Rabu, 05 Desember 2012

perubahansosial_yasir arafat_jurnalistik 1b_ laporan ke4

H. Ahmad fauzi .HS : Ustadz/Guru yang Berpengaruh Pada Majelis Ta'lim,Sekolah dan Masyarakat Sekitar
Yasir arafat (1112051100049)
Jurnalistik 1b
I.                   Latar Belakang
 
Penelitian yang saya kerjakan ini menyangkut tentang seorang guru yang berpengaruh di dalam lingkungan masyarakatnya beliau adalah H. Ahmad fauzi Hs dan kegiata-kegiatan apa saja yang  di lakukan beliau, yang menjadikan saya ingin meneliti beliau sebagai bahan penelitian, karena tema ini sangat berpengaruh dalam lingkungan masyarakat terutama lingkungan masyarakat saya sendiri. Beliau berada di lingkungan lingkungan masyarakat merupakan majlis ta;lim yang sudah lama berdiri bahkan pendirinyapun sudah meninggal dunia yaitu Bpk Kh.Muntah bin Kh. Ghozali beliau adalah orang yang pertama kali merencanakan pembangunan majlis ta'lim ini pada saat itu dalam pemikiran beliau dia ingin membangun sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak / masyarakat sekitar terutama sekitar ruham beliau.
 Ada beberapa teori tentang perubahan sosial yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Pertama, Hukum Tiga Tahap menurut Auguste Comte, hukum tiga tahap merupakan usaha Comte untuk menjelaskan kemajuan evolusioner umat manusia dari masa primitif sampai ke peradaban Prancis abad kesembilan belas yang sangat maju. Hukum ini menyatakan bahwa masyarakat-masyarakat (umat manusia) berkembang melalui tiga tahap utama. Tahap-tahap ini ditentukan menurut cara berpikir yang dominan: teologis, metafisik dan positif. Kedua, Teori Siklus Pitirim Sorokin, Sorokin mengembangkan model siklus perubahan sosial. Artinya, dia yakin bahwa tahap-tahap sejarah cenderung berulang dalam kaitannya dengan mentalitas budaya yang dominan, tanpa membayangkan suatu tahap akhir yang final. Tetapi siklus-siklus ini tidak sekedar pelipat gandaan saja, sebaliknya ada banyak variasi dalam bentuk-bentuknya yang khusus, dimana tema-tema budaya yang luas dinyatakan. Ketiga, Teori Cultural Lag William F Ogburn, konsep ini mengacu pada kecenderungan dari kebiasaan-kebiasaan sosial dan pola-pola organisasi sosial yang tertinggal di belakang (lag behind) perubahan dalam kebudayaan materil. Akibatnya adalah bahwa perubahan sosial selalu ditandai oleh ketegangan antara kebudayaan materil dan nonmateril.
            Tokoh masyarakat yang mempunyai pengaruh terhadap suatu Majelis Ta'lim dan masyarakat sekitar adalah Hj. Suhartih. Beliau merupakan seorang ustadzah yang sangat disegani dan dihormati. Itulah yang membuat saya tertarik untuk menjadikan beliau sebagai objek penelitian dalam laporan saya kali ini.
II. Pertanyaan Pokok
1.      Bagaimana peran guru H. Ahmad fauzi dalam menyebarkan/mendakwahkan agama islam yang baik dan benar  di Majelis Ta'lim al-khoiriyah dan di lingkungan masyarakat sekitar?
Jawab beliau : alhamdulillah peran saya dalam menyebarkan agama islam yang baik dan sesuai dengan perintah allah menurut saya sendiri cukup aktif dengan bukti bahwa saya masih banyak dan sering untuk mengisi pengajian-pengajian kaum ibu yang dilaksanakan pada siang hari tepatnya hari senin dan pengajian kaum bapak nya yang dilaksanakan pada malam senin di situ saya dapat bagian untuk membrikan ceramah agama yang lebih tepatnya ialah membahas tentang kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita hadapi seperti bagaimana kita untuk menjaga shalat, selalu berbuat baik kepada tetangga sekitar dll. Kalau dalam masyarakat sekitar ya saya hanya bisa untuk menghimbau masyarakat sekitar untuk selalu menjalankan perintah allah dan menjauhi larangan-larangannya saya juga aktif dalam kegiatan-kegiatan dalam DKM(Dewan kemakmuran masjid) terbukti dengan masih dipercayanya saya dalam mengisi khutbah setiap jum'at dan itu rutin saya lakukan.
2.      Bagaimana Hubungan anda dengan masyarakat sekitar dan terutama hubuungan anda dengan keluarga ?
Jawab beliau : ya alhamdulillah hubungan saya dengan masyarakat sekitar baik-baik saja mereka masih menghormati saya dengan bukti mereka masih mau datang ke tempat pengajian-pengajian yang saya ketuai(pimpin) dan terutama dengan keluarga sejauh ini baik-baik saja tidak ada hal yang perlu di khawatirkan semua allah telah memberikan keluarga terbaik untuk saya dan kami semua menjalani kehidupan yang  berjalan dengan baik tebukti sekarang anak saya sudah bisa mengajar untuk madrasah ibtidaiyah dan istri saya bisa meneruskan sekolahan yang dulu saya pimpin.
II.                Metode Penelitian
  Metode penelitian yang saya gunakan dalam studi laporan kali ini adalah kualitatif. Karena bersifat obyektif, lebih banyak mengambil informasi melalui wawancara yang mendalam. Selain itu juga dapat lebih cepat dalam mengambil data-data. Penelitian ini dilakukan pada :
Hari/Tanggal    : 03 Desember 2012
Tempat                : Kaliabang bungur, kel. Pejuang kac. Medan satria kota bekasi
Pukul                  : 14:00 – 15:30 
IV. Gambaran Tokoh
            Gamabaran subjeknya yaitu seperti Bpk. Ust. H. achmad fauzi .Hs beliau adalah anak pertama dari pendiri majlis ta'lim ini beliau adalah seorang Ustadz dan kepala sekolah madrasah ibtidaiyah beliau merupakan pemuka agama di kampung tersebut beliau adalah penerus dari ayah nya yang seorang guru besar  
Subjek lainnnya seperti adalah kegiatan-kegiatan yang ada dalam majlis tersebut seperti pengajian malam senin yang dilakukan oleh para bapak-bapak dan senin siangnya itu di isi oleh pengajian ibu-ibu.
V. Analisis
            Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang menyertakan nilai-nilai etika dan spiritual, bukan hanya mengedepankan kemajuan pemikiran tanpa nilai budi pekerti. Peran seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan guna membangun pendidikan yang menyeluruh, jika hanya pemerintah saja yang berperan maka cita-cita pencapaian tujuan pendidikan akan sulit dicapai.
Di suatu lingkungan masyarakat yang penuh dengan pemikirannya masing – masing tempat itu adalah perumahan yang damai namun sepi akan silaturahmi akan sesama membuat seorang yang terpandang di lingkungan tersebut mulai mencetuskan ide untuk membuat sebuah taman pendidikan agama yang sebenarnya  untuk membantuk para masyarakat di lingkungan sekitar untuk mengerti akan ajaran islam yang sebenarnya yaitu yang sesuai dengan perintah allah swt  
DAFTAR PUATAKA
H. Ahmad fauzi Hs (Beliau/ketua majlis ta'lim al-khoiriyah)
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini