Rabu, 16 September 2015

kun haikal-jurnalistik 1/B-Komunitas,Organisasi dan Kelompok-tugas1

Nama: Kun Haikal
NIM : 11150510000090
Kelas : Jurnalistik 1/B
Komunitas,Organisasi dan Kelompok
A.                Komunitas
    Konsep komunitas memiliki sejarah perdebatan yang panjang dalam sosiologi. Pada level sehari-hari, konsep komunitas digunakan untuk menyatakan ide mengenai pengalaman umum dan kepentingan bersama. Sekarang ini, pengertian populernya tidak hanya menunjukkan pemikiran tradisional mengenai lokalitas dan lingkungan bersama, tetapi juga ide-ide solidaritas dan hubungan antara orang-orang yang memiliki karakteristik sosial dan identitas yang sama.
B.            Organisasi

Istilah organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tertentu. Secara sosial organisasi merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam masyarakat.

Terbentuknya suatu organisasi, pada mulanya karena adanya desakan minat dan kepentingan individu-individu dalam masyrakat. Dalam organisasi mencermikan suatu pola tingkah laku yang berstruktur dalam setiap proses perubahannya. Artinya organisasi bersifat dinamis. Dengan organisasi dapat mengembangkan aktivitas, kreativitas, dan kepercayaan diri pada setiap anggotanya karena sudah ditetapkan dan diterapkan secara jelas 1 tujuan dibuatnya organisasi itu, dengan begitu anggota akan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang berhasil.

Ciri-ciri organisasi adalah :

*Rumusan batasan operasionalnya jelas.
*Memiliki identitas yang jelas.
*Formal membership, status dan role.
*Tipe-tipe organisasi sosial ada 2 :
*Organisasi formal
*Organisasi informal
 
 
C.  Kelompok Sosial
   Secara sosiologis istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, di mana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Dalam buku Sociology An Introduction. Joseph S. Roucek dan Roland L. Warren (1984), menyatakan bahwa satu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang di antara mereka terdapat bebrapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan. Mayor polak (1979) berpendapat bahwa kelompok adalah suatu grup, yaityu sejumlah orang yang ada antara hubungan satu sama lain dan antar hubungan itu bersifat sebagai sebuah struktur.
Perbedaan dan Persamaan Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial
 A.   Perbedaan
    Perbedaanya yaitu terletak pada  tujuannya  misalkan komunitas itu bertujuan sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya. Organisasi bertujuan yang sama dalam suatu tempat tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum. Sedangkan kelompok sosial bertujuan untuk menggabungkan suatu manusia dalam suatu tempat.
B.  Persamaan
     Persamaannya yaitu sama-sama melibatkan individu-individu dengan individu lainnya, sama-sama sekumpulan manusia yang mempunyai tujuan masing-masing. Jadi antara ketiganya itu sak9ng mempunyai hubungan yang signitifikat karena tidak bisa hanya individu saja yang terkibat sebagai manusia pasti terlibat dalam tiga cakupan tersebut.
 
Contoh komunitas, Organisasi dan Kelompok sosial
A.  Komunitas
 Komunitas Motor Kecil
 Komunitas Motor Gede
 Komunitas Pecinta Game
 Komunitas Terjun Payung
B.  Organisasi
 Organisasi Intra Sekolah (OSIS)
FIFA
PSSI
PBB
C.  Kelompok Sosial
Keluarga
 Karang Taruna
Patembayan
 Paguyuban
 
 
Sumber :  Asri laksmi riani, Budaya Organisasi
J. Dwi narwoko – Bagong Suyanto (ed) Sosiologi teks pengantar dan terapan
                Abdulsyani, Sosiologi Skematik teori dan terapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini