Senin, 09 September 2013

Vivi Aulia Rahmawati Kpi-1/B_Tugas 1_Definisi Sosiologi

Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli
 
1.      Auguste Comte ( 1798 – 1857 )
Auguste Comte merupakan bapak Sosiologi yang pertama – tama memberi nama pada ilmu tersebut, yaitu dari kata Socius dan Logos . Walaupun dia tidak menguraikan secara rinci masalah – masalah apa yang menjadi objek sosiologi, tetapi dia mempunyai anggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua bagian pokok, yaitu Social Statistic dan Social Dynamic. Social Statistic merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara lembaga lembaga kemasyarakatan. Sedangkan Social Dynamic meneropong bagaimana lembaga lembaga tersebut berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa.
 
2.      Emile Durkheim ( 1864 - 1917 )
Menurut Emile Durkheim, sosiologi meneliti lembaga lembaga dalam masyarakat dan proses proses sosial. Dia juga mengadakan pembagian sosiologi atas 7 seksi yaitu :
1. Sosiologi Umum
2. Sosiologi Agama
3. Sosiologi Hukum dan Moral
4. Sosiologi Tentang Kejahatan
5. Sosiologi Ekonomi
6. Demografi
7. Sosiologi Estetika
 
3.      Max Weber ( 1864 - 1920 )
Sosiologi dikatakannya sebagai Ilmu yang berusaha memberikan pengertian tentang aksi – aksi sosial. Dia juga memberikan pengertian mengenai perilaku manusia dan sekaligus menelaah sebab – sebab terjadinya interaksi sosial.
 
4.      Karl Mannheim ( 1893 - 1947 )
Dia mempelopori suatu cabang sosiologi yang dinamakannya sosiologi pengetahuan, yang khusus menelaah hubungan antara masyarakat dengan pengetahuan. Kemudian, teorinya yang tekenal adalah mengenai krisis. Menurut Karl Mannheim yang sangat perlu adalah diadakannya suatu Planing For Freedom, yaitu semacam perencanaan yang diawasi secara demokratis dan menjamin kemerdekaan aktivitas – aktivitas individu maupun kelompok manusia.
 
 
 
Sumber : Sosiologi suatu pengantar, edisi baru empat 1990, Soerjono Soekanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini