Rabu, 16 September 2015

tintin kurniawati_pengertian kelompok sosial, organisasi ndan komunitas_tugas 2

Nama                   : tintin kurniawati

Kelas          : kpi 1 A

Nim            : 11150510000025

DEFINISI KELOMPOK SOSIAL, ORGANISASI DAN KOMUNITAS

A.  Pengertian Kelompok Sosial

Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal inilah yang menyebabkan timbulya kelompok sosial(social group) didalam kehidupan manusia. Kelompok sosial merupakan kesatuan sosial yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur sehingga daripadanya diharapkan adanya pembagian tugas, struktur, serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka.

Dengan kata lain, setiapkumpulan individu tidak dapat disebut kelompok sosial selama belum memenuhi syarat-syarat dibawah ini:

1.      Setiap individu harus merupakan bagian dari kesatuan sosial.

2.      Terdapat humbungan timbal balik diantara individu-individu yang bergabung dalam kelompok.

3.      Adanya faktor-faktor yang sama yang dapat mempererat hubungan mereka yang tergabung dalam kelompok. Faktor-faktor tersebut antara lain: nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama dan lain sebagainya.

4.      Berstruktur berkaidah dan memiliki pola perilaku.

5.      Bersistem dan berproses.

 

B.  Pengertian Organisasi

.

Organisasi dibangun dari suatu keputusan yang disadari atau disengaja oleh individu atau sekumpulan individu untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu melalui kerja samadengan disiplin yang tinggi dari sumber daya manusia dan sumber daya-sumber daya material. Oleh karena itu organisasi sekecil apapun membutuhkan kontrol dan monitoring terhadap hubungan-hubunganantara tujuan dengan tata cara dan hasil yang akan atau yang telah diperoleh. Setiap kontrol dan monitoring ini mengimplikasikan suatu proses disipliner yang disadari oleh masing-masing pimpinan atau pusat power organisasi dalam mengadaptasi struktur-struktur internal ke dalam presepsi anggotanya tentang kondisi eksternal mereka. Dengan kata lain, organisasi selalu melibatkan suatu kerja sama sejumlah sumber daya manusia dan sumber daya fisik ke dalam suatu sistem untuk mewujudkan visi, misi serta tuuan kelompok tersebut.

Organisasi adalah salah satu bagian dari kelompok sosial, tetapi berbeda dengan pranata atau organisasi sosial. Pranata atau organisasi sosial dalam berbagai ensiklopedia atau kamus ilmu sosial, termasuk antropologi umumnya memusatkan pada aspek-aspek perilaku yang teregulasi dengan established (mapan) , yang sangat mudah dikenali dengan adanya norma-norma, nilai-nilai ata hukum yang relatif stabil. Meskipun pranata sosial atau organisasi sosial selalu berhubungan dengan masalah kontrol sosial, tetapi tidak membuat pranata masuk kedalam kategori organisasi.

           

C.  Pengertian komunitas

 

Komunitas merupakan suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai territorial. Istilah komunitas dalam batas-batas tertentu dapat menunjuk pada warga sebuah dusun (dukuh atau kampung), desa, kota, suku atau bangsa.

 

Dalam perspektif sosiologi komunitas dapat dibedakan dari masyarakat lebih luas (society) melalui kedalaman perhatian bersama (a community of interest) atau oleh tingkat interaksi yang tinggi (an attachment community). Para anggota komunitas mempunyai kebutuhan bersama (common needs)

 

D.  Perbedaan Antara Kelompok Sosial, Organisasi, Komunitas Dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Sejauh ini kelompok sosial, organisasi dan komunitas masih saling berhubungan satu sama lain. Ketiganya adalah suatu perkumpulan manusia yang melahkukan hubungan timbal balik untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan, Perbedaan dari kelompok sosial, organisasi dan komunitaas terletak pada struktur dan sifatnya. Kelompok sosial memiliki pengertin yang lebih luas dan bersifat umum, baik resmi maupun tidak. Contohnya adalah keluarga, kelompok belajar, kelompok bermain dan lain sebagainya. Sedangkan , organisasi dan komunitas adalah bagian dari kelompok sosial itu sendiri. Organisasi adalah suatu kelompok sosial yang bersifat resmi, terstruktur dan mempunyai visi misi yang jelas. Ada banyak sekali macam-macam dari organisasi dalam masyarakat, mulai dari organisasi  keagamaan ( muhammadiyah dan Nahatul Ulama) , organisasi kemasyarakatan ( kelompok tani dan PKK), organisasi dalam lembaga pendidikan( OSIS dan BEM) dan organisasi-organisasi lainya. Sedangkan komunitas adalah suatu kelompok sosial yang antar angotanya memiliki suatu ikatan karena kesamaan hoby, cita-cita  maupun tujuan. Komunitas tidak bersifat kaku atau melembaga, dan kegiatanya tidak bersifat formal atau resmi. contohnya adalah komunitas sepeda montor pespa, komunitas pencita alam, komunitas pecinta alam, dan komunitas-komunitas lainya.

                                                                                 

 

 

Daftar Pusaka

 

Narwoko,J Dwi dan Bagong Suyanto.2007. Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan. Jakarta: kencana.

Agusyanto, Ruddy.2014. Jaringan Sosial Dalam Organisasi.Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini