Rabu, 05 Desember 2012

HANA FUTARI JURNALISTIK IA

Blenger Burger (Institusi bisnis)
 
I.                   Latar Belakang
Blenger Burger adalah salah satu restauran burger lokal. Blenger burger tidak pernah sepi dari pelanggan karena kualitasnya yang baik dan harga yang terjangkau di kalangan masyarakat.
Blenger Burger adalah pelopor kios burger pertama yang ada di Jakarta. Didirikan pada tahun 2004 dan pertama kali membuka kiosnya di Barito.
Blenger Burger didirikan oleh Erik Kadarma Subrana. Erik meninggalkan pekerjaannya sebagai operator manager di sebuah kantor berskala nasional dan membangun bisnis yang sesuai dari hobby nya.
Dengan modal sebesar 7 juta rupiah Erik memulai membuka bisnisnya sendiri. Erik memberanikan diri untuk membuat depot burger pinggir jalan. Melihat dari tren zaman sekarang, orang-orang sering mengganti nasi dengan roti, Erik mendapatkan ide untuk bisnis makanannya.
 
II.                Pertanyaan Pokok
1.      Kapan berdirinya Blenger Burger?
Blenger Burger didirikan pada tahun 2004 di Barito Jakarta Selatan. Saat ini Blenger Burger sudah memiliki 4 cabang yaitu
.Griya Astika, Kebayoran Jakarta Selatan
. Bintaro Jaya, Jakarta Selatan,
.Ruko Versailles Bumi Serpong Damsi-Tangerang Selatan
. Kios Taman Pondok Labu, Jl. R.S. Fatmawati 
2.      Mengapa di beri nama Blenger Burger?
Blenger diambil dari Bahasa Jawa yang berarti makan sampai kenyang. Arti itu disampaikan juga pada produk dan ukuran serta rasa yang berbeda dari Burger lainnya
 
III.             Metode Penelitian
Pada penelitian ini, yang digunakan adalah metode kualitatif agar mendapatkan keterangan yang lebih jelas
Waktu             : Sabtu, 10 November 2012
Tempat            : Outlet Blenger Burger Ruko Versailles BSD
 
 
 
 
IV.             Gambaran Tokoh
Narasumber adalah bapak Haris A. yang menjabat sebagai kepala outlet Blenger Burger BSD
 
V.                Analisis
Blenger Burger adalah salah satu Restaurant Burger Lokal yang sangat sukses.
Dapat dilihat dari konsumen yang tidak pernah sepi dan cabang yang sudah cukup banyak. Blenger Burger memiliki kelebihan dibandingkan Burger yang lain. Harga blenger Burger cukup terjangkau antara 12.000 sampai 18.000 namun rasa dan ukuran nya sangat memuaskan. Blenger Burger memiliki 75 karyawan yang tersebar di outlet-outletnya. Tiap harinya Blenger Burger menjual 5.000 Burger dengan rata-rata harga 12.000. omzet Blenger Burger perhari mencapai 60 juta per hari dan 1,8 miliar perbulan. Produk yang dijual yaitu Cheese Burger, Beef Burger, Chilli Dog, Cheesy Dog,dan Chilli Dog XL.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini