Rabu, 05 Desember 2012

Perubahan Sosial_Lilis Yuniarsih JRN 1B_Laporan ke-4

PERUBAHAN SOSIAL DALAM SEBUAH KOMUNITAS SHUFFLE DANCE
Oleh : Lilis Yuniarsih
(1112051100048)
 
I.         Latar Belakang
Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Itulah definisi Perubahan Sosial yang diungkapkan oleh Selo Soemardjan.
Adapula beberapa Ahli yang mendefinisikan Perubahan Sosial, antara lain :
1.    Kingsley Davis: perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
2.    William F. Ogburn: perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.
3.    Mac Iver: perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.
4.    Gillin dan Gillin: perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
 
Dari pengertian diatas dapat dsimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi didalam kehidupan masyarakat yang mempengaruhi perubahan sikap maupun perilaku diantara kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda budaya.
 
Perubahan sosial berlangsung sangat cepat. Bahkan bisa tanpa kita sadari itu terjadi pada diri kita. Di dalam sebuah komunitas tentulah banyak sekali perubahan yang terjadi. Perubahan itu bisa terjadi pada seorang individu didalam komunitas atau sebuah komunitas didalam masyarakat.

Saya mengambil tema ini karena saya ingin mengetahui lebih mendalam tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri seseorang, baik didalam komunitasnya maupun kehidupannya dimasyarakat.
Komunitas atau kelompok dance Shuffle adalah kelompok atau komunitas yang dibentuk oleh anak-anak muda usia remaja sebagai tempat untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya dalam melakukan dance shuffle serta tempat untuk bertukar pengalaman dan bersosialisasi satu sama lain.

Shuffle Dance adalah tarian yang dulu sering dimainkan oleh suku leluhur di malaysia, tarian yang gerakannya menyeretkan kaki ke belakang, samping dan ke depan, seperti halnya tarian yang sering dilakukan oleh mendiam King Pop Michael Jackson. Kemudian Shuffle Dance atau juga bisa disebut dengan The Running Man mengalami perkembangan hingga akhirnya tarian The Running Man (Shuffle Dance) ini mulai dikenal lagi di masyarakat umum pada tahun 1980-an dan biasa dilakukan oleh MC Hammer didalam Live Konsernya atau didalam Video Musiknya. Tarian ini diciptakan oleh Paula Abdul, ia adalah seorang koreografer bagi Janet Jackson pada akhir '80-an.
 
II.                Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Perubahan apa saja yang anda rasaka selama anda bergabung dengan komunitas shuffle ini ?
2.      Bagaimana dampaknya dengan kehidupan anda di dalam masyarakat ?
 
III.             Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan untuk penelitian ini adalah metode kualitatif masih sama dengan penelitian sebelumnya. Karena metode ini lebih efektif dalam mendapatkan informasi yang saya inginkan melalui wawancara dengan narasumber yaitu Joko Saputro.
Wawancara ini saya lakukan pada :
Waktu : Senin, 3 Desember 2012 Pukul 20.00-21.00 WIB
Lokasi : Tempat tinggal Narasumber di Komplek Sarana Indah Permai, Kedaung-Ciputat.
 
IV.             Gambaran Subyek/Obyek Penelitian
Joko Saputro lahir pada tanggal 31 Oktober 1994 di Tangerang, sangat menyukai olahraga, terutama futsal dan badminton. Dia adalah anak sulung dari dua bersaudara. Saat ini Joko sedang menyukai dance shuffle. Kesukaannya itu muncul sejak ia duduk di bangku SMA kelas 3. Hingga akhirnya ia mengikuti sejumlah event yang banyak menampilkan dance shuffle. Dan akhirnya ia memutuskan untuk bergabung dengan sebuah komunitas dance shuffle  yang baru berdiri sejak awal bulan februari tahun lalu. 
 
V.               Analisis
Shuffle dance ini sedang buming-bumingnya di Indonesia, terutama dikalangan anak muda yang lebih mudah menerima sesuatu yang baru. gerakan shuffle dance ini terbilang unik dan keren, dimana gerakannya lebih dominan pada kaki, jadi bagian tubuh yang sering gerak pada shuffle dance ini adalah kaki.
Shuffle Dance adalah tarian yang dulu sering dimainkan oleh suku leluhur di malaysia, tarian yang gerakannya menyeretkan kaki ke belakang, samping dan ke depan, seperti halnya tarian yang sering dilakukan oleh mendiam King Pop Michael Jackson. Kemudian Shuffle Dance atau juga bisa disebut dengan The Running Man mengalami perkembangan hingga akhirnya tarian The Running Man (Shuffle Dance) ini mulai dikenal lagi di masyarakat umum pada tahun 1980-an dan biasa dilakukan oleh MC Hammer didalam Live Konsernya atau didalam Video Musiknya. Tarian ini diciptakan oleh Paula Abdul, ia adalah seorang koreografer bagi Janet Jackson pada akhir '80-an.
Di Indonesia sendiri terutama dikota-kota besar, shuffle dance ini sudah tidak asing lagi, atau mungkin sudah ada perkumpulannya tersendiri, seperti didaerah, Jakarta, Bandung, Surabaya dan masih banyak lagi. Mungkin karena keunikannya ini banyak orang yang terpikat dengan shuffle dance dan mau mempelajarinya lebih serius lagi.
Seperti komunitas yang saya teliti yaitu Komunitas Shuffle Dance "Smooth System SDC". Komunitas ini berdiri sejak awal bulan februari tahun 2011. Anggotanya adalah sebagian besar remaja putra dan putri. Salah satunya adalah teman lama saya yaitu Joko Saputro. Joko menyukai dance shuffle karena awalnya ia sering melihat event-event yang banyak menampilkan dance shuffle. Ia mulai bergabung sejak masih SMA atau sejak didirikannya komunitas ini. Komunitas ini menurutnya adalah hal yang positif dan membawa banyak perubahan dalam dirinya. Antara lain ia memiliki banyak teman, banyak memiliki pengetahuan, dan yang pasti dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya.
Orang tua dari Joko sangat mendukung kegiatannya didalam komunitas tersebut asalkan tidak menyimpang atau terjerumus kepada hal-hal yang negatif.
Didalam komunitas ini tidak semua hal-hal positf saja yang ia temui, tetapi ada juga yang melakukan hal-hal negatif seperti meminum minuman keras bahkan ada yang memakai narkoba. Namun, Joko masih memiliki tanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan oleh kedua orang tuanya sehingga ia berani menolak jika ia ditawarkan untuk mencoba meminum minuman keras atau menggunakan obat-obatan terlarang tersebut dengan kata-kata yang sopan tentunya. Karena ia merasa didalam komunitas itu ia hanya menjadikannya sebuah wadah untuk menyalurkan hobi dan bakatnya serta untuk memperbanyak teman bukan untuk mencari musuh atau melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.
Dampak bagi dirinya setelah ia bergabung dengan Smooth System SDC banyak sekali. Mulai dari cara berpakaian, potongan rambut hingga cara ia bergaul dengan teman sebayanya. Di masyarakat pun ia lebih dikenal sebagai anak muda yang trendy, cool, dan gaul. Karena sejak ia sekolah dulu dari penampilan dan perilakunya terlihat biasa saja, namun setelah ia memutuskan untuk bergabung dengan komunitas Smooth System SDC penampilannya berubah drastis sehingga banyak yang ingin berteman dengannya bahkan minta diajarkan dance tersebut.
 
 
Perubahan sosial terjadi sangat cepat tanpa kita sadari. Perubahan yang dialami oleh Joko adalah perubahan kearah kemajuan. Karena yang dulunya ia tidak begitu banyak dikenal orang tetapi setelah ia masuk dalam komunitas Smooth System SDC ia menjadi lebih dikenal. Perubahan ini positif karena dapat mempengaruhi orang lain pula untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Joko.
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini