Rabu, 05 Desember 2012

Perubahan sosial_Yusuf Yanuar_Jurnalistik 1B_Lap. ke-4

JUDUL PENELITIAN :
PERANAN KEPALA DESA DALAM MENGEMBANGKAN MASYARAKATNYA
PENELITI :
YUSUF YANUAR (11120411000)
 
I. Latar Belakang
Perubahan sosial merupakan gejala yang melekat disetiap masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat akan menimbulkan ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang ada didalam masyarakat, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak sesuai fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.
Wilbert moore memandang perubahan sosial sebagai "perubahan struktur sosial, pola prilaku dan intraksi sosial". Setiap perubahan yang terjadi dalam struktur masyarakat atu perubahan dalam organisasi sosial disebut perubahan sosial. Perubahan sosial berbeda dengan perubahan kebudayaan. Perubahan kebudayaan mengarah pada unsur-unsur kebudayaan yang ada. Contoh perubahan sosial: perubahan peranan seorang istri dalam keluarga modern, perubahan kebudayaan contohnya: adalah penemuan baru sepeti radio, televisi, komputer yang dapat mempengaruhi lembaga-lembaga sosial.
Gilin dan Gilin mengarakan bahwa perubahan-perubahan sosial untuk suatu variasi cara hidup yang lebih diterima yang disebabkan baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan materil, kompetensi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi atau pun perubahan-perubahan baru dalam masyarakat tersebut.
Di lingkungan saya sendiri terdapat fakta bahwa tokoh masyarakat atau pemimpin memiliki peran penting dalam perubahan social tersebut. Seperti halnya seorang kepala desa atau ketua RT, mereka memiliki cara tersendiri dalam melakukan perubahan social di wilayah mereka.
 
II. Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Bagaimana sumber daya manusia yang ada di desa ini ?
Pada awalnya sumber daya manusia didesa ini sangatlah memprihatinkan, banyak dari mereka yang buta aksara. Kurangnya pengertian dan kesadaran diri masyarakat tentang pentingnya pendidikan mengakibatkan mereka tidak memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Kepedulian saya terhadap masalah ini sangat tinggi, karena untuk memajukan sebuah desa harus dari sumber daya manusianya sendiri yang berkualitas.
 
 
2.      Program-program apa saja yang telah dilakukan untuk memperbaiki atau mengembangkan sumber daya manusia yang ada didesa ini ?
Program pengembangan SDM yang saya selama ini saya lakukan berupa mengadakan penyuluhan-penyulahan kepada warga yang tidak mengenyam pendidikan. Selain itu dibuat program seperti PKK dan kejar paket. Program-program tersebut saya buat atas dasar dari program pemerintah yang telah ada.
 
III. Metode Penelitian
Metode yang digunakan yaitu dengan metode kualitatif,  yang menggunakan indeks interview (wawancara mendalam) dengan narasumber. Alasannya, bahwa penelitian dengan metode ini dapat menghasilkan pernyataan  yang lebih akurat dan dapat menimbulkan kepercayaan antara narasumber dan peneliti.
 
Lokasi Penelitian         : Rumah Narasumber (Jl. Cendana Rawakalong RT 02/03 No. 5, Ds. Rawakalong, Bogor)
Waktu                          : Selasa, 04 Desember 2012
 
IV. Gambaran Subyek
            Bpk. H. Mawar Rias Asmara, adalah sosok kepala desa yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap warga masyarakanya. Selain menjadi kepala desa beliau juga adalah seorang bapak dari kedua anaknya. Perjuangan dan tekadnya yang sangat besar untuk memajukan serta mensukseskan warga masyarakatnya menjadi sosok yang sangat dibanggakan di kalangan masyarakat maupun keluarganya sendiri.
 
V. Analisis
            Berdasarkan dari jawaban-jawaban yang dikemukakan oleh beliau, tak mudah memang untuk menjadi sosok pemimpin yang dapat merubah kebiasaan atau tingkah laku dari warga masyarakat. Hal tersebut dikarenakan adanya hambatan-hambatan, baik intern maupun ekstern.
            Namun demikian, tak ada masalah yang tak dapat diselesaikan. Berkat tangan dingin beliau, kini Desa Rawakalong tidak lagi menjadi desa yang tertinggal. Tetapi mejadi desa yang memiliki potensi sumber daya manusia yang berkualitas dan patut untuk dibanggakan.
 
Daftar Pustaka :
Bpk. H. Mawar Rias Asmara S.pd
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini