Senin, 09 September 2013

Amatullah Aliyah KPI 1A_Tugas 1 Sosiologi_Definisi Sosiologi

DEFINISI SOSIOLOGI

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan.Pengertian / pandangan sosiologi menurut beberapa ahli :
 
1.     AUGUSTE COMTE ( 1798-1857)
   
      Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari social statics ( statika sosial atau struktur sosial yang ada ) dan social dynamic ( dinamika sosial atau perubahan sosial ), akan tetapi dinamika sosial dianggap lebih penting dari pada statika sosial. Comte juga berpandangan bahwa masyarakat merupakan suatu bagian dari alam seperti halnya gejala fisik. Untuk itu, Comte mengajukan 3 metode penelitian yaitu, pengamatan, eksperimen, perbandingan.
 
( Sumber : Sosiologi Perubahan Sosial-Nanang Martono, Sosiologi Modern-George Ritzer dan Douglas J )
 
 
2.     EMILE DURKHEIM (1858-1917)
 
     Durkheim berpendapat,  bahwa masalah dunia modern tidak melekat dalam masyarakat. Dan Durkheim memiliki gagasan tentang keteraturan dan reformasi. Selain itu dalam The Rule of Sociological Method Durkheim menekankan bahwa tugas sosiologi adalah mempelajari apa yang ia sebut  sebagai fakta-fakta sosial / sebab-sebab sosial.
 
( Sumber :Sosiologi Modern- George Ritzer dan Douglas J )
 
 
3.     MAX WEBER (1864-1920)
 
     Teori Weber pada dasarnya adalah teori tentang proses rasionalisasi. Dan rasionalitas formal meliputi proses berpikiran dalam membuat pilihan mengenai alat dan tujuan. Ada empat tipe rasionalitas :
1.      Traditional rationality ( rasionalitas tradisional)
2.      Affective rationality ( rasionalitas efektif)
3.      Value oriented rationality ( rasionalitas yang berorientasi pada nilai )
4.      Instrumental ratonality ( rasionalitas instrumental) .
( Sumber : Sosiologi Modern – George Ritzer dan Douglas J, Sosiologi Perubahan Sosial – Nanang Martono )
 
 
 
 
4.     KARL MARX (1818-1883)
 
     Marx memiliki sebuah teori tentang masyarakat kapitalis berdasarkan citranya mengenai sifat mendasar manusia. Marx yakin bahwa manusia pada dasarnya produktif, artinya untuk bertahan hidup manusia perlu bekerja didalam dan dengan alam. Dengan bekerja seperti itumereka menghasilkan makanan, pakaian, peralatan, perumahan, dan kebutuhan lain yang memungkinkan mereka hidup.Menurut Marx, setiap masyarakat ditandai oleh suatu infrastuktur dan supra truktur. Insfratuktur dalam masyarakat menurutnya berupa struktur ekonomi. Supratruktur meliputi ideologi, hukum, pemerintahan, keluarga, dan agama.
 
( Sumber : Sosiologi Modern – George Ritzer dan Douglas J, Sosiologi Perubahan Sosial – Nanang Martono )
 
 
Kesimpulan perbandingan antara beberapa ahli :
 
 
1.      Auguste Comte : Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala sosial atau perubahan sosial.
2.      Emile Durkheim : Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial atau sebab-sebab sosial.
3.      Max weber       :  Sosiologi adalah ilmu yang memahami atau mempelajari tentang tindakan sosial dan ( atau ) tentang proses rasionalisasi.
4.      Karl Marx           : Sosiologi adalah teori tentang masyarakat kapitalis berdasarkan citranya mengenai sifat mendasar manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini