Rabu, 16 September 2015

MuhamadRidwanNawawiJNR1b_komunitas,organisasi,dankelompoksosialdalamprespektifsosiologi

Muhamad Ridwan Nawawi

11150510000230

Jurnalistik 1B

 

Ø  Definisi :

 

A.    Komunitas

B.     Organisasi

C.     Kelompok Sosial

 

A.    Komunitas

. Secara umum, definisi komunitas adalah suatu perkumpulan dari beberapa orang untuk membentu satu organisasi yang memiliki kepentingan bersama. Komunitas dapat bersifat teritorial atau fungsional. Selain itu istilah komunitas dapat merujuk pada arti warga dalam sebuah kota, desa atau bahkan negara. Seperti yang kita ketahui warga perkotaan juga mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk dapat tinggal dan hidup di kota tersebut.

Berbicara mengenai komunitas secara umum kita langsung beripikiran bahwa komunitas itu adalah sekumpulan orang-orang yang berkumpul karena memiliki visi dan misi yang sama. Beberapa ahli juga berbicara mengernai pengertian komunitas. Simak penuturan para ahli berikut:

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

 George Hillery Jr

Komunitas adalah sekumpulan orang yang hidup di satu wilayah dan memiliki ikatan untuk melakukan interaksi satu sama lain.

Contoh : a. komunitas motor

               b. komunitas musang

B.     Organisasi

Organisasi diartikan sebagai suatu system yang terdiri dari sekelompok individu dalam pembagian kerja, untuk mencapai satu tujuan yang telah di sepakati oleh bersama. Organisasi merupakan salah satu fenomena sosial yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Oleh karena itu, manusia tidak bisa menolak kehadiran organisasi dalam kehidupannya. Dilihat dari aspek material sosiologi, yaitu masyarakat dan dari aspek formal sosiologi, yaitu interaksi antarmanusia serta proses dan akibat yang timbul dari interaksi itu, ternyata masih saja ada kekaburan dan kerancuan dari pengertian dan lingkup sosiologi organisasi. Metode yang digunakan dalam studi sosiologi organisasi ditentukan oleh tujuan penelitian yang dirancang berdasar pada karakteristik data yang dikumpulkan dan juga dipengaruhi atas dasar suatu pandangan filsafat tertentu. Oleh karena itu, sosiologi sering kali dinyatakan sebagai ilmu yang berparadigma ganda yang hal ini disebabkan oleh:

      perbedaan pandangan filosofi dari para ahli sosiologi;

      perbedaan teori yang dibangun atas dasar pandangan filosofi tadi;

      akibatnya metodenya pun berbeda.

Contohnya : a. oraganisasi intra sekolah (osis)

 

C.     Kelompok Sosial

Kelompok sosial adalah merupakan sekumpulan atau sekelompok orang yang ada di masyarakat dan memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi satu sama lain, serta biasanya memiliki suatu kesuakaan yang sama (hobbi, pekerjaan, aktivitas, fans dsb). Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat.kesuakaan yang sama (hobbi, pekerjaan, aktivitas, fans dsb). Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat mempengaruhi perilaku para anggotanya. Berikut ini adalah pengertian kelompok sosial menurut para ahli.
1. Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian dari Kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi.
2. Menurut Paul B. Horton dan Chester L Hunt

Istilah kelompok sosial diartikan sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotannya dan saling berinteraksi.

 

Contohnya : RT (rukun tetangga)

 

 

Ø  Perbedaan

Organisasi adalah sekelompok manusia dengan tujuannya masing-masing yang ruang lingkupnya tidak terlalu luas.

Komunitas adalah merupakan suatu unit atau kesatuan social yang di mana dalam kelompok terebut mempunyai tujuan dalam ringkup yang luas.

Kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang dapat di artikan sebagai kumpulan manusia yang lebih dari 2 orang untuk melakukan suatu ineraksi sesame manusia.

 

Ø  Persamaan

Organisa, komunitas, dan kelompok sosial. Merupakan satu unit yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama untuk mewujudkan satu tujuan yang sama.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini