Rabu, 16 September 2015

Rizki Aminah,komunitas,organisasi,dan kelompok sosial,tugas2

minah

  Kelas             :KPI I A

Komunitas,Organisasi,dan Kelompok Sosial

1.Defenisi Komunitas,Organisasi,dan Kelompok sosial

a.komunitas

 Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa.

          b.organisasi

Organisasi adalah sturuktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana dan prasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

c.kelompok sosial

Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat mempengaruhi perilaku para anggotanya. Sebagai mahluk pribadi, manusia terus melakukan interaksi dengan sesamanya sebagai jalan mencari pemahaman tentang dirinya, lingkungan dan sarana untuk pemenuhan kebutuhan yang tidak dapat diperolehnya sendiri. Kelompok sosial merupakan sekumpulan manusia yang memiliki persamaan ciri dan memiliki pola interaksi yang terorganisasi, serta terjadi secara berulang-ulang dan memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya.

            Setiap anggota kelompok harus sadar bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan. Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya. Ada suatu faktor yang dimiliki bersama, sehingga hubungan antara mereka bertambah erat, misalnya: nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama, dan lain-lain. Berstruktur, berkaidah, dan mempunyai pola perilaku. Bersistem dan berproses.

            2.Persamaan dan Perbedaan Komunitas,Organisasi,Kelompok social

            Persamaan komunitas,organisasi,dan kelompok sosial  terdapat pada hubungan sosialnya dan komunikasi antar masyarakat,atau lebih tepat pada cara berinteraksi antara individu yang satu dengan yang lainnya.

            Perbedaan komunitas,organisasi,dan kelompok sosial  tersebut terletak pada pola pemikiran dan pola perilaku para individu yang terwujud melalui aktivitas kemasyarakatan seperti, aktifitas adat istiadat, tata kelakuan, kebiasaan, serta unsur-unsur kebudayaan yang secara langsung atau tidak tergabung dalam suatu unit yang fungsional.komunitas bersifat informal yang mengakibatkan masyarakat cendrung lebih bebas,organisasi dapat bersifat formal dan informal.organisasi bersifat formal menunjukkan bahwa organisasi itu terarah dengan jelas struktur,fungsi,dan kegiatan yang akan dilakukan.organisasi bersifat informal menunjukkan organisasi tersebut tidak memiliki struktur dan arah perjalan yang jelas.kelompok sosial  bersifat formal karena kelompok sosial terbentuk dari masyarakat atau dari para perinteraksi sosial.

            3.Contoh dalam kehidupan sehari-hari

            Contoh komunitas dalam kehidupan sehari-hari  yang paling nyata di dunia kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah,Komunitas Mahasiswa Lintas Alam (KMLA)Garuda yang berada dibawah naungan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi,merupakan sekumpulan mahasiswa yang mempunyai  hobi berjelajah alam.

            Contoh organisasi dalam kehidupan sehari-hari:

            Organisasi yang bersifat formal contohnya OSIS.Kita ketahui bersama bahwa OSIS adalah organisasi siswa yang mempunyai arah dan tujuan yang jelas.selain osis,contoh organisasi yang bersifat formal adalah Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM)

            Contoh kelompok sosial dalam kehidupan sehari adalah,teman sepermainan,keluarga,sekolah.dalam kehidupan sehari-hari kita sering bertemu dengan teman sepermainan kita di lingkungan tempat kita tinggal.sehari-hari kita selalu berinteraksi dengan keluarga kita,saling menyapa satu sama lain.Di sekolah kita bertemu dengan para individu yang lain,bertemu,bermain,belajar bersama,itulah aktivitas yang dilakukan di sekolah bersama para kelompok sosial.

 

DAFTAR PUSTAKA

Sumber : LKS Sosiologi, penulis : Team Penulis, penerbit : CV. Gema Nusa

Drs. Dhohiri, Taufiq rahman, M.Si, dan TIM. 2007. Sosiologi "suatu kajian kehidupan masyarakat", Jakarta: Yudhistira.

       Soyomukti Nurani. (2010). PENGANTAR SOSIOLOGI. Jogjakarta. Diterbitkan oleh DR-Ruzz Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini