Rabu, 16 September 2015

Nida Arafat,KPI 1A,KOMUNITAS, ORGANISASI, DAN KELOMPOK SOSIAL, tugas 2

Komunitas, Organisasi, dan kelompok sosial

Nama               : nida Arafat

Nim                 : 11150510000022

Kelas               :KPI 1A

 

Dalam sehari hari kita di masyarakat, kita pasti sudah tidak asing dengan kata-kata organisasi, kelompok sosial dan  komunitas, pasti sangkut pautnya dengan suatu perkumpulan atau persatuan masyarakat yang mempunyai tujuan yang sama, mungkin itu definisi atau pengertian secara rasional atau secara pemikiran umum.

            Kita cari pengertian atau definisi dari organisai, kelompok sosial dan komunitas berserta persamaan dan perbedaan tersebut, dengan sumber-sumber terdahulu secara rinci dan jelas.

Organisasi,

 Organisasi dapat di artikan secara harfiah sebagai suatu kesatuan yang tersusun secara teratur berdasarkan pembagian tugas secara teratur,

  Terbentuk nya suatu organisasi sosial, pada mulanya karna adanya desakan minat dan kepentingan indifidu-individu dalam masyarakat. Kepentingan itu tidak di salurkan melalui lembaga sosial, melainkan disalurkan melalui bentuk persekutuan manusia yang relatif lebih teratur dan formal.

Kelompok sosial,

            Kelompok sosial di definisikan sebagai dua atau lebih orang yang memiliki suatu identitas bersama dan yang berinteraksi secara reguler. Apa pun bentuknya, kelompok sosial terdiri dari orang orang yang memiliki kesadaran ke anggotaan yang sama yang di dasarkam pada pengalaman, loyalitas, dan kepentingan yang sama. Singkatnya, mereka sadar tentang individualitas mereka, sebagai anggota dari kelompok sosial yang secara spesifik di dasari sebagai kita.

Komunitas,

            Pengertian dari komunitas bisa di dasarkan gemeinschaft,

·         Gemeinschaft by blood, mengacu pada ikatan-ikatan kekerabatan;

·         Gemeinschaft of place, pada dasarnya merupakan ikatan yang berdasarkan kedekatan letak tempat tinggal serta tempat kerja yang mendorong orang untuk berhubungan secara intim satu dengan yang lain, dan mengacu pada kehidupan yang sama di sebuah pedesaan;

·         Gemeinschaft of mind, mengacu pada hubungan persahabatan, yang di sebabkan oleh persamaan keahlian atau pekerjaan serta pandangan yang mendorong orang untuk saling berhubungan secara teratur;

Adapun perbedaan dan persamaan dari pengertian organisasi, kelompok sosial, dan komunitas di atas dapat saya uraikan, mulai dari organisasi, perbedaan dari semuanya, organisasi itu telah memiliki badan hukum yang melindunginya, dan terbentuknya organisasi ini yaitu adanya desakan minat dan kepentingan individu individu dalam masyarakat bisa di sebut juga pekumpulan formal. Adapun  kelompok sosial dan komunitas belum memiliki berbadan hukum dan dari kelompok sosial sendiri terbentuk terdiri dari orang orang yang memiliki kesadaran ke anggotaan yang sama yang di dasarkam pada pengalaman, loyalitas bisa di sebut juga perkumpulan masyarakat semi formal, dari komunitas sendiri terbentuk dari masyarakat yang memiliki nasib yang sama, kesukaan yang sama, pekerjaan yang sama dan kesamaan lainnya, bisa di sebut juga perkumpulan masyarakat non formal. Dan persaman dari ketiga pengertian di atas adalah sama sama suatu perkumpulan masyarakat yang saling berkaitan dan tidak saling bertolak belakang yang mumpunyai tujuan yang sama, dan aturan yang sama, untuk mencapai cita-cita yang sama.

 

# soymukti nurani. 2010. Pengantar sosiologi. Jogjakarta:aruz

# abdulsyani. 2012. Sosiologi, skematika, teori dan terapan. PT Bumi aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini