Rabu, 16 September 2015

Misbahul Anam KPI 1/B_Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial_Tugas 2

Nama : Misbahul Anam

Kelas : KPI 1/B

Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

A.    Definisi Komunitas, Organisasi dan Komunitas sosial

1.      Komunitas adalah suatu unit atau kesatuan social yang teroganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang sifat fungsional maupunyang mempunyai territorial. Istilah komunitas dalam batas-batas tertentu dapat menunjuk pada warga sebuah dusun (duduk atau kampong), desa, kota suku atau bangsa.

Dalam perspektif sosiologi komunitas dapat di bedakan dari masyarakat lebih luas (society) melalui kedalam perhatian bersama (a community of interest) atau tingkatan interaksi yang tinggi (an attachment community), para anggota komunitas mempunyai kebutuhan bersama (common needs).

 

2.      Organisasi adalah suatu kelompok orang yang ada dan bekerja dalam suatu lingkup tertentu unuk mencapai tujuan yang telah di sepakati bersama dengan ketentuan-ketentuan yang telah di sepakati bersama.

 

3.      Kelompok sosial adalah kesatuan sosial yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengandalkan hubungan timbale balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga daripadanya diharapkan adanya pembagian tugas-tugas, struktur, serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka

Berikut ini beberapa definisi kelompok sosial dari beberapa tokoh :

a.       Paul B. Horton berpendapat bahwa kelompok berarti setiap kumpulan manusia secara fisik.

b.      Mayor Polak berpendapat bahwa kelompok sosial adalah sejumlah orang yang berhubungan dalam sebuah struktur.

B.     Persamaan dan Perbedaan Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

1.      Persamaan :

Dilihat dari berbagai hasil pengertian komunitas, organisasi, dan kelompok sosial yang ada dapat disimpulkan mereka mempunyai spesifik yang sama yaitu sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama. Kegiatan yang dilakukan baik beragenda maupun tidak, dilakukan baik secara beragenda maupun tidak, dan dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.

2.      Perbedaan :

a.      Komunitas : adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung hubungan atau kedekatan anggota-anggotanya.

b.      Organisasi : adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal. Dan untuk bergabung dalam sebuah organisasi biasanya akan dilaksanakan latihan kepemimpinan dimana para calon dilatih untuk menjadi pemimpin yang independen dan dapat berorganisasi dengan baik agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

c.       Kelompok Sosial : adalah sekumpulan atau gabungan manusia dalam suatu wadah tertentu. bersifat informal maksudnya memiliki suatu hubungan dan saling berinteraksi namun tidak terlalu terikat.

C.    Contoh-Contoh dari Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

1.      Komunitas : Komunitas Pencinta Lingkungan, Komunitas Pecinta Kucing, Komunitas Skateboard Jakarta, dll,.

2.      Organisasi : Organisasi Pelajar Islam DKI Jakarta Raya (OPI DKI JAYA), Organisasi Masyarakat (ORMAS), Organisasi Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), dll,.

3.      Kelompok Sosial : Rumah Tangga, Arisan, Rukun Tetangga, dll,.

Sumber :

Abdulsyani.Sosilogi: Skematika, TeoridanTerapan, Jakarta.

Imam Santosa, Spsiologi The Key Concepts.

Nurani Soyomukti, Pengantar Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Organisasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini