Senin, 09 September 2013

DelshaAmandaPohanKPI1B_Tugas1_DefinisiSosiologi

DEFINISI SOSIOLOGI

Apa itu sosiologi? 

        Sosiologi adalah studi Ilmiah tentang masyarakat. Sosiologi berasal dari kata socius berarti "kawan" dan kata yunani Logos yang berarti "kata" atau "berbicara" .Jadi, Sosiologi berarti "Berbicara mengenal masyarakat" .


Pendapat para ahli tentang Sosiologi


  1. Auguste Comte
        Istilah sosiologi dikeluarkan oleh auguste comte. beliau merupakan salah seorang pendiri disiplin ilmu ini, dan juga di kenal sebagai Bapak sosiologi. secara sederharna sosiologi berarti studi mengenai masyarakat, tetapi dalam prakteknya sosiologi berarti studi mengenal masyarakat yang di pandang dari segi tertentu.
        Iya mengatakan bahwa Ilmu sosial harus didasarkan pada Pengamatan, Perbandingan, eksperimen dan metode historis secara sistematis. objek yang dikajipun harus berupa Fakta (bukan harapan atau prediksi) Jadi, Harus objektif dan harus juga bermanfaat serta mengarah kepada kepastian dan kecermatan
        Dalam buku lain comte menyarankan agar menggunakan metode ilmiah (urutan langkah seperti, observasi awal, mengidentifikasi masalah, merumuskan atau menyatakan hipotesis melakukan eksperimen, dan menyimpulkan) karena itu, comte berkata bahwa sosiologi harus dibentuk berdasarkan pengamatan dan hasil yang di dapat harus berupa fakta. 
        Comte membagi studinya tentang masyarakat menjadi dua yaitu social static dan social dynamic. maksudnya adalah social static itu aspek sosial dari kehidupan sosial yang berhubungan dengan keteraturan sosial. sedangkan social dynamic berhubungan dengan perubahan sosial.

(sumber :  pengantar sosiologi-DR. Basrawi ,  Sosiologi suatu pengantar-Soejonosoekanto,   mengerti sosiologi -M.amin nurdin MA. Ahmad abrori,M.si .)



    2.  Karl Marx

        Menganggap Dirinya bukan sosiolog, tetapi ide-idenya berpengaruh sangat kuat pada sosiologi. Ia mengembangkan konsep sejarah perjuangan kelas,yaitu lahirnya kelompok borjois dan kelompok proletariat yang artinya kelompok yang berkuasa dan kelompok rakyat jelata.
         Menurut marx kelompok proletariat akan memberontak kaum borjois kemudian melahirkan suatu masyarakat tanpa kelas. tetapi ramalan marx tidak pernah terwujud, namun pemikiran marx tentang stratifikasi sosial dan konflik berpengaruh terhadap pemikiran sejumlah para ahli sosiologi.
        Mwnurut marx di antara kelas kelas sosial tersebut terdapat pertentangan dan konflik dan sesungguhnya masyarakat itu terdiri dari perjuangan antar kela

(sumber :  pengantar sosiologi-DR. Basrawi, mengerti sosiologi -M.amin nurdin MA. Ahmad abrori,M.si .)



    3. Max weber

        Sosiolog kelahiran jerman, Max weber sebagai ilmuan berusaha memberikan pengertian tentang mengenal perilaku manusia sekaligus menelaah sebab -sebab terjadinya interaksi sosial . sosialogi adalah bertujuan untuk memberikan tindakan individu .

(sumber :  pengantar sosiologi-DR. Basrawi, mengerti sosiologi -M.amin nurdin MA. Ahmad abrori,M.si .)

    4. Emile Durkheim

        Sosiologberasal prancis keturunan yahudi ini dan rekan rekannya memperkenalkan pembagian sosiologi berdasarkan pokok bahasannya. oleh emile durkheim sosiologi di klasifikasikan menjadi 7 bagian yaitu : 

1. sosiologi umum, yang mencakup tentang kepribadian individu dan kelompok
2. sosiologi Agama, yang mempelajari peran agama dalam masyarakat
3. Sosiologi hukum dan moral, yang mencakup ukuran ukuran penelitian dan kelompok kerja .
4.Sosiologi tentang kejahatan
5. Sosiologi ekonomi, yang mencangkup ukuran ukuran penelitian dan kelompok kerja
6.Sosiologi Masyarakat, yang membahas tentang masyarakat perdesaan dan perkotaan
7. Sosiologi Estetika

    Baginya sosiologi adalah mempelajari fakta sosial yang tidak dapat dijelaskan dalam pengertian biologis atau psikologis dari seorang individu.


(sumber :  pengantar sosiologi-DR. Basrawi, mengerti sosiologi -M.amin nurdin MA. Ahmad abrori,M.si .)

Kesimpulan dan perbandingan dari pendapat para ahli

Saya telah menyimpulkan pengertian sosiologi dari beberapa buku . sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang kita, masyarakat dan sosiologi menurut aguste comte ilmu sosiologi harus didasarkan fakta dan observasi. menurut emile durkhem sosiologi itu di bagi kedalam 7 golongan, ,menurut karl max sosiologi itu di bagi dalam kelas kelas sosial, sedangkan menurut max weber lebih di tekankan kepada tindakan sosialnya seperti interaksi dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini