1. Mekanisme dan Sistem Perkuliahan
Mahasiswa PMI diorientasikan menjadi Penggerak atau Agen masyarakat, maka keahlian dalam Ilmu Kependudukan tidak harus menjadi seperti seorang DEMOGRAFER yang memahami sampai detil. Untuk itu, sistem dan mekanisme perkuliahan dilakukan dengan cara memadukan antara kemampuan teoritis minimal, dengan kemampuan praktik di lapangan.
Untuk itu di aras teori, mahasiswa hanya akan diberikan pengetahuan dasarnya saja. Dengan ilmu dasarnya itu kemudian secara induktif akan dilakukan analisis atas kasus-kasus yang dibahas dalam perkuliahan Ilmu Kependudukan ini.
Implikasinya bagi sistem penilaian berupa akumulasi. Artinya Nilai Akhir (NA) adalah total dari seluruh komponen perkuliahan seperti kehadiran, kemampuan menyelesaikan tugas tepat waktu, kemampuan mempresentasikan hasil studi lapangan atau pustaka, serta kemampuan menjawab soal-soal di UTS atau UAS.
2. Tema dan Subyek Pembahasan
Pertemuan Ke-1
Tema | : | Kontrak Perkuliahan |
Metode | : | Ceramah, Tanya Jawab, Perkenalan Sistem Kuliah, dll. |
Penjelasan | : | Penjelasan Mengenai "apa itu perkuliahan Ilmu Kependudukan (IK) serta berbagai implikasi sosiologis dari perkuliahan IK ini kepada mahasiswa". |
Pertemuan Ke-2
Tema | : | Seputar Ilmu Kependudukan |
Metode | : | Penugasan, diskusi kelas, analisis kasus. |
Penjelasan | : | Rujukan Utama bahan bacaan: Said Rusli Bab 1 dan 3 |
Pertemuan Ke-3
Tema | : | Ukuran Dasar dalam Ilmu Kependudukan |
Metode | : | Penugasan, diskusi kelas, latihan. |
Penjelasan | : | Rujukan Utama bahan bacaan: Said Rusli Bab 2, atau bacaan lain yang relevan |
Pertemuan Ke-4
Tema | : | Data Penduduk dan Penggambarannya. |
Metode | : | Penugasan, diskusi kelas, latihan. |
Penjelasan | : | Rujukan Utama bahan bacaan: Said Rusli Bab 4 dan 5, atau bacaan lain yang relevan |
Pertemuan Ke-6
Tema | : | Mortalitas, Fertilitas, dan Migrasi |
Metode | : | Penugasan, diskusi kelas, latihan. |
Penjelasan | : | Rujukan Utama bahan bacaan: Said Rusli Bab 6, 8, dan 11, atau bacaan lain yang relevan |
Pertemuan Ke-7
Tema | : | Perencanaan Studi Lapangan dan Metodologi |
Metode | : | Presentasi Proposal Studi Lapangan |
Penjelasan | : | Mahasiswa mempresentasikan perencaan studi lapangan. Dosen memberikan evaluasi atas proposal Studi Lapangan Tersebut |
Pertemuan Ke-8 dan 9
Tema | : | Survey dan Sensus Demografi |
Metode | : | Studi Lapangan selama 2 minggu |
Penjelasan | : | Mahasiswa secara berkelompok melakukan studi lapangan IK, dengan scoop area sesuai hasil pertemua ke-7 |
Pertemuan Ke-10
Tema | : | Laporan Lapangan dan Pembuatan Struktur Data |
Metode | : | Penulisan Laporan, Entri Data, Pembangunan Struktur Data |
Penjelasan | : | Mahasiswa sepulang dari lapangan mengkonstruksi data kuantitatif tersebut, serta membuat bangunan data serta mempresentasikannya |
Pertemuan Ke-11
Tema | : | Analisa Data dan Penulisan Laporan Lapangan |
Metode | : | Diskusi, Presentasi, Evaluasi, dan Penulisan Laporan. |
Penjelasan | : | Setelah melakukan konstruksi data, maka data tersebut dianalisis menggunakan teori-teori demografi. |
Pertemuan Ke-12
Tema | : | Finalisasi Laporan Lapangan |
Metode | : | Penulisan Laporan Akhir ditulis secara bersama-sama |
Penjelasan | : | Laporan final menjadi puncak akhir dari seluruh perkuliahan. Dengan ketentuan laporan akhir:
|
Pertemuan Ke-13
Tema | : | Penyerahan Laporan Akhir dan UAS |
Metode | : | Ditentukan kemudian |
Penjelasan | : | UAS bisa diadakan atau cukup melihat laporan akhir |
3. Etika Ilmiah
Perkuliahan ini bersifat ilmiah. Oleh karena itu segala sanksi yang melanggar etika ilmiah akan berimplikasi kepada individu pelaku. Hal-hal yang dilarang adalah melakukan PLAGIAT, berbohong, menipu, atau melakukan tindakan kriminal lainnya. Hukuman dari tindakan seperti itu pelaku akan dikenakan HUKUMAN pemecatan sebagai mahasiswa, atau minimal tidak mendapatkan nilai pada perkuliahan Ilmu Kependudukan ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar