Senin, 09 September 2013

muhammad febrian raamadhan kpi1C_tugas1_Definisi sosiologi

Dibawah ini beberapa definisi Sosiologi menurut :

1.     Auguste Comte (1789-1857)

 Seorang ahli filsafat kebangsaan pracis mendefinisikan sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan timbal –balik antara lembaga – lembaga kemasyarakatan. Dan merupakan 'ratu' ilmu-ilmu sosial dan menempati peringkat teratas dalam hierarki ilmu – ilmu diatas astronomi, fisika, ilmu kimia, dan biologi.

 

2.     Karl Max ( 1818 -1883 )

Seorang ahli filsafat sejarah yang berkewarganegaraan Jerman,dan telah menerima gelar Doktor dari Universitas Jena, Mendefinisikan Sosiologi suatu masyarakat di mana mula-mula orang akan mendekati citra ideal Marx tentang produktivitas. Dimana produktivitas manusia bersifat alamiah, yang memungkinkan manusia mewujudkan dorongan kreatif mendasar yang manusia miliki.

 

3.     Herbert  Spencer ( 1820 – 1903 )

Seorang kebangsaan Inggris yang menguraikan materi sosiologi secara rinci dan sistematis,mendefinisikan Sosiologi adalah Ilmu menyoroti hubungan timbal-balik antara unsur-unsur masyarakat seperti pengaruh norma-norma atas kehidupan keluarga, hubungan antara lembaga politik dan lembaga keagamaan.

 

4.     Emile Durkheim ( 1858 – 1917 )

 Seorang pelopor perkembangan Sosiologi, mendefinisikan Ilmu mengenal masyarakat serta meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses Sosial.

 

5.     Max weber (1864-1920 )

 Seorang berkebangsaan jerman,berusaha memberikan pengertian mengenai prilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial,mendefinisikan Sosiologi adalah Ilmu yang memberikan pengertian tentang aksi-aksi Sosial.

 

6.     Roucek dan Warren

 Mendefinisikan Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan kelompok-kelompok.

Perbandingan :

            Auguste Comte : Ilmu yang mempelajari hubungan timbal –balik antara lembaga – lembaga kemasyarakatan

            Karl Max : Suatu masyarakat di mana mula-mula orang akan mendekati citra ideal Marx tentang produktivitas

            Dari sebagian pendefinisi Sosiologi diatas, Sebagian mendefinisikan hubungan antara perorangan dengan kelompok, kelompok kemasyarakan dengan kelompok keagamaan, dan juga  mendefinisikan atur hidup dalam hubungan timbal – balik antara perorangan maupun kelompok.

 

Daftar Pustaka :      SOSIOLOGI SUATU PENGANTAR

                                    SEJARAH DAN KONSEP SOSIOLOGI

                                    SOSIOLOGO KLASIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini