwi narwoko – Bagong Suyanto (ed) Sosiologi teks pengantar dan terapan,

·         Prof. Dr Iman Santosa, M,Si, Sosiologi the key concepts.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini