Rabu, 16 September 2015

Juliah KPI 1B ''Komunitas,Organisasi dan Kelompok Sosial'' Tugas 2

Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

A.    Definisi Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

1. KOMUNITAS

Komunitas adalah ide – ide solidaritas dan hubungan antara orang – orang yang memiliki karakterisktik social dan identitas yang sama.

2. ORGANISASI

Organisasi adalah kalimat social yang membentuk tujuan tertentu atau prosedur untuk memobilisasi dan mengkoordinasi upaya – upaya beragam, subkelompok dalam meraih tujuan – tujuan bersama.daripada tata hubungan antar anggotanya yang ingin menjadikan hidup bersama dalam suatu organisasi,menurut J.O Hertzler (1946) memerlukan beberapa syarat yaitu:

·         Harus ada ukuran yang tetap dalam tata hubungan social yang dapat diterima oleh anggota-anggota kelompok (organisasi).

·         Harus ada kekuasaan atau otoritas yang mempunyai daya paksa dalam melakssanakan tata hubungan social.

·         Adanya pengaturan dan penyusunan individu-individu dalam kelompok-kelompok dan lapisan social tertentu yang menggambarkan adanya koordinasi dan sub-ordinasi.

3. KELOMPOK SOSIAL

Kelompok Social secara sosiologis istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang – orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Dalam buku Sociology An introduction Joseph. S. Roucek dan Roland L. Warren (1984) menyatakan bahwa satu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara  keseluruhan. Mayor Polak (1979) berpendapat bahwa kelompok adalah suatu group yaitu sejumlah orang yang ada antara hubungan satu sama lain dan antara hubungan itu bersifat sebagai sebuah struktur.Secara garis besar kelompok social mempunyai ciri sebagai berikut:

·         Kelompok selalu terdiri dari paling sedikit dua orang dan terus dapat bertambah lebih dari itu.

·         Adanya saling interaksi dan komunikasi

·         Komunikasi dan ineraksi yang merupakan unsur kelompok,harus bersifat timbal balik.Anggota-anggota kelompok harus saling mempengaruhipaaling sedikit secara psikooogis.

B.     Perbedaan dan Persamaan antara Komunitas,Organisasi dan Kelompok Sosial

Perbedaan antara ketiganya yaitu : Komunitas adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan atau hoby dan sebagainya serta biasa bersifat informal diikuti berdasarkan minat yang anggotanya.Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam sebuah wadah tertentu dan biasa bersifat formal.Kelompok Sosial adalah Sekumpulan orang benda ataupun hewan dalam sebuah wadah tertentu.

Persamaan antara ketiganya adalah sebuah perkumpulan yang di ikuti paling dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan tertentu.

C.     Contoh-contoh

·         Contoh Komunitas : Komunitas pencinta alam, komunitas peduli sesama, komunitasc senam sehat dan komunitas pencinta google.

·         Contoh Organisasi : Organiasi Siswa (OSIS),Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Organisasi Masyarakat.

·         Contoh Kelompok Sosial :Majelis ta'lim,Keluarga dan Masyarakat 

 

 

 

 

Sumber : Sosiologi Skematika dan Teori (Abdul Syani)

                Sosiologi The Key Concept (John Scott)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini