Rabu, 16 September 2015

organisasi,komunitas dan kelompok sosial nama dio ihkamuddin tugas 1 JNR 1b

Nama : Dio Ihkamuddin
Tugas 1 JNR 1B
NIM:11150510000204
Komunitas,organisasi dan kelompok sosial
Definisi dan Pengertian Organisasi
Organisasi (Yunani: organon - alat) adalah suatu kelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Baik dalam  penggunaan sehari-hari maupun  ilmiah, istilah ini digunakan dengan banyak cara.

Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu  proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan  kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah  pihak (pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang
,berikut dari beberapa ahli:
Menurut Dr.KH.supriatna Mubarok Msc.MM, organisasi adalah seni kepimpinan yang dimana mempanguruhi orang untuk mewujudkan tujuan bersama.
Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Contoh dari organisasi: organisasi mempunyai tujuan seprti halnya irmada, irmada adalah organisasi remaja masjid darussyifa yang dimana mempnuayai tujuan memakmurakan masjid tersebut untuk tetap terjaga dan  terpelihara.
Definisi Komunitas
Komunitas merupakan suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai territorial. Istilah komunitas dalam batas-batas tertentu dapat menunjuk pada warga sebuah dusun (dukuh atau kampung), desa, kota, suku atau bangsa.
Dalam perspektif sosiologi komunitas dapat dibedakan dari masyarakat lebih luas (society) melalui kedalaman perhatian bersama (a community of interest) atau oleh tingkat interaksi yang tinggi (an attachment community). Para anggota komunitas mempunyai kebutuhan bersama (common needs).
 
 
 
 
Berikut perbedaan komunitas dan maasyarakat menurut beberapa ahli:
Ilmuwan
Komunitas
Masyarakat
F. Tonnies
Gemeinschaft
Gesselschaft
E. Durkhaim
Mechanic Solidarity
Organic Solidarity
Tjondronegoro
Gejala Organiasi (Sodality)
Oragnisasi
 
Berdasarkan  pendekatan  para ahli tersebut, maka komunitas dan masyarakat dapat dibedakan sebagai berikut:
Komunitas
Masyarakat
Kecil
Besar
Homogen
Heterogen
Kultural
Struktural
Partisipatif-Efektif
Produktivitas-Efesiensi
Relatif Otonom
Dependent
 
Contoh Definisi  Komunitas:Dari komunitas seperti halnya yang ada di sekitar kita yaitu komunitas motor yang dimana tujuan dari komunitas ini adalah membangun kebersamaan dan mempererat silaturahim dan bersosial di lingkungan sekitar kita.
KELOMPOK SOSIAL
Pengertian kelompok adalah sekumpulan manusia, sedangkan sosial adalah masyarakat. Jadi kelompok sosial dapat diartikan sebagai kumpulan manusia yg lebih dari 2 orang untuk melakukan suatu interaksi dalam masyarakat.
Halnya sepertikan suatu masyarakat yang hidup harus saling membutuhkan dan manusia hidup berkolompok  tidak bisa berdiri sendiri dalam hidupnya.
Contoh kelompok sosial:halnya seperti adanya rt yang dimana, sekumpulan masyarakat/warga yang mempunyai kelompok sosial untuk bersosialisasi antar masyarakat.
 
Perbedaan dan Persamaan Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial
 A.   Perbedaan
    Perbedaanya yaitu terletak pada  tujuannya  misalkan komunitas itu bertujuan sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya. Organisasi bertujuan yang sama dalam suatu tempat tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum. Sedangkan kelompok sosial bertujuan untuk menggabungkan suatu manusia dalam suatu tempat.
B.  Persamaan
     Persamaannya yaitu sama-sama melibatkan individu-individu dengan individu lainnya, sama-sama sekumpulan manusia yang mempunyai tujuan masing-masing. Jadi antara ketiganya itu sak9ng mempunyai hubungan yang signitifikat karena tidak bisa hanya individu saja yang terkibat sebagai manusia pasti terlibat dalam tiga cakupan tersebut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini