Rabu, 16 September 2015

Eka nurbaeti ardila_Jrn 1/B_Definisi komunitas,organisasi,dan kelompok sosial dalam perspektif sosiologi_Tugas 1.

SOSIOLOGI – Devinisi , Perbedaan dan persamaan Komunitas,Organisasi,dan Kelompok sosial dalam perspektif sosiologi beserta contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Devinisi

Komunitas dalam perspektifsosiologi adalah suatu kesatuan kelompok atau perkumpulan warga yang mempunyai kepentingan dan tujuan bersama (comunities of common interest) yang dapat dibedakan dari society (masyarakat luas) dalam perhatian interaksi yang lebih tinggi. Tapi sekarang ini pengertian populer nya tidak hanya  menunjukan pemikiran tradisional mengenai lokalitas dan lingkungan bersama,tetapi juga ide-ide solidaritas dan hubungan antara orang-orang yang memiliki karakteristik sosial dan identitas yang sama.

Organisasi dalam perspektif sosioloogi adalah kelompok sosial yang mempunyai tujuan tertentu yang akan dicapai bersama-sama dalam kerangka kelembagaan yang sedikit berbeda dalam prinsip yang ada dalam masyarakat tradisional.Dalam pengertian mendasarnya,Organisasi adalah penertiban terhadap yang tidak tertib.Organisasi didevinisikan bahwa organisasi sangat sulit untuk dibayangkan tanpa karakter lain dari moderenitas.Seperti tindakan rasional,keampuan baca-tulis dan sistem hukum.Dalam literatur klasikbahwa organisasi sesuatu yang mederen,dan ide mengenai organisasi digunakan dalam cara-cara yang mendasar- kan diri kepada dan mendukung perbedaan antara moderenitas dan tradisionalisme.Organisasi dapat dibagi menjadi dua,yaitu:FORMAL dan INFOMAL.

Formal:Sifat nya lebih teratur atau tertib yang mempunyai sifatstrultur  organisasi  yang resmi,beserta perencanaan dan program yang akan dilaksanakan secara jelas.

Informal:bersifat tidak resmi,organisasi ini terkadang struktur organisasi nya tidak begitu jelas atau bahkan tidak ada struktur organisasi,dan juga tidak mempunyai rencana dan program-programyang dirumuskan rencana secara jelas,terkadang terjadi secara spontanitas atau unsur ketidak sengajaan.

Kelompok sosial dalam perspektif sosiologi adalah suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi,dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama yang memiliki sifat kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lain nya,tetapi tidak terkait dalam organisasi.

Perbedaan dan Persamaan

Perbedaan

Kelompok sosial,merupakan sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang,hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.

Organisasi,sekumpulan orang-orang yang memepunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.

Komunitas,sekumpulan orang - orang yang mempunyai kesamaan sifat,hobi dan lain-lain.Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa,tergantung chemistry anggota-anggota nya.

Persamaan

Persamaan antara komunitas,organisasi dan kelompok sosial yaitu sama-sama memiliki arti perkumpulan masyarakat yang mempunyai tujuan masing-masing.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari

Kelompok sosial  contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah paguyuban (gemeinschaft) yaitu kelompok sosial yang anggota-anggota nya memiliki sebuah ikatan batin yang murni,bersifat alamiah , dan kekal.

Paguyuban sendiiri mempunyai ciri-ciri yang .dapat kita ketahui seperti ;

§  Terdapat ikatan batin yang kuat anatar anggota

§  Hubungan antar anngota bersifat informal

Ada 3 tipe paguyuban yaitu :

Paguyuban berdasar kan tempat (gemeinschaft of place) , adalah kelompok sosial yang terbentuk karena lokalitas atau tempat tinngal.

Contoh : Beberapa keluarga yang berdekatan membentuk RT (rukun tangga) dan selanjut nya sejumlah rukun tetangga membentuk RW (rukun warga).

Paguyuban berdasarkan ideologi (gemeinschaftof mind) , adalah kelompok sosial yang terbentuk atas pemekiran-pemikiran dari setiap anggotanya.

Contoh :Partai politik berdasarkan agama.

Paguyuban berdasarkan hubungan darah (gemeinschaft of blood) , adalah kelompok sosial yang terbentuk karena ada nya hubungan darah,kelompok ini memiliki solidaritas yang tinggi karena memiliki keyakinan tentang keturunan yang sama.

Contoh :keluarga.

Organisasi contoh dalam kehidupan sehari-hari dibedakan jadi 2 formal dan informal.

Contoh organisasi Formal seperti ,perusahaan besar,badan-badan pemerintah dan universita-universitas.Karena,organisasi ini memiliki kekuatan hukum ,struktur yang ada juga menerang kan hubungan -hubungan otoritasnya,kekuasaan,akuntabilitas dan tanggung jawab.

Contoh organisasi informal seperti,makan malam bersama.karena,organisasi secara informal ini pertemuan secara tidak resmi.

Komunitas contoh dalam kehidupan sehari-hari seperti,komunitas para pekerja indonesia yang bekerja di negara asing atau para pelajar yang sedang belajar di luar negeri.Karene komunitas ini terbentuk karena satuan sosial yang didasar kan lokalitas atau daerah asal mereka tinggal (dilahirkan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini