Senin, 09 September 2013

Mochamad Sefti Fajri_KPI 1/C_Tugas1_Definisi Sosiologi

Nama  : Mochamad Sefti Fajri

NIM    : 1113051000130

DEFINISI SOSIOLOGI

1.      August Comte ( 1798-1857)

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari social statics (statika sosial atau struktur sosial yang ada) dan social dynamic (dinamika sosial atau perubahan sosial) serta harus didasarkan pada pengamatan, perbandingan, eksperimen, dan metode historis secara sistematis. Objek yang dikaji pun harus berupa fakta (bukan harapan atau prediksi).

 

2.      Emile Durkheim (1858-1917)

Sosiologi adalah  ilmu yang mempelajari fakta-fakta social serta meneliti lembaga-lembaga dalam masyarakat dan proses-proses sosial.

 

3.      Max Weber (1864-1920)

Sosiologi adalah ilmu yang memberikan tentang aksi-aksi sosial. Ia memberikan pengertian mengenai prilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab-sebab terjadinya interaksi sosial.

 

4.      Karl Marx (1818-1883)

Sosiologi adalah sebuah teori tentang masyarakat kapitalis berdasarkan citranya mengenai sifat mendasar manusia. Manusia pada dasarnya produktif,artinya untuk bertahan hidup manusia perlu bekerja di dalam dan dengan alam.

 

5.      Georg Simmel (1858-1918)

Sosiologi adalah ilmu yang memahami interaksi antara individu.

 

6.      Herbert Spencer (1820-1903)

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari objek pokok yaitu keluarga, politik, agama, pengendalian sosial, dan industri. Termasuk pula asosiasi masyarakat setempat, pembagian kerja, pelapisan sosial, sosiologi pengetahuan dan ilmu pengetahuan, serta penelitian terhadap kesenian dan keindahan.

 

Perbandingan definisi sosiologi para ahli

            Dari berbagai ahli yang telah di tulis diatas masing-masing mempunyai pendapat dan pemikiran sendiri, serta ada sedikit perbedaan dari masing-masing ahli. August comte mengatakan, bahwa sosiologi harus didasari oleh penelitian, dan harus secara sistematis serta objeknya harus bersifat fakta. Tetapi konsep itu bertolak belakang dengan karl marx, yang meramalkan tentang lahirnya kelompok borjuis dan kelas proletar  yang akan berselisih. Tetapi dapat dilihat bahwa itu masih bersifat opini/hayalan. Konsep perjuangan kelas oleh karl marx tentu sangat bertolak belakang tentang pendapat August Comte  yang mengatakan bahwa objeknya harus bersifat fakta.

            Begitu pula dengan Max Weber dan Georg Simmel ada perbedaan mendasar tentang interaksi sosial.  Max weber mengatakan bahwa sosiologi membahas prilaku manusia dan menelaah  sebab terjadinya interaksi sosial, sedangkan Georg Simmel mengatakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang memahami interaksi sosial. Jika kita lihat pembahasan Max lebih dalam, menjelaskan interaksi sosial sampai kepada sebab dan akibat dari ineteraksi sosial yang  terjadi. Tetapi Georg S. hanya mempelajari  pada interaksi sosialnya saja tidak secara spesifik seperti Max.

            Pada Emile Durkheim dia mempelajari sosiologi  berdasarkan, fakta sosial dan meneliti lembaga di dalam  masyarakat serta proses sosial didalamnya. Membuat sosilogi sebagai  ilmu yang mempelajari segala aspek baik itu antar masyarakat maupun di lembaga dalam masyarakat. Tetapi lain hal dengan Herbert Spencer dia mengtakan bahwa sosilogi bukan hanya fakta sosial ataupun lembaga didalam masyarakat tetapi lebih banyak dari itu dan dia membuat objek penelitian ilmu sosiologi sangat luas dan dalam serta lebih dari yang di katakan oleh Emile Durkheim.

            Setelah berbagai pendapat tentang sosiologi dari para ahli di bandingkan, penulis mendapatkan suatu kesimpulan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial berupa interaksi antara individu maupun kelembagaa/kelompok di masyarakat. Serta objek sosiologi berupa keluarga, politik, agama, pengendalian sosial, dan industri. Termasuk pula asosiasi masyarakat setempat, pembagian kerja, pelapisan sosial, sosiologi pengetahuan dan ilmu pengetahuan, serta penelitian terhadap kesenian dan keindahan.

 

REFERENSI

George Ritzer, Douglas J. Goodman, Teori Sosioligi Modern (Jakarta: Kencana, 2004)

 

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini