Rabu, 16 September 2015

Shofia Nurwahidah _ KPI 1B _ Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial _ tugas 2

SHOFIA NURWAHIDAH

Komunikasi penyiar islam

11150510000076

 

Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

1.      Devinisi

Berikut devinisi dari judul diatas:

·         Komunitas

Komunitas merupakan suatu unit tertentu atau dapat disebut sebagai suatu kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok yang memiliki kepentingan bersama, baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai territorial. Dalam komunitas sosial terjadi hubungan yang memiliki identitas tertentu dan menjadi ciri khas.

·         Organisasi

Organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Sedangkan organisasi yang bersangkutan dengan sosial adalah suatu susunan atau struktur dari berbagai hubungan antar manusia yang terjadi dalam masyarakat, dimana hubungan tersebut merupakan suatu kesatuan yang tersusun secara teratur.

·         Kelompok Sosial

Istilah Kelompok Sosial mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Diantara manusia yang terlibat dalam kelompoknya terdapat interaksi yang saling memahami sacara keseluruhan.

 

2.      Perbedaan dan Persamaan

Dalam tiga hal yang terdapat dalam judul, dapat disimpulkan bahwa perbedaan dan persamaan dari ketiga hal tersebut terletak pada:

Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values. Komunitas lebih erat kaitannya, bersifat informal, dan lebih kekeluargaan.

Organisasi yang membadakannya terletak pada interaksinya yang bersifat formal, lebih keterkait dengan tujuan bersama.

Sedangkan kelompok sosial memiliki perbedaan yang terletak pada hubungan yang bersifat informal, bebas, lebih terkait dengan bagian-bagian lainnya.

Dari keseluruhannya dapat dikatakan bahwa ketiga hal ersebut memiliki kesamaan yang terletak pada tujuan yang dicapai, ketiga hal tersebut memiliki tujuan, saling berinteraksi demi tujuan bersama.

 

3.      Contoh dalam kehidupan sehari-hari

·         Berikut beberapa contoh dari tiga hal tersbut:

·         Komunitas: Pencinta alam, Pecinta reptil.

·         Organisasi: Karang Taruna, KNPI, OSIS, Remaja Mesjid

·         Kelompok sosial: Paguyuban, Patembayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini