Senin, 09 September 2013

inamul hasan kpi1C_tugas1_definisi sosiologi

Definisi sosilogi
1.      August Comte (1798-1857)
Menurut Auguste Comte adalah ilmu yang harus didasari pengamatan, perbandingan, eksperimen, dan metode  historis secara sistematis. Objek yang dikaji pun harus berupa fakta (bukan harapan atau prediksi). Jadi harus objektif dan harus pula bermanfaat serta mengarah kepada kepastian dan kecermatan. Dan ia juga mengatakan bahwa sosiologi merupakan  ratu ilmu ilmu sosial dan menempati peringkat teratas dalam hierarki ilmu ilmu diatas astronomi,fisika,ilmu kimia, dan biologi.
2.      Max Weber (1864-1920)
Menurut  Max Weber ,sosiologi sebagai ilmu berusaha memberikan pengertian adalah tentang aksi aksi . ia memberikan pengertian mengenai perilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab sebab terjadinya interaksi sosial.
3.      Emile Durkheim
Menurut  Emile Durkheim, sosiologi meneliti lembaga lembaga dalam masyarakat dan proses proses sosial. Durkheim dan rekan rekannya memperkenalkan pembagian sosiologi berdasarkan pokok bahasannya. Sosiologi mereka klasifikasikan menjadi tujuh bagian.
1.      Sosiologi umum,yang mencakup kepribadian individu dan kelompok manusia.
2.      Sosiologi agama
3.      Sosiologi hukum dan moral, yang mencakup organisasi politik,sosial,perkawinan dan keluarga.
4.      Sosiologi tentang kejahatan.
5.      Sosiologi ekonomi, yang mencakup ukuran ukuran penelitian dan kelompok kerja.
6.      Sosiologi masyarakat, yang mencakup masyarakat perkotaan dan perkotaan.
7.      Sosiologi estetika
Durkheim melihat bahwa setiap masyarakat manusia memerlukan solidaritas. Ia membedakan antara dua tipe utama solidaritas :solidaritas mekanik dan solidaritas organic. Solidaritas mekanik merupakan suatu tipe solidaritas yang didasarkan atas persamaan. Menurut Durkheim solidaritas mekanik dijumpai pada masyarakat yang masih sederhana. Sedangkan solidaritas organik merupakan suatu sistem terpadu yang terdiri atas bagian yang saling tergantung,laksana bagian suatu organism biologis. Berbeda dengan solidaritas mekanik yang didasarkan hati nurani dan kolektif,maka solidaritas organik didasarkan pada hukum dan akal.
4.      Karl Marx (1818-1883)
Sosiologi suatu masyarakat dimana mula mula orang mendekati citra ideal marx tentang produktivitas, dimana produktivitas manusia bersifat daimiah, yang memungkinkan manusia mewujudkan dorongan kreatif mendasar yang manusia miliki. Karl marx berpandangan bahwa sejarah manusia merupakan sejarah perjuangan kelas. menurut marx perkembangan pembagian kerja dalam kapitalisme menumbuhkan dua kelas yang berbeda yaitu kelas yang terdiri atas orang yang menguasai alat produksi yang dinamakan kaum bourgeoisie  dan yang mengeksploitasi kelas yang terdiri atas orang yang memiliki alat produksi yang dinamakannya kaum proletar.
Perbandingan sosilogi antar  para ahli
August comte : teori yang didasari pengamatan, perbandingan, eksperimen, dan  metode historis secara sistematis dan objeknya pun harus berupa fakta.
Max weber     : ilmu yang kajiannya mengenai konsep dasar sosiologi, tindakan sosial, dan interaksi sosial.
Emile Durkheim : mengemukakan proses proses sosial dngan berdasarkan pokok bahasan diantaranya, sosiologi umum, agama, hukum dan moral, tentang kejahatan, ekonomi, masyarakat, dan estetika.
Karl Marx      : produktivitas manusia yang bersifat daimiah dan pembagian kerja dalam kapitalisme yang berbeda antar kaum bourgeoisie dan proletar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini