Rabu, 16 September 2015

Tugas 1

Nama : Oka Prasetya

Nim : 11150510000235

Kelas : JNR 1 B

KOMUNITAS, ORGANISASI DAN KELOMPOK SOSIAL

Definisi Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

Komunitas, organisasi , maupun kelompok sosial yang ada dimasyarakat tidak terbentuk dengan sendirinya, melainkan melalui sebuah proses. Awal terbentuknya komunitas, organisasi, maupun kelompok sosial terjadi karena adanya interaksi sosial antar individu, antara individu dan kelompok, maupun interaksi sosial antar kelompok. Mereka berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hidupnya. Karena manusia tidak dapat hidup secara individu.

Ø Definisi Komunitas

   Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya  dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, prefensi, kebutuhan, resiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas dapat diturunka dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak."

Ø Definisi Organisasi

   Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. 

Ø Definisi Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya. 

PERBEDAAN:

·         Kelompok : adalah merupakan sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang, hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu

·         Organisasi : adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.

·         Komunitas :  adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya.

PERSAMAAN:

·         Sama-sama memiliki kelompok dengan minat dan visi misi yang sama pada setiap orang.

 

Ø     Contoh dalam kehidupan sehari-hari

·         Komunitas : Komunitas pecinta alam, komunitas pecinta hewan

·         Organisasi : HMI, IMM, HMB

·         Kelompok Sosial : Partai politik, keluarga

 

Ø  Daftar Pustaka

·   https://id.wikipedia.org

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini